CARA MEMASANG TEMPLATE DI BLOG



Memiliki blog yang berpenampilan menarik memang menjadi kesan tersendiri bagi para pemilik blog, dengan "template" kita bisa mengubah sesuaikan penampilan blog seperti apapun yang kita inginkan. Apalagi saat ini banyak sekali penyedia template gratis untuk blog seperti zoomtemplate.com, dhetemplate.com dll. Hal ini cukup menguntungkan dari pada kita membeli template yang berbayar. Tetapi sesuatu yang gratis atau berbayar, tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Artikel kali ini akan membahas tentang cara memasang template di blog (blogger.com). Mungkin sebagian dari anda ada yang baru memulai belajar membuat blog dan mempunyai kesulitan untuk pasang template. Berikut ada sedikit tips mulai mendownload template sampai memasangnya di blog Anda.

1. Buka www.zoomtemplate.com

2. Pilih dan KLIK salah satu model template yang disukai, maka akan muncul seperti contoh gambar dibawah ini :


LIVE DEMO : Untuk melihat contoh blog / web ketika sudah terpasangi template.
DOWNLOAD : Untuk mendownload template.

3. Klik DOWNLOAD, untuk memulai mengunduh file.


Template ini filenya berbentuk WinRAR ZIP, Jadi pastikan di EXTRACT dahulu sebelum di upload ke blogger.

4. Setelah berhasil di download, kemudian masuk ke WINDOWS EXPLORER  dan cari filenya. Bila sudah ketemu, kemudian KLIK KANAN, lalu klik EXTRACT HERE. Setelah berhasil di extract maka akan muncul folder baru. KLIK folder tersebut kemudian akan muncul seperti pada gambar dibawah ini :


Dari gambar diatas ada 2 file yang saya garis bawahi berwarna merah, nantinya salah satu dari dua file ini yang bisa diupload ke blogger. Penjelasanya sebagai berikut :
 -File pertama bernama REVO BLOGGER TEMPLATE : Jika diupload template ini nantinya akan menggunakan SLIDER sesuai dengan contoh pada LIVE DEMO saat kita lihat di zoomtemplate.com
 -File kedua bernama REVO BLOGGER TEMPLATE - WITHOUT SLIDER : Jika diupload template ini nantinya tidak akan menampilkan SLIDER. Saya biasanya menggunakan yang "without slider" seperti pada blog www.berbagiinfo4u.blogspot.com ini.
Kedua file ini berbentuk XML Document, sebagaimana cara memasang template di blog memang menggunakan serangkaian kode kode html tertentu.

5. Selanjutnya kita langsung LOGIN ke DASBOR Blogger.

6. Pilih menu TEMPLATE, kemudian klik CADANGKAN / PULIHKAN (pojok kanan atas).

7. Klik TELUSURI dan cari file template XML Document yang sudah di extract tadi. Kemudian klik UNGGAH dan tunggu prosesnya sampai selesai.
Saran : Sebelum mengupload file template ada baiknya mengUNDUH TEMPLATE LENGKAP dahulu, hal ini untuk mengantisipasi apabila ada kesalahan atau template yang sudah terupload dirasa tidak memuaskan. Jadi template bisa dikembalikan seperti semula.

Selesai.

Demikian sedikit tips cara memasang template di blog. Jika ada yang merasa bahwa template bawaan blogger sangat minim dan itu itu saja, dan anda ingin cara yang instan memiliki template blog yang menarik. Anda bisa mencari template gratis yang bertebaran di Internet. Semoga bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA MEMASANG TEMPLATE DI BLOG

3 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.