MEMBUAT BLOG LEWAT HP, MENGGUNAKAN MYWAPBLOG




Membuat artikel dan mempublikasikannya ke Internet, merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi seorang blogger, apalagi jika tulisan / artikelnya disukai dan membawa manfaat bagi si pembaca. Kebanyakan situs-situs penyedia blog gratis hanya bisa diakses oleh komputer atau laptop. Hal ini sangat tidak menguntungkan bagi seseorang yang ingin mempunyai blog, tetapi masih belum mempunyai perangkat komputer. Bagi yang belum mempunyai komputer tapi ingin mempunyai blog janganlah terlalu berkecil hati, karena kita bisa membuat blog lewat hp / ponsel. Ada salah satu situs penyedia blog gratis yang memperbolehkan kita untuk mengatur semua pengaturan blog 100% dari ponsel. Karena situs ini memang disediakan khusus bagi para dan calon blogger ponsel. Situs ini bernama My Wap Blog yang beralamatkan di www.mywapblog.com. Situs ini juga sudah support Bahasa Indonesia.


MEMBUAT BLOG LEWAT HP - ASAL USUL MYWAPBLOG.

Mywapblog.com didirikan pada tahun 2008 oleh seorang berkebangsaan India bernama Arvind Gupta atau lebih dikenal dengan sebutan Mr. Arvind. Awal pemikiran Mr. Arvind untuk menciptakan sebuah blog yang bisa dioperasikan melalu ponsel ketika dia saat itu mencari-cari situs penyedia blog seperti blogger.com dan xtgem.com, namun situs tersebut memang belum bisa di operasikan sepenuhnya menggunakan ponsel. Dari sinilah Mr. Arvind mempunyai sebuah ide untuk menciptakan blog yang sepenuhnya bisa dibuat dan dioperasikan dari hp.

Sejak kecil Mr. Arvind memang menyukai sesuatu yang berbau elektronik dan bagaimana ia bekerja, rasa ingin tahunya sangat tinggi. Pada usia remaja ia mulai masuk kearah pemrograman, kemudian mulai melirik pengembangan web dan pemrograman aplikasi web. Pada saat membuat situs mywapblog.com tahun 2008 sampai 2011 penampilan situs ini terlihat sangat sederhana, namun saat ini MWB sudah berkembang pesat dan mempunyai fitur - fitur yang tak kalah menarik dengan situs penyedia blog lain, dan tentu saja fitur-fitur tersebut bisa diakses melalui ponsel.

Saat ini Mr. Arvind bekerja untuk pengembangan web dan pemrograman, ia juga ahli PHP, HTML, dan C++. Mr. Arvind juga mempunyai pengetahuan yang baik di bidang Javascript, HTML dan CSS. Berdasarkan data yang diambil pada bulan Februari 2012, Jumlah pengguna mywapblog.com yang terdaftar sebanyak 117.000, Jumlah pengguna aktif 94.500, tampilan halaman perbulan sebanyak 30 juta kali, dan lalu lintas peringkat (Quantcash) : 10 (Indonesia).

Berdasarkan Alexa Rank pada tanggal 27 Januari 2013 di Indonesia, peringkat global traffic : 6.147, Indonesia traffic : 105 (semakin kecil semakin bagus). Sites Linking In 17.363 (semakin besar semakin bagus).

MEMBUAT BLOG LEWAT HP - CARA MEMBUAT MYWAPBLOG.

Jika ingin membuat blog lewat hp / ponsel menggunakan mywapblog.com, berikut ada sedikit tips cara membuatnya dalam bahasa Indonesia dan langsung dari ponsel.

1. Buka www.mywapblog.com dari ponsel Anda.

2. Setelah terbuka silahkan klik DAFTAR.








3. Isi semua data yang diperlukan mulai NAMA PENGGUNA, UBAH DOMAIN, SANDI, NAMA ANDA, EMAIL, dan KODE KEAMANAN.
Nama Pengguna disini adalah alamat blog / url Anda. Contonya www.bloganda.mywapblog.com.
Pada kolom Ubah Domain, anda juga bisa memilih domain lain selain akhiran mywapblog.com. Seperti : heck.in pun.bz faa.im mwb.im dan yu.tl. Contohnya sebagai berikut :

www.bloganda.heck.in
www.bloganda.pun.bz
www.bloganda.faa.im
www.bloganda.mwb.im
www.bloganda.yu.tl

4. Jika sudah selesai kemudian klik DAFTAR.








5. Kemudian kita akan masuk ke PENGATURAN BLOG. Isi semua data yang diperlukan seperti NAMA, KETERANGAN, KATEGORI, BAHASA, LOGO, dan FAV ICON sesuai yang di inginkan. Kemudian klik SIMPAN.





