10 FILM HOROR TERBAIK SEPANJANG SEJARAH



Menonton film horor mungkin sebagian dari kalian akan bilang sangat mengasyikan namun sebagian lagi dari kalian merupakan sesuatu yang paling dihindari. Karakter film horor yang mampu membuat para penontonnya ketakutan adalah tensi film itu sendiri selain karakter sebagai faktor pendukung. Berikut 10 film horor yang mampu membuat kalian kerasukan ketakutan yang mungkin kalian tidak akan lupakan

10. The Exorcism of Emily Rose

Sebuah film baru tentang pengusiran setan, saat ini masih menjadi bahan perbincangan, tak terkecuali bagi orang Katolik. Film berjudul The Exorcism of Emily Rose (TEER) berkisah tentang exorsisme (pengusiran setan) terhadap gadis berusia 20 tahun, bernama Emily Rose. Seorang pastor bernama Richard Moore yang berniat baik menolong Emily dan melakukan praktik eksorsisme justru dianggap lalai hingga diajukan ke pengadilan. Kematian Emily Rose yang misterius menimbulkan pertanyaan, antara ia meninggal karena penyakit psikis akut atau memang karena kerasukan setan.

TEER diliris pada bulan September 2005 lalu. Sutradaranya bernama Scott Derrickson seorang penganut Kristen. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Anneliese Michel, seorang gadis Katolik Jerman yang mati pada tahun 1976. Ia meninggal beberapa minggu setelah gagalnya upaya pengusiran setan oleh pastor Richard Moore. Gereja Katolik sebenarnya menghendaki eksorsisme tergantung dari kondisi orang yang kerasukan setan dan sesuai permintaan si penderita. Namun telanjur sudah, pengadilan memutuskan bahwa kematiannya disebabkan oleh penghentian mengkonsumsi obat, sebagaimana saran Pastor Richard terhadap Emily. Padahal penghentian itu dimaksudkan untuk memuluskan eksorsisme. Kisah film ini menampilkan perjuangan pelepasan dari kekuatan supranatural sehingga tampak sebagai film horor. Film ini skenarionya ditulis Scott Derickson dan Paul Harris Boardman

9. Night of the Demons


Film horror garapan Adam Gierasch. Sutradara spesialis film horror akan menguncang kalian. Sebenarnya film ini sudah rilis terbatas di 2009 lalu dan rilis dalam bentuk dvd Oktober 2010. Mengerikan, mungkin hanya satu kata yang bisa mengambarkan film ini. Terlebih Adam Gierasch dibantu oleh Jace Anderson yang juga spesialis film horror mengerjakan naskahnya.

Cerita di mulai saat Maddie Curtis dan temannya Lilly dan Suzanne bersiap mengahadiri pesta malam halloween yang diadakan Angela di mansion milik keluarga Broussard yang terkenal angker di New Orleans. Lebih dari 80 tahun yang lalu enam orang hilang dari mansion itu tanpa jejak dan pemiliknya Evangeline Broussard gantung diri

Sejarah gelap mansion itu menambah seru suasana pesta malam halloween. Pesta berlangsung diluar kontrol hingga polisi membubarkan pesta itu,setelah para tamu pulang Angela, Maddie, Lily, Dex, Colin, Suzanne dan teman mereka Jason mengetahui sebuah rahasia mengerikan HP mereka tidak berfungsi dan tiba tiba gerbang mansion itu terkunci saat itu mereka sadar bahwa ada kekuatan supranatural bekerja di Broussard mansion dan disana mungkin ada cerita lain dari Evangeline Broussard yang belum diketahui orang.

