MERUBAH WORD KE PDF, MENGGUNAKAN MS. OFFICE WORD 2007



Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara convert file merubah word ke pdf, berikut ada sedikit informasi kelebihan format PDF dibandingkan dengan Word jika digunakan di Internet. PDF atau singkatan dari Portable Document Format adalah suatu format dokumen yang dibina oleh Adobe Company.

File PDF biasanya berisi tulisan atau gambar, sama saja sebenarnya dengan Word. Namun perbedaan yang menonjol adalah file Word yang berkapasitas besar, bisa dipadatkan menjadi PDF dengan ukuran file yang relatif sangat kecil. Ukuran yang kecil ini sangat memudahkan kita untuk mendownload file dari Internet, dan juga menghemat tempat di Hard Disk kita. Selain itu, tampilan PDF sangat dinamis dan ringan. Untuk membuka file PDF kita cukup menggunakan software Adobe Reader atau Foxit PDF Reader. Beberapa alasan inilah yang mungkin membuat file PDF sangat populer di Internet, bahkan hampir semua ebook yang bertebaran di Internet menggunakan format jenis ini. Format PDF bukanlah format jenis baru, tetapi format ini sudah diperkenalkan oleh Adobe sejak tahun 90-an.

Untuk membuat file PDF tidaklah sulit, kita bisa mengetik di Ms. Word dulu kemudian di convert ke format PDF. Merubah word ke PDF, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa menggunakan software pengubah Word ke PDF atau mengubahnya secara online di Internet. Tetapi dari pada bersusah payah menggunakan dua cara tersebut, kita bisa menggunakan plugin dari Ms. Office Word 2007 yang jauh lebih mudah. Langkahnya sebagai berikut :

1. Buat sebuah dokumen menggunakan program Ms. Office Word.

2. Jika sudah selesai, selanjutnya simpan dengan urutan sebagai berikut :
FILE - SAVE AS - PDF or XML Seperti pada gambar dibawah ini :


3. Selesai. File Word sekarang sudah berbentuk PDF.

Tambahan : Jika Ms. Word yang kita gunakan masih belum ada pilihan SAVE AS PDF or XPS, Maka kita harus download Pluginnya terlebih dahulu di http://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=7 , silahkan copy paste link tersebut di browser untuk mendownload.

Demikian sedikit tips mudah merubah word ke pdf menggunakan Ms. Office Word 2007. Sebenarnya selain cara ini, masih banyak cara lain untuk mengubah file word ke file pdf seperti dengan software All Office Converter Platinum, tapi saya rasa cara diatas jauh lebih mudah karena kita langsung menginstall plugin dari Microsoft. Semoga bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : MERUBAH WORD KE PDF, MENGGUNAKAN MS. OFFICE WORD 2007

2 comments:

  1. Ini yang saya cari.. thanks 4 share

    BalasHapus
  2. makasih sharing ilmunya.. sy memerlukan program ini untuk membantu kerjaan sy.

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.