KISAH SUKSES JAMES CAMERON, SANG SUTRADARA



Kisah sukses James Cameron ternyata tidak datang begitu saja, banyak tantangan yang harus ia selesaikan sebelum dia menjadi sutradara yang terkenal seperti sekarang. Flashback sedikit, penggemar film mana yang tak kenal dengan James Francis Cameron, sutradara kelahiran Ontario, Kanada 16 Agustus 1954 ini selalu membuat filmnya "MELEDAK" di pasar dunia. Film filmnya sangat luar biasa dan masuk dalam jajaran film terbaik yang pernah ada, seperti Titanic (1997) dan Avatar (2009).

Bagi orang yang belum tahu, kebanyakan mengira kalau James Cameron adalah seorang lulusan Mahasiswa jurusan Tehnologi Film. Tapi justru sebaliknya, James Cameron tidak pernah mengambil jurusan Perfilman saat kuliah, ia kuliah dijurusan Psikologi di Fullerton College. Kisah sukses James Cameron baru dimulai saat ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk pergi ke perpustakaan di University Of Southern California. Jelas disini ia lebih banyak membaca tentang ilmu untuk industri film secara otodidak. Tetapi James tidak langsung terjun kedunia Film.

James Cameron lebih dulu drop out dari universitasnya, lalu ia kerja secara serabutan. Bahkan dia pernah bekerja sebagai sopir Truk. Akhirnya lama kelamaan dia ingin untuk terjun ke dunia film. Pada tahun 1977 Cameron terpanggil untuk membuat film fiksi ilmiah. Dalam 10 menit ia berhasil menulis naskah film yang berjudul Xenogenesis, itu adalah karya pertamanya. Untuk membuat film itu ia mengumpulkan uang, lalu menyewa peralatan film seperti kamera, lensa, dan studio. Penggunaan alat alat film tersebut ternyata belumlah optimal, karena James masih baru pertama kali menggunakan alat alat seperti itu.


Setelah belajar sendiri secara otodidak dan terus menerus tanpa kenal putus asa, akhirnya pada akhir tahun 1978 film berdurasi 12 menit itupun selesai dibuat. James Cameron berniat meningkatkan ilmu perfilmanya, namun dia tidak kuliah dijurusa film, melainkan langsung belajar kepada ahlinya dan segera mempraktekanya. Hasil kerja keras James Cameron bisa kita lihat pada film film yang disutradarainya. Alhasil banyak film hasil kerja James Cameron menjadi sangat populer di dunia.

Beberapa contoh film yang menyertai kisah sukses James Cameron :

- The Terminator (1984)


- Rambo : First Blood Part II (1985)


- Aliens (1986)


- Terminator 2: Judgment Day (1991)


- Titanic (1997)


- Avatar (2009)



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : KISAH SUKSES JAMES CAMERON, SANG SUTRADARA

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.