Mereka mengetahui kalau Mansion itu adalah rumah setan yang butuh dirasuki tujuh bejana untuk membebaskan kutukan kuno. Satu persatu diantara mereka berubah menjadi mahluk mengerikan. Hanya tinggal Maddie, Colin dan Jason yang tersisa,bisakah mereka melewati malam itu dan menghalagi kekuatan jahat itu menyebar keseluruh dunia. Salah satu film yang pantas ditonton saat kalian ingin merasakan sensasi kerasukan

8. Paranormal Activity

Mungkin predikat One of the Scariest Movie of all time” pantas diraih oleh Paranormal Activity. Film horror yang disutradarai oleh Oren Peli ini belakangan menjadi topik hangat pembicaraan di sejumlah media, baik elektronik maupun cetak, selain itu banyak juga dibahas di dalam komunitas/website pencinta film, bahkan sempat menempati peringkat #1 di US Box Office selama beberapa minggu mengalahkan SAW VI.

Pada tahun 2007, film low budget ini tadinya hanya dibuat untuk kepentingan festival film saja (limited screening), hingga pada suatu saat salah satu studio terbesar di Hollywood, Paramount Pictures tertarik untuk mendistribusikan secara luas (wide release). Itu semua dilakukan karena banyaknya request dari penonton yang meminta film ini untuk diputar di sejumlah bioskop.

7. The Rite


Salah satu film supranatural yang patut ditonton adalah The Rite. Rilis pada 2011. film ini disutradarai oleh Mikael Håfström dan naskahnya ditulis oleh Mikael Håfström. The Rite sendiri berkisah tentang Michael Kovak (Colin O'Donoghue) yang merupakan seorang calon pastur muda. Michael dikirim dari sekolah kepasturannya di Amerika untuk belajar mengenai teknik pengusiran setan alias Exorcism di Vatikan. Michael sendiri sebenarnya adalah pemuda yang mengalami krisis keimanan. Dia lebih percaya pada hal ilmiah dan medis dibanding hal gaib macam exorcism.

Karena itu dia menganggap pengusiran setan dengan bantuan pastur dan doa hanyalah lelucon dan baginya orang yang mengaku kesurupan hanyalah orang yang menderita gangguan psikologis. Disana Michael dipertemukan dengan pastur senior bernama Bapa Lucas (Anthony Hopkins) yang sudah sangat berpengalaman dalam pengusiran setan. Disanalah Michael mulai melihat secara langsung upacara pengusiran setan. Awalnya semua terlihat terkendali sampai akhirnya terungkap bahwa iblis yang ditangani oleh mereka berdua bukanlah iblis sembarangan.

6. Drag Me To Hell


Seorang petugas kredit diperintahkan untuk menolak memberikan kredit dan mengusir seorang wanita tua dari rumahnya. Kejadian ini membawanya pada sebuah kutukan, dimana kehidupannya menjadi seperti di neraka. Putus asa, wanita tersebut menemui cenayang untuk menyelamatkan diri, disaat para makhluk jahat terus menyerangnya. Drag Me to Hell adalah film horor tahun 2009 yang disutradarai oleh Sam Raimi dan ditulis oleh Sam Raimi dan Ivan Raimi. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes dan telah meraih sukses besar, memperoleh 80 juta dolar di seluruh dunia dari budget pembuatannya yang hanya berjumlah 30 juta dolar saja.

5. The Amityville Horror


The Amityville Horror adalah film horor klasik yang pertama kali diremake ulang oleh Platinum Dunes pada tahun 2005 berdasarkan film aslinya produksi tahun 1979. The Amityville Horror menjadi debut film horor pertama Platinum Dunes pada tahun 1995.

Film The Amityville Horror yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan pasangan suami istri, George (Ryan Reynolds) dan Kathy Lutz (Melissa George) dengan 3 anaknya yang pindah ke sebuah rumah baru bergaya kolonial. Selama tinggal di rumah baru itu, keluarga kecil ini selalu diganggu mahluk halus penunggu rumah itu. Pada awalnya mereka berusaha seakan horor di masa lalu itu tidak ada. Sampai akhirnya George dan anak perempuan mereka Chelsea (Chloe Moretz) mulai berperilaku ganjil. Chelsea mulai bisa melihat penampakan mahluk halus dan berkomunikasi dengan mereka secara jelas.

