CARA MENGIRIM FOTO, DOKUMEN, VIDEO, FILE, TEKS, LEWAT EMAIL



CARA MENGIRIM FOTO, DOKUMEN, VIDEO, FILE, TEKS, LEWAT EMAIL
Mengirim foto, dokumen, video, file, teks, dll lewat email bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan akun email yang telah kita miliki. Mengirim file & foto lewat email cukup memudahkan bagi seseorang yang ingin mengirimkan sesuatu kepada rekan, relasi atau keluarga yang tinggal jauh ditempat lain namun tetap terhubung dengan Internet. Proses pengiriman file (teks, foto, audio, video dll) melalui email juga terbilang cukup cepat bahkan hanya hitungan detik, tergantung dari besar kecilnya file yang dikirim. Adapun beberapa macam akun email gratis yang tersedia di Internet antara lain Yahoo, Gmail, msn, AOL, mail.com, Nokia mail, Zoho mail, GMX Mail, dll. Di Indonesia sendiri juga ada penyedia akun email gratis seperti mailTelkomNet, dan Plasa.com. Namun beberapa tahun belakangan sepertinya akun email dari Google (Gmail) dan Yahoo (Ymail) masih menjadi akun email gratis yang paling sering digunakan oleh pengguna Internet.

Sebelum mengirim foto, dokumen, video, file atau teks lewat email, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun email Gmail. Kenapa menggunakan Gmail ? Menurut saya pribadi email Gmail sangat mudah dalam penggunaannya. Selain itu Gmail juga sudah mendukung berbagai jenis bahasa di Dunia, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Dari segi keamanan, Gmail bisa dikatakan sangat aman karena mempunyai sistem perlindungan yang canggih dari Google Inc selaku pemilik Gmail. Salah satu bentuk pengamanannya adalah, Anda bisa menambahkan nomor ponsel Anda kedalam akun Gmail, jika Anda aktifitas mencurigakan pada akun email karena kemungkinan email anda dibajak, maka pihak Gmail akan mengirimkan pesan kepada anda untuk merubah kata sandi. Namun bila anda sudah mempunyai akun Gmail, lewatkan step diatas dan langsung Log In kedalam akun Gmail.

CARA MENGIRIM FOTO LEWAT EMAIL


1. Silahkan Log In / Masuk ke akun Gmail dengan mengunjungi  www.gmail.com. Masukkan Alamat email (namaanda@gmail.com) dan Kata Sandi, kemudian klik Masuk / Log In.

2. Klik TULIS pada menu sebelah kiri di Akun Gmail Anda.

3. Masukkan alamat email tujuan Anda pada kolom "Kepada" (daftar penerima email anda bisa lebih dari satu). Kolom "Subjek" untuk menuliskan judul. Kemudian pilih "Lampirkan File".

4. Cari foto / gambar yang ingin dikirim pada Komputer / Flasdisk Anda, kemudian klik "Open"

5. Tunggu sebentar prosesnya, jika sudah selesai klik "Kirim"

Foto akan segera terkirim kepada penerima. Selesai

CARA MENGIRIM DOKUMEN LEWAT EMAIL


Selain untuk mengirim foto, email biasanya juga sering digunakan untuk mengirim dokumen, contohnya lamaran pekerjaan. File file tersebut bisa berupa file .doc (Microsoft Word), file PDF, dan sejenisnya. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk / Log In kedalam akun Gmail Anda.
2. Tulis
3. Tuliskan alamat email penerima
3. Lampirkan File
4. Cari dokumen yang ingin Anda kirim, klik Open
5. Tunggu prosesnya hingga selesai, terakhir klik Kirim.


CARA MENGIRIM VIDEO / AUDIO LEWAT EMAIL


Mengirim Video atau Audio bisa juga lewat email. Yang perlu diperhatikan adalah berapa besar ukuran file yang ingin dikirim. Saat ini batas maksimal ukuran file pada Gmail adalah 25 MB, jadi jika file Video / Audio lebih besar dari batas maksimal Anda bisa memecah file video / audio tersebut menjadi beberapa bagian, agar bisa dikirim satu persatu tanpa melebihi batas maksimal yang ditetapkan oleh Gmail. Pemecahan file tsb bisa dengan menggunakan software HJ Split.

Cara mengirim video lewat email sama seperti dengan cara cara diatas, setelah Log In dan tambahkan penerima, cukup cari file video / Audio yang ingin dikirim, klik Open, kemudian klik Kirim.

CARA MENGIRIM FILE / SOFTWARE LEWAT EMAIL


Selain itu, kita juga bisa mengirim berbagai macam file lewat email, baik itu file game, software, file yang berformat rar, xlm, dan masih banyak lainnya. Perhatikan juga ukuran file yang ingin dikirim agar tidak melebihi batas maksimum pengiriman file. Jika ukuran file terlalu besar, silahkan dipecah dahulu dengan HJ Split. Untuk cara pengirimannya, sama saja dengan cara cara diatas.

CARA MENGIRIM PESAN TEKS LEWAT EMAIL


Mengirim pesan teks melalui email merupakan fungsi utama dari email. Anda dapat berkirim pesan dengan teman atau kerabat dimanapun Anda berada asalkan ada jaringan Internet. Caranya pun cukup mudah, tidak berbeda jauh dengan mengirim SMS pada telepon seluler. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk / Log In ke akun Gmail Anda.
2. klik Tulis
3. Masukkan alamat email penerima (bisa lebih dari satu)
4. Kemudian tulis pesan Anda.
5. Klik kirim jika sudah selesai.

Selain menulis pesan teks, kita juga bisa menambahkan Link / Tautan, Emoticon, Undangan / Kalender. Demikianlah tips cara mengirim foto, dokumen, video, file, teks lewat Email, Anda juga bisa mengirimkan banyak file secara bersamaan, baik pesan teks dengan lampiran file foto, dokumen, audio / video, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MENGIRIM FOTO, DOKUMEN, VIDEO, FILE, TEKS, LEWAT EMAIL

19 comments:

  1. saya mau tanya gan, bagaimana ya cara mengirim file melalui email ke nomor ponsel apakah bisa dikirim gan?

    BalasHapus
  2. CARA MENGIRIM FILE LEWAT BLOGSPOT APAKAH SAMA AJAH SEPERTI MENGIRIM GMAIL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogspot / Blogger = untuk membuat blog / menulis artikel dan mempublikasikannya di Internet . Sedangkan Gmail adalah Layanan email untuk berkirim pesan / file. Jadi kedua produk google tersebut adalah 2 hal yang berbeda :)

      Hapus
  3. kalau ngirim file yang isinya foto gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan cara mengirim file diatas.

      Hapus
    2. sama seperti yg di atas,di situ kan ada gambarnya

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. kalau ngirim ppt yg ada videonya, terus kapasitas ny terlalu besar,
    bagaimana cara mengirimnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. File bisa dipotong / dipecah terlebih dahulu menggunakan HJ SPLIT seperti yang telah dijelaskan diatas :)

      Hapus
  6. berapa gan maximal ukuran foto? trims

    BalasHapus
  7. Pak klu ngirim dokumen caranya gimn?

    BalasHapus
  8. Wah ini sangat membantu saya terima kasih

    BalasHapus
  9. Kalo.ngirim.foto/video. Ke facebook.gimna.caranya.....

    BalasHapus
  10. bang, kalau misalnya mau ngirim berkas blog gimana cara nya???

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.