5 TIPS CARA MELINDUNGI ANAK DARI PERGAULAN NEGATIF DI INTERNET



Tak hanya menjadi pusat Informasi yang bermanfaat, Internet juga bisa menjadi salah satu pengaruh pergaulan negatif bagi anak. Jutaan situs web dengan berbagai kategori semua ada di Internet, mulai dari situs wiki, situs e-commerce, jejaring sosial hingga situs yang digolongkan kedalam kategori situs dewasa baik situs video maupun video chat / video chat room seperti camfrog. Situs situs ini memiliki pengunjung tersendiri sesuai dengan apa yang disajikan oleh situs web tersebut.

Melindungi anak dari pergaulan negatif  terutama di Internet adalah suatu kewajiban dan menjadi tanggung jawab orang tua. Dengan adanya internet yang bisa diakses oleh siapapun, tak menutup kemungkinan situs web yang menjadi konsumsi orang dewasa akan dibuka dan diakses oleh anak anak yang belum cukup umur. Sebenarnya sah sah saja anak menggunakan Internet dalam kesehariannya sepanjang itu bermanfaat atau menghibur yang positif. Bagaimanapun juga, pergaulan dan lingkungan baik yang dirasa maupun dilihat anak akan mempengaruhi sifat dan perilaku dimasa dewasanya. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting agar anak tidak salah dalam bergaul di Internet.

Berikut ini adalah 5 tips untuk melindungi anak dari pergaulan negatif di Internet bagi para orang tua :

TIPS CARA MELINDUNGI ANAK DARI PERGAULAN NEGATIF DI INTERNET

  • Jaga komunikasi : Sering seringlah bercanda tawa dan berkomunikasi pada anak sehingga anak tahu bahwa Anda sangat menyayangi dan memperhatikan mereka, dengan begitu anda bisa tahu tingkat pergaulan anak di Internet. Pergaulan anak di Internet bisa saja melalui social network seperti facebook / twitter dll, maupun melalui chatting dan video chat. 
TIPS CARA MELINDUNGI ANAK DARI PERGAULAN NEGATIF DI INTERNET

  • Tempat yang baik : Sebaiknya tidak meletakkan perlengkapan internet seperti komputer / laptop ditempat yang tersembunyi seperti kamar tidur anak. Letakkan saja di tempat yang terbuka seperti ruang keluarga / ruang santai atau ruang tengah. Jika diletakkan ditempat tersembunyi anak akan merasa bebas dari pengawasan sehingga bisa untuk melakukan aktifitas internet yang berbahaya.

  • Berikan larangan : Jangan dibiarkan dan laranglah jika anak ingin melihat situs situs yang tidak cocok untuknya, seperti situs kekerasan, situs situs berbau dewasa, ataupun situs jejaring sosial dewasa. Nasehatilah mereka dengan bijaksana tentang pergaulan yang baik di Internet.

  • Buat peraturan : Buatlah peraturan untuk anak tentang penggunaan Internet agar bisa menjadi pegangan anak. Misalnya ketika anak mempunyai akun video call seperti skype / camfrog, perbolehkan hanya melakukan panggilan video kepada orang yang anda izinkan (dikenal). Beritahu juga bahwa tidak semua orang di Internet itu baik, penipu, atau mengajarkan keburukan. Ini bertujuan agar anak tahu bahwa tidak semua hal di Internet itu membawa kebaikan.

  • Cari informasi : Cari informasi tentang pemakaian internet oleh anak, seperti dengan melihat history browser. Jika kedapat anak melakukan aktifitas internet yang berbahaya bagi mereka. Segera beri sanksi, misalnya membatasi penggunaan internet satu jam sehari atau awasi mereka dalam penggunaan internet. Yakinkan mereka tentang kemauan Anda agar anak menggunakan internet yang aman dan itu semua demi kebaikan mereka sendiri.

Itulah 5 tips melindungi anak dari pergaulan negatif di Internet yang bisa dilakukan oleh orang tua, dengan menggunakan internet yang sehat, diharapkan anak anak akan terhindar dari pergaulan tidak baik yang akan merugikan bagi mereka sendiri.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : 5 TIPS CARA MELINDUNGI ANAK DARI PERGAULAN NEGATIF DI INTERNET

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.