6. Jika sudah berhasil maka akan muncul seperti pada gambar disamping. Kemudian pilih menu DASBOR.







7. Bila ada peringatan seperti gambar disamping, itu berarti kita belum melakukan verifikasi pada pada akun mywapblog kita. Silahkan cek EMAIL dahulu, kemudian klik TAUTAN yang dikirim melalui EMAIL. 





8. Buka lagi DASBOR,  pada menu dasbor ini kita disediakan menu Tambahan dan editing posting, komentar, buku tamu, dan kategori. Pada tampilan, ada tema dan navigasi.






9. Sebelum membuat posting, kita akan memasang tema blog kita dulu. Klik menu TEMA pada TAMPILAN. Pilih tema yang di inginkan kemudian klik AKTIFKAN.






10. Selanjutnya kita akan mencoba membuat POSTING pertama. Klik menu TAMBAHKAN POSTING, dan silahkan tuliskan sebuah postingan. Jika sudah selesai klik TERBITKAN (pada bagian bawah).





11. Setelah diterbitkan maka akan muncul seperti pada gambar disamping. Klik KUNJUNGI BLOG, untuk melihat hasil posting pertama kita.






12. Hasil postingan kita akan terlihat seperti pada gambar disamping ini.  Selesai.









Demikianlah tips singkat cara membuat blog lewat hp menggunakan mywapblog.com. Jika anda sebelumnya suka mencari artikel, info, gambar atau foto dari Internet. Mulailah membuat blog sekarang, tunjukkan pada Dunia bahwa Anda bisa membuat artikel info maupun foto hasil karya Anda sendiri :-) Semoga bermanfaat.


 



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : MEMBUAT BLOG LEWAT HP, MENGGUNAKAN MYWAPBLOG

16 comments:

  1. THX info.a.... Mau Dicoba,,

    BalasHapus
  2. wahhh keren bgt dachh tuvhhh

    sukses ajh dach gann

    BalasHapus
  3. Jujur sob saya kenal mywapblog pas masuk tahun 2013 dan sudah membuat tapi bingung malum pemula..akan tetapi dari postingan kamu ini dulu saya jadi giat belajar mwb hingga sekarang dan al hasil 2000 vistor perhari. Coba liat disini http://cisoka.mywapblog.com

    maaf link hidup karena koment lewat hp. Kasih pendapat yah blog mobile saya ini..tulis pendapat di buku tamu atau komentar oke

    BalasHapus
  4. Makasih gan,, sdh berbagi ilmu ke kita2 yg masih newbie. Saya tunggu tips dn trik lainnya ya.. Sukses selalu gan.. Salam knl:)

    BalasHapus
  5. Sama - sama sobat semua, terimakasih kunjungannya :)

    BalasHapus
  6. ijin nyimak gan

    d tnggu kunbak nya ea jgn lpa foolback ya gan.. :)

    BalasHapus
  7. Nginfo yang bermanfaat bagi penguna HP setiap harinya seperti saya...
    Perlu di coba nih...

    BalasHapus
  8. saya kenal mywapblog sejak 2009 yang lalu.jika anda tertarik bukalah http://sigit-ravenclaw.mywapblog.com

    BalasHapus
  9. Tasin : Silahkan sob, kunjungan balik meluncur...
    Smart : Silahkan dicoba :)
    Sigit : Terimakasih sudah mampir pada artikel membuat blog lewat hp, kunjungan balik meluncur :D

    BalasHapus
  10. Aslkm..
    Q bru bkin blog..
    Tiap buka www.mywapblog..ko langsung ada 4 fto/gmbar. Itu bwt apa ya.

    BalasHapus
  11. Mf ni jg bru bljar komen d blog org..
    Susah amt y.?
    Brkali2 coba g msuk

    BalasHapus
  12. Ini yang di cari....bermanfaat banget

    BalasHapus
  13. Udah punya mwb gan : dunia-nge.heck.in

    BalasHapus
  14. Ko ndaftarnya susah banget brow nulis emailnya gimana cih, maklum baru pemula

    BalasHapus
  15. Btw bgaimana caranya supaya blog kita bisa tampil di SEO...?
    Mklumlah msih pemula.

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.