10 TIPS MEMBELI KOMPUTER RAKITAN DAN KOMPUTER BUILT UP - KELEBIHAN & KEKURANGAN

Advertisement

Berikut ini adalah sedikit tips membeli komputer rakitan & built up atau komputer yang telah dirakit secara resmi oleh perusahaan / pabrik pembuat komputer tertentu. Bagi sebagian orang, saat ini komputer desktop bukanlahlah sesuatu barang yang sangat mewah lagi. Ini dikarenakan sudah sangat banyak komputer komputer desktop atau komputer jinjing (laptop) dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga pada tahun tahun sebelumnya. Bahkan komputer sudah menjadi "barang wajib" bagi mereka yang bekerja dan mempunyai usaha dibidang tersebut, seperti warnet, digital printing, desian grafis, untuk peralatan kantor, maupun untuk digunakan pribadi.

Sebagai tips membeli komputer, sebaiknya hal difikirkan terlebih dahulu adalah jenis komputernya yang ingin digunakan, bisa komputer rakitan ataupun komputer jenis built up. Kedua jenis komputer ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Sebernarnya komputer komputer ini memiliki fungsi yang sama sama baik. Perbedaan yang paling mendasar tentu saja dari segi harga, kualitas dan kepuasan konsumen. Sebelum membahas lebih lanjut tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing komputer, berikut ini adalah sedikit pengertin komputer rakitan dan komputer built up.

MENGENAL JENIS KOMPUTER RAKITAN & KOMPUTER BUILT UP


Komputer Rakitan : Komputer rakitan ialah komputer yang dirakit sendiri oleh teknisi yang sudah ahli dibidangnya dan sudah memiliki standar perakitan komputer yang berlaku. Biasanya calon pembeli bisa langsung memilih spesifikasi sendiri yang ingin dipergunakan. Jadi pembeli bisa memilih sendiri komponen komponen yang ingin dipakai dalam komputernya, bisa memilih jenis komponen & merk yang mahal atau yang murah (pembeli yang menentukan sendiri spesifikasi komputer yang di inginkan atau menentukan sendiri bagian per bagian PC).

Komputer Built Up : Jenis komputer built up merupakan komputer yang langsung dibuat oleh pabrik pembuat komputer misalnya IBM, Dell, Lenovo, Asus, Apple dan lain sebagainya. Pada umumnya komponen komponen yang terdapat didalamnya berkualitas baik, karena sudah lulus uji coba penggunaan. Pembeli tidak bisa menentukan sendiri spesifikasi komputer yang diinginkan karena sudah diproduksi dan dibuat dalam satu set. Bisa dikatakan juga komputer rakitan dengan komputer built up dengan spesifikasi yang sama, harganya akan lebih mahal komputer built up.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN


KOMPUTER RAKITAN


Beberapa kelebihan dan kekurangan komputer Rakitan antara lain,

Kelebihan :
  • Harga relatif lebih murah.
  • Bisa memilih sesuka hati bagian bagian komputer yang diingikan dan bisa mengetahui seluk belum komponen / hardware / perangkat didalamnya baik dari segi kualitas dan merk seperti harddisk, ram, vga, psu, processor, motherboard, dll.
  • Kita juga bisa membuat sendiri spesifikasi komputer yang diingikan.
  • Mudah diservis, karena jika ada kerusakan biasanya hanya akan mengganti bagian yang rusak saja.
  • Mudah dimodifikasi, misalnya untuk kebutuhan bermain game dengan memperbagus vga, untuk merender dengan memperbagus processor, untuk kebutuhan meyimpan file file besar dengan memakai HDD berkapasitas besar, dan tentunya ini tidak akan merusak garansi
  • Bisa ganti casing dan mudah di Upgrade.
  • Biasanya ada garansi tersendiri untuk bagian bagiannya, misal garansi ram sendiri, garansi processor sendiri.
  • Mudah dibersihkan.

Kekurangan
  • Mungkin akan cukup ribet bagi yang tidak tahu komputer, sebaiknya konsultasikan kepada teman / kerabat yang faham akan komputer, untuk menghindari penipuan dari pihak penjual komputer yang tidak bertanggung jawab, misalnya dikasih barang yang kualitasnya jelek.
  • Bisa berakibat tidak baik jika tidak bisa memilih spek yang benar sehingga mengakibatkan bottleneck atau spesifikasi yang tidak sesuai harapan.
  • Dari segi tempat, biasanya akan memakan banyak tempat di CPU, kabel sesak, atau listrik yang terlalu besar.
  • Harga bisa menjadi mahal jika kita belum bisa memilih komponen / bag yang memang benar2 perlu, karena kita akan membeli bagian per bagian.
  • Bagi pengguna yang selektif memilih harga dengan tujuan mencari harga yang terjangkau, mungkin akan sedikit kesulitan karena harus membeli di toko yang terpisah.
  • Kesalahan dalam memilih komputer rakitan memang menjadi hal yang lumrah bagi pembeli komputer, jadi sebaiknya tanyakan dahulu sejelas jelasnya kepada kenalan yang sudah berpengalaman merakit atau sudah faham akan seluk beluk komputer rakitan.