Ternyata setelah diselidik, rumah itu memiliki sejarah yang memilukan. Sebuah keluarga pernah dibantai dan pembunuhnya kemudian bunuh diri di rumah tersebut. Keluarga kecil ini hanya mampu bertahan selama 28 hari dan memutuskan keluar untuk selamanya dari rumah hantu tersebut. Film The Amityville Horror ini digarap sangat baik dengan nuansa horor yang benar-benar mencekam baik dari segi visualisasi, efek seram maupun akting pemain yang memukau. Jadi walaupun cukup lawas, film ini masih cukup layak untuk ditonton bersama keluarga. Terlebih bagi anda yang merupakan penggemar film horor.

4. The Exorcist

The Exorcist adalah sebuah film horor Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty, mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme (ritual pengusiran setan) yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik. Film ini menampilkan Ellen Burstyn, Linda Blair, Max von Sydow, Kitty Winn, Lee J. Cobb, Jason Miller dan Mercedes McCambridge. Baik film maupun bukunya terinspirasi dari sebuah praktek eksorsisme yang tercatat pada tahun 1949 atas seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun. Film ini merupakan salah satu dari sekian banyak film 'anak setan', termasuk di antara serial film The Omen dan Rosemary's Baby.

Film ini menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa, memperoleh penghasilan kotor sebesar $402.500.000 di seluruh dunia. Film ini juga memperoleh sepuluh nominasi Piala Oscar - memenangkan dua di antaranya untuk Penataan Suara Terbaik dan Penulisan Skenario Adaptasi Terbaik - dan kalah dalam kategori Film Terbaik pada film pemenangnya The Sting. Bersama-sama dengan novel yang mendasari film ini, cerita karangan Blatty ini telah diterbitkan berulang kali selama bertahun-tahun.

3. The Ring 2

Kisah ini menyambung cerita sebelumnya di THE RING. Dimulai dengan setting enam bulan sejak peristiwa mengerikan yang dialami Rachel Keller (Naomi Watts) dan putranya Aidan (David Dorfman) di Seattle, AS. Untuk menghapus kenangan-kenangan buruk yang menghantui Rachel mengajak putranya pindah ke sebuah daerah kecil di pantai Astoria, Oregon. Namun tanpa dinyana keputusan ini berubah menjadi teror yang mengerikan. Terjadi pembunuhan di dekat tempat tinggal baru mereka dan berciri sama dengan yang pernah dilihatnya. Barang bukti berupa kaset rekaman video yang tertinggal semakin membuat dugaan Rachel menguat.

Samara masih terus menyebar terornya melalui kaset video. Kecurigaan Rachel semakin nyata ketika Aidan tiba-tiba mengalami memar dan harus dirawat di rumah sakit. Dan Rachel berpikir itu adalah ulah Samara. Dokter yang merawat Aidan malah mencurigai Rachel telah melakukan penyiksaan pada putranya. Dengan tekad menyelamatkan Aidan serta membersihkan dirinya dari tuduhan, Rachel memutuskan kembali ke Seattle untuk menggali lebih banyak informasi tentang masa lalu Samara. Dibintangi oleh Naomi Watts, Simon Baker dan David Dorfman, The Ring 2 tidak kalah seramnya

2. The Grudge 2

Dengan tim yang sama dan penampilan singkat dari Sarah Michelle Gellar, bintang utama seri pertamanya, maka kini tiba 'The Grudge 2'. Tidak ada yang berbeda dengan film pertama atau versi orisinilnya. Gaya non-linear tetap dipertahankaJika ditilik lagi, sebenarnya 'The Grudge 2' ini sebenarnya sebuah obligatory-sequel atau sekuel karena keharusan, selain tentu saja sebagai sebuah sequel-in-demand. Tampaknya film ini akan menjadi jembatan untuk pindah lokasi nantinya, jika sequel ketiga jadi dibuat tentunya. Terlepas dari kelemahan-kelemahannya, 'The Grudge 2' sebenarnya masih menarik untuk disaksikan, apalagi Takashi Simizu memang handal sekali dalam menampilkan adegan-adegan yang menyeramkan. Walaupun dibeberapa adegan mengandalkan adegan-adegan 'kaget', namun atmosfir kengeriannya tetap terjaga.

