CARA MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA (TERBARU)



Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat blog untuk pemula, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu blog dan apa fungsi blog. Artikel pembuka ini silahkan dibaca jika ada yang belum tahu atau masih baru belajar membuat blog. Blog merupakan situs web yang dapat memuat berbagai tulisan, arikel, serta informasi yang dapat berupa gambar, video, maupun audio. Situs ini bisa diakses oleh semua pengguna internet di dunia sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini, para pengguna blog semakin banyak. Tak hanya orang dewasa saja yang mahir menggunakan situs ini. Melainkan banyak anak remaja pun juga ikut berbagi cerita lewat blog. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com. Web yang dimiliki oleh Pyra Labs tersebut telah diakusisi oleh situs pencarian terbesar Google sejak akhir 2002.

Fungsi blog sangatlah beragam, ada yang menggunakan  sebagai catatan harian biasa, sebagai penyalur informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri atau orang lain, menyalurkan hobi, mengisi waktu luang untuk kegiatan positif, hingga sebuah media publikasi dalam sebuah kampanye politik. Menggunakan blog untuk hal hal positif tentunya juga bisa mendatangkan manfaat tersendiri untuk para blogger. Berikut ada tips mudah cara membuat blog untuk pemula dengan menggunakan blog gratis yang disediakan oleh blogger.com. Kata "pemula" disini saya asumsikan bahwa pembaca belum pernah membuat blog sebelumnya, atau baru belajar membuat blog.

CARA MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA - MENGGUNAKAN BLOGGER.COM

Sebelum memulai membuat blog lebih baik pikirkan dahulu tema apa yang ingin diangkat kedalam blog, tema blog bisa berbentuk wisata, otomotif, film dan hiburan, musik, media sharing, informasi, tips tips tertentu ataupun untuk media perdagangan barang. Tentunya tema ini bebas, terserah kita ingin membuat blog bertema apa saja.

1. Langkah pertama, masuk ke situs www.blogger.com, tampilan awalnya seperti pada gambar dibawah ini :


Masuklah menggunakan akun google / email gmail. Jika belum mempunyai akun gmail silahkan buat terlebih dahulu. Atau bisa dilihat pada artikel "membuat email dengan gmail".

2. Setelah masuk ke blogger.com, kita akan diminta membuat akun Google+ (opsional) :

Penggunaan profil Google+ akan memberi identitas kita di properti google dan menghubungkan kita dengan pembaca, sehingga pembaca dapat berbagi dan merekomendasikan konten yang kita buat ke web dan Google+, tetapi jika ingin memakai identitas lain / nama samaran kita bisa menggunakan Profil Blogger Terbatas. (Opsional). Selanjutnya klik LANJUTKAN KE BLOGGER.

3. Kemudian klik BLOG BARU, seperti pada gambar dibawah.



4. Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini :


Penjelasan :

JUDUL :
Isikan judul blog sesuai dengan tema yang telah kita tentukan sebelumnya.

ALAMAT :
Alamat ini nantinya yang akan digunakan oleh pengunjung blog untuk membuka blog kita saat browsing di Internet. Sebagai contoh saya membuat blog bertema wisata, saya menggunakan alamat url "infowisata-nusantara.blogspot.com", sebenarnya saya ingin membuat url "infowisatanusantara.blogspot.com" tanpa tanda "-". Karena alamat tersebut sudah tidak tersedia (sudah dipakai oleh orang lain), maka saya menambahkan tanda "-". Namun untuk penulisan alamat blog itu bebas, kita juga bisa memakai nama kita sendiri untuk membuat alamat blog.

TEMPLATE :
Pilih salah satu template yang telah disediakan oleh blogger. Secara umum template bisa juga dikatakan sebagai "tampilan luar" saat blog dibuka. Template ini bisa diubah sesuaiakan sesuai keinginan saat nanti sudah berada di DASBOR blogger.

Klik BUAT BLOG, untuk melanjutkan.

5. Klik pada blog yang telah kita buat tadi, seperti contoh dibawah ini ( yang dilingkari merah) untuk masuk ke DASBOR BLOGGER.


6. Tampilan pada DASBOR BLOGGER :


Pada DASBOR ini, kita bisa membuat posting pertama kita pada menu ENTRI BARU.

Penjelasan sederhana :
IKTISAR : Untuk melihat informasi pembaruan pada blog.
POS: Untuk editing, atau menghapus posting.
LAMAN : Untuk membuat halaman baru / menu tab pada blog.
KOMENTAR : Untuk melihat komentar dari pengunjung yang masuk pada blog.
GOOGLE+ : Setelan akun Google+
STATISTIK : Untuk melihat jumlah tampilan, sumber lalu lintas yang masuk ke dalam blog.
TATA LETAK : Untuk mengubah sesuaikan dan mengatur posisi halaman blog / gadget.
TEMPLATE : Untuk mengedit tampilan template.
SETELAN : Pengaturan umum.

Blog sudah selesai dibuat, posting lah secara bertahap artikel berkualitas yang original (bukan hasil copy paste) dan unik, karena dua hal tersebut sangat disukai oleh pengunjung maupun mesin pencari. Demikianlah tips sederhana cara membuat blog untuk pemula, semoga bermanfaat.




data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA (TERBARU)

2 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.