KOMPUTER BUILT UP / BERMERK


Adapun beberapa kekurangan dan kelebihan komputer jenis built up diantaranya,

Kelebihan
  • Tidak perlu repot repot memikirkan rakitan, cukup menyesuaikan jumlah dana yang ada.
  • Memiliki garansi dan sudah lulus uji, karena komputer tersebut memang sudah bermerk.
  • Spesifikasi sudah bagus dan seimbang, dan biasanya sudah terinstall OS yang original
  • Komputer sudah lengkap termasuk mouse, keyboard, monitor, sound yang berada dalam 1 paket.
  • Lebih aman dan lebih terpercaya.

Kekurangan
  • Harga biasanya lebih mahal jika  dibandingkan dengan komputer rakitan, dikarenakan faktor merk.
  • Tidak bisa memilih kualitas dalam isi CPU, jadi harus bisa menerima apa adanya.
  • Hanya mengetahui spesifikasi umumnya saja, misal RAM 2 GB, tapi tidak tahu merknya apa, motherboardnya apa, dan lain sebagainya.
  • Jika ingin upgrade, harus datang ke centernya langsung jika masa garansi belum habis, beberapa merk bahkan menyegel casing jika segel rusak akan menghanguskan garansi.
  • Tidak bisa melakukan modif tambahan, karena memang dirancang seperti itu, semisal PSU dipatok sekian Watt dan ingin diganti dengan VGA yang ekstrim tentu tidak akan bisa.

10 TIPS MEMBELI KOMPUTER


1. Yang pertama lihat Processornya, jika processornya Intel Atom atau Celeron, sementara komputer kita gunakan untuk kerja berat, jangan dibeli. Pilihlah komputer yang processornya minimal Dual Core (Intel pentium atau AMD Dual Core 2,6 GHz)

2. Kemudian lihat juga VGAnya VGA dengan label "SHARED" lebih baik dihindari, karena dari segi kualitas tidak begitu bagus untuk main game atau nonton video.

3. Yang ketiga lihat juga RAMnya, jika RAMnya hanya 1 Gb atau dibawah 1 GB, lebih baik jangan dibeli. Cari yang minimal RAMnya 2 GB

4. Jika membeli komputer lihatlah juga OS nya. Jika beli komputer (rakitan) tanpa OS maka mintalah harga dikurangi. Bisa juga dengan menggunakan OS Windows nonoriginal untuk mengurangi biaya. Jika ada dana lebih bisa juga membeli Windows Original yang tentunya akan lebih baik.

5. Untuk Harddisk pilihlah yang berkapasitas sekurang kurangnya 320 GB. Jika hanya 180 Gb lebih baik jangan beli.

6. Sedangkan untuk monitor, pilihlah monitor LCD dengan lebar 17 inc (bukan widescreen apalagi yang bentuknya seperti TV). Namun ini tergantung dengan keinginan.

7. Lihat juga DVD RW nya, karena DVD RW juga cukup penting untuk membaca kepingan disk atau untuk burning cd / dvd.

8. Anda bisa memilih sendiri merk keyboard yang nyaman, sedangkan untuk mouse anda bisa memilih yang memakai kabel atau wireless.

9. Jika masih ada slot disket minta diambil dan harga dikurangi, penggunaan disket sudah digantikan dengan flashdisk.

10. Yang terakhir, pastikan barang barang yang dibeli memiliki masa garansi minimal selama 1 tahun, rugi jika punya komputer canggih dan handal tapi hanya bergaransi 1 sampai 3 bulan.

Itulah beberapa tips membeli komputer rakitan dan built up, dinilai dari segi penggunaan dana, jika kita pandai mengatur spec maka kita bisa membuat PC rakitan yang jauh lebih bagus dari pada komputer jenis Built up pada harga yang sama. Dan jika komputer / PC Built Up mau tidak mau Anda harus membeli spesifikasi komputer berdasarkan dana yang yang Anda miliki, jika ingin spec tinggi tentu saja harga akan lebih mahal lagi. Jika menggunakan komputer Rakitan, anda bisa menentukan ingin memperbagus ke arah mana tergantung tujuan penggunaan. Namun itu terserah anda sendiri ingin membeli komputer rakitan atau built up... Semoga bermanfaat :)


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : 10 TIPS MEMBELI KOMPUTER RAKITAN DAN KOMPUTER BUILT UP - KELEBIHAN & KEKURANGAN

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.