Stephen Susco sebagai penulis skenario versi Amerikanya. Ceritanya terbagi menjadi tiga bagian yang berjalan pararel: pertama, Aubrey Davis (Amber Tamblyn, The Ring) pergi ke Tokyo untuk membawa pulang kakaknya, Karen Davis (Sarah Michelle Gellar, I Know What You Did Last Summer) kembali ke Amerika atas desakan ibunya. Padahal hubungan Aubrey dengan Karen sedang memburuk. Bukannya berhasil membawa Karen yang tengah dirawat di sebuah Rumah Sakit, justru ia terlibat dalam misteri kutukan kemarahan Kayako (Takako Fuji), setelah kematian tragis yang kemudian dialami oleh Karen. Bersama dengan seorang wartawan, Eason (Edison Chen, Infernal Affairs), mereka berusaha menguak misteri dendam Kayako. Kedua, tiga orang siswi sekolah Internasional di Tokyo, Vannesa (Teresa Palmer), Miyuki (Misako Uno) dan Allison (Arrielle Kebbel) mendatangi rumah kosong bekas pembantaian Kayako. Vannesa dan Miyuki sebenarnya hanya ingin mempermainkan Allison dengan menakut-nakutinya.

Vannesa dan Miyuki sebenarnya hanya ingin mempermainkan Allison dengan menakut-nakutinya. Namun, sepulang dari rumah tersebut, mereka bertiga mengalami gangguan supernatural yang mengancam jiwa mereka. Ketiga, cerita kini berlokasi di Amerika. Seorang wanita, Trish (Jennifer Beals, Flashdance) pindah ke sebuah apartemen mengikuti tunangannya, Bill (Christopher Cousins). Selain menyesuaikan diri dengan apartemen baru, ia juga harus beradaptasi dengan kedua anak Bill, Lacey (Sarah Roemer) dan Jake (Mathew Knight). Film ini bakal mengundang banyak jeritan jika kalian masuk ke dalam cerita ini.

1. The Shining

Inilah film horor terbaik yang mampu membuat bulu kuduk kalian berdiri maupun jeritan kalian semakin keras. The Shining, film horor yang dibuat pada 1980. Dikisahkan Jack Torrance (Jack Nicholson) mempunyai pekerjaan baru menjadi seorang penjaga/cartaker sebuah hotel besar dan mewah yang sangat terpencil dan sangat terisolasi dari keramaian. Hotel bernama "Overlook Hotel" itu berada di pegunungan Rocky Mountain, Colorado. Kebetulan, Jack juga sedang mempunyai proyek penulisan sebuah novel, atas alasan itu, Jack sangat bersemangat menerima pekerjaan itu, karena menurutnya dengan kesunyian dan ketenangan hotel itu akan menjadi tempat yang pas baginya untuk menyelesaikan novel itu dengan mudah.

Betapa menakutkannya kejadian 5 tahun yang lalu di hotel tersebut tidak mengurungkan niat Jack untuk tetap bekerja di hotel tersebut dan membawa serta istri dan seorang anak "indigo"nya bernama Danny untuk tinggal beberapa bulan di hotel tersebut. Satu bulan kemudian, kejadian-kejadian aneh terjadi. Danny yang mempunyai kemampuan melihat hal yang akan terjadi di masa datang terus menerus diganggu bayangan-bayangan menakutkan. Jack pun secara perlahan dan pasti, kondisi psikologinya mulai terganggu, ya, rupa-rupanya kejadian menakutkan 5 tahun yang lalu pun akan kembali terulang.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : 10 FILM HOROR TERBAIK SEPANJANG SEJARAH

1 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.