FUNGSI SAKU KECIL CELANA LEVI'S



Pernahkah Anda berfikir kenapa celana Jeans merk Levis selalu ada saku kecil dibagian atas saku kanan ? Mungkin banyak yang belum tahu tentang fungsi saku kecil celana Levis ini. Memang secara sekilas saku kecil ini tak ada fungsinya, atau hanya sekedar model tempelan saku agar terlihat stylis dan keren.

Namun, Tahukah Anda sejarah dibuatnya saku kecil pada celana Jeans merk Levis ?
Begini awalnya.. Pada awal tahun 1880 seorang yang bernama Levi Strauss mempopulerkan sebuah Celana Jeans, saat itu usianya baru sekitar dua puluh tahunan. Ia adalah seorang pedagang pakaian yang mengadu nasib di San Fransisco, AS. Walaupun pada masa itu tekstil Jeans pertama kali diproduksi di Italia, namun Jeans lebih dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss.

Pada saat itu AS sedang dilanda demam emas, Levis mencoba menjual dagangannya ke California. Akan tetapi sesampainya disana barang dagangannya habis, hanya tersisa sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Dengan pikiran kreatifnya kain ini dipotong dan dibuat menjadi beberapa buah celana yang dijual pada para pekerja tambang emas. Alhasil banyak penambang emas yang menyukai celana jeans buatan Levi Strauss karena menurutnya, celana itu tahan lama, awet, dan tak mudah koyak. Kemudian Strauss menyempurnakan celana Jeansnya dengan memesan bahan tekstil dari Genoa, Italia yang bernama 'Genes', kemudian oleh Strauss diubah menjadi 'Blue Jeans'.

Produk pertama celana Jeans Levi memang dikhususkan bagi para penambang, dengan lima saku, 2 dibelakang, dan 3 didepan dengan 1 saku kecil diatas saku kanan. Fungsi saku kecil celana levis ini sebenarnya untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Ya.. karena memang dikhususkan untuk penambang emas, jadi saku kecil bukan untuk bergaya ria seperti model-model jeans sekarang ini.

Saat itu Levi mulai melirik pabrik celana Jeans untuk lebih mengembangkan bisnisnya dengan menggaet pengusaha sukses Jacob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 akhir, kerja sama itu melahirkan pabrik jeans pertama, dengan produk desain meraka yang pertama bernama 'Levi's 501'.

Celana buatan Straus tersebut sempat dinobatkan sebagai celana resmi penambang, mereka menyebutnya dengan "Those Pants Of Levi's" atau celana si Levi. Sebutan inilah yang akhirnya menjadikan merk dagang celana Jeans Levi's.

Demikianlah artikel singkat tentang fungsi saku kecil celana Levis dan asal usulnya. Walaupun sekarang celana Jeans merk ini dibuat dengan berbagai model dan bukan hanya untuk penambang, namun saku kecil yang imut imut ini tetap ada. Tentu saja fungsinya bukan sebagai tempat untuk menyimpan butiran emas lagi. Mungkin juga bisa digunakan untuk menyimpan permen atau uang :-).



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : FUNGSI SAKU KECIL CELANA LEVI'S

5 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.