APA ITU EMULATOR ?



Apa itu emulator ? Emulator atau lebih tepatnya perangkat lunak emulator / software emulator adalah suatu program komputer yang memungkinkan untuk menjalankkan suatu program ( bisa program yang diemulsikan dari komputer ke komputer misalnya suatu program Windows yang dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan software emulator Wine) sesuai dengan program aslinya di komputer. Contohnya emulator game, Konsol game seperti Nintendo, Xbox, dan Playstation dapat dijalankan di komputer dengan cara memasang emulatornya sendiri sendiri ( emulator Nintendo hanya khusus untuk game Nintendo ).

Sebenarnya tujuan diciptakanya software emulator adalah untuk menjalankan piranti lunak yang hanya disediakan untuk platform tertentu. Dan tujuan diciptakanya emulator game adalah untuk para gamer yang ingin bernostalgia dengan game game atau konsol yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

Emulator game  komputer memungkinkan untuk bekerja sesuai dengan hardware sistem yang diemulsikan. Tetapi emulator tidaklah berguna jika tanpa didukung oleh Gamenya. Game game ini disebut ROM atau Disk Image yang merupakan hasil copy dari game game dalam format Cartridge atau Disket sistem yang bersangkutan.

Dengan menggunakan Emulator kita dapat memainkan game game klasik kesukaan kita dulu seperti Mario Bross, Contra, dan Sonic the Hedgehog di komputer kita. Sebenarnya konsep Emulator adalah suatu proses untuk meniru desain Internal dari suatu sistem. Sekarang ini sudah banyak Emulator emulator yang tersebar di internet mulai dari emulator Game, sampai emulator  Aplikasi Java.

Jika anda pernah bertanya apa itu emulator ? Mungkin Artikel diatas cukup bisa sedikit menjawab.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : APA ITU EMULATOR ?

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.