CARA MEMBUAT WIFI SENDIRI DENGAN HP ANDROID / HOTSPOT PORTABLE



Untuk cara membuat wifi sendiri bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan HP Android. Yang dimaksud dengan membuat wifi ini adalah dengan cara mengaktifkan Hotspot Portable Android yang memang sudah menjadi salah satu fitur unggulan dari Smartphone / Tablet Android sehingga Android tersebut bisa menjadi pemancar wifi dan bisa digunakan untuk mengakses internet pada perangkat lain baik Laptop (PC), maupun perangkat Tablet dan Smartphone yang lain.

Sebelum memulai membuat wifi sendiri menggunakan HP Android, anda harus memiliki paket data Internet. Sebagai bahan tutorial saya akan menggunakan 3 perangkat sekaligus, 1 Tab Android, 1 buah Laptop dan 1 buah Smartphone Android untuk mengetes koneksi internet dari wifi tersebut.

Ini juga efektif jika anda tidak ingin menggunakan Modem untuk digunakan pada Laptop maupun tidak ingin menggunakan paket data internet saat ingin mengakses internet. Langkah langkah mengaktifkan jaringan wifi di HP Android adalah sebagai berikut.

Android Hotspot Portable

SETTING WIFI HOTSPOT PORTABLE DI ANDROID


1.  Aktifkan DATA INTERNET pada Android.


2. Selanjutnya masuk ke menu SETTINGS lalu pilih MORE (Lainnya).


3. Kemudian pilih menu THETERING & PORTABLE HOTSPOT, lalu tekan menu WIFI HOTSPOT


4. Langkat selanjutnya AKTIFKAN WIFI HOSTPOT.


5. Jika sudah Aktif, selanjutnya pilih menu SET UP WIFI HOTSPOT, menu ini digunakan untuk melihat "Network SSID", "Security", dan "Password Wifi". Beri tanda checklist pada Show Password untuk melihat Password Wifinya. Password ini nanti digunakan pada perangkat lain yang ingin menggunakan akses wifi dari pemancar wifi Android tersebut.


Anda juga bisa merubah passwordnya.

Sampai disini Hotspot Portable sudah aktif dan bisa segera digunakan.

MENGHUBUNGKAN PERANGKAT KE JARINGAN HOTSPOT ANDROID


Setelah Hotspot  aktif, kini saatnya untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan wifi dari Android, sebagai contoh saya menggunakan Laptop dan Android lain untuk mengetes koneksi internet.

1. Aktifkan wifi di PC / Laptop (bisa menggunakan shortcut fn+f2)


2. Jika Hostpot Portable sudah maka biasanya akan terdeteksi oleh PC, jika sudah terdetect cukup klik CONNECT, untuk pertama kali penggunaan biasanya akan disuruh memasukkan Password Wifi. Passwordnya seperti pada langkah nomor 5 diatas. Dan apabila sudah CONNECTED maka sudah bisa digunakan untuk akses internet.


Sedangkan untuk Android lain yang ingin dihubungan ke jaringan Hotspot, caranya ialah, pergi ke menu SETTINGS, aktifkan WIFI - lihat WIFI yang tersedia, lalu SAMBUNGKAN (masukkan password jika diminta). WIFI sudah terhubung.


TES BROWSING DARI BROWSER PC & ANDROID


Saatnya tes browsing dengan koneksi wifi yang dibuat tadi :

Browsing dari PC :

Browsing dari Android :

Itulah cara membuat jaringan wifi sendiri dengan HP Android, cara ini juga cocok bagi Anda yang tidak ingin menggunakan modem saat browsing internet. Bagi pemilik tempat usaha seperti warung kopi ataupun restoran, anda bisa menggunakan cara ini untuk menyediakan akses wifi bagi pelanggan apabila tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk pemasangan wifi. Semoga bermanfaat.

Lihat juga : 3 Aplikasi Android keren untuk membuat jaringan wifi



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA MEMBUAT WIFI SENDIRI DENGAN HP ANDROID / HOTSPOT PORTABLE

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.