CARA MEMOTONG LAGU MP3 MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER



Memotong lagu pada file musik mp3 bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan sebuah software bawaan Windows, alat ini bernama Windows Movie Maker. Selain untuk membantu editing file video, WMM juga bisa untuk menggabungkan dan merangkai beberapa file ( musik, video, gambar ) secara bersamaan. Tentu saja alat ini juga bisa untuk memotong lagu mp3 maupun video.

Memotong lagu mp3 biasa digunakan untuk keperluan Ringtone Ponsel . Hal ini dilakukan apabila file musik yang ingin digunakan terlalu panjang atau hanya ingin mengambil sebagian dari lagu tersebut, misalnya pada bagian Reff atau Chorusnya. Daripada menggunakan software pemotong musik lainnya lebih baik kita menggunakan WMM, karena selain software bawaan Windows, pengoperasian alat ini lumayan cukup mudah. Berikut sebuah tutorial sederhana bagaimana kita dapat memotong lagu menggunakan Windows Movie Maker.

CARA MEMOTONG LAGU

1. Silahkan buka Program Windows Movie Maker. Pada tampilan awal alat ini silahkan klik pilihan AUDIO OR MUSIC pada menu IMPORT, seperti pada "kotak merah" dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar tampilan). Selanjutnya silahkan pilih FILE MUSIK MP3 yang ingin dipotong. Klik OPEN.

KLIK PADA GAMBAR, UNTUK MELIHAT GAMBAR PENUH

2. Sebagai contoh saya akan memotong lagunya Edward Maya - Stereo Love. Setelah File MP3nya muncul, maka silahkan GESER dan MASUKKAN pada kotak TIMELINE. 


3. Setelah File Musik di Drag ke kotak Timeline maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini (kotak merah). Silahkan coba klik tombol PLAY untuk mendengarkan dan melihat antara menit keberapa Musik yang ingin dipotong.


4. Langkah selanjutnya, coba perhatikan gambar dibawah ini :


Pada lingkaran merah diatas adalah panah untuk memotong lagu, letakkan kursor ditempat tersebut, kemudian geser ke kanan pada menit keberapa yang ingin dijadikan awal mp3. Misalnya ingin mengambil Reff pada menit ke 1, maka geser sampai menit ke 1.

5. Kemudian Scrool pada akhir lagu, pada akhir lagu akan ada juga panah untuk digeser (memotong). Geser ke kiri panah dua arah tersebut sampai batas Reff, misalnya pada menit ke 1.40 (kebalikan dari cara diatas). Setelah selesai maka akan seperti pada gambar dibawah ini.


6. Langkah selanjutnya silahkan GESER / PINDAHKAN semua file lagu hasil pemotongan tersebut ke MENIT AWAL pada BOX TIMELINE.


Project sudah hampir selesai, klik PUBLISH - TO THIS COMPUTER untuk menyimpan file dikomputer.
Silahkan beri nama pada file Mp3 yang telah dipotong tadi, kemudian klik NEXT, lalu klik PUBLISH dan tunggu prosesnya sampai selesai, klik FINISH untuk mengakhiri. Dan lihat hasilnya pada Windows Explorer.


Memotong  lagu mp3 menggunakan Windows Movie Maker sudah selesai, file hasil pemotongan berformat Windows Media Audio File (WMA). Jika ingin mengubah format ke dalam Mp3 gunakan saja converter seperti Total Video Converter atau Format Factory. Sebenarnya file lagu yang berbentuk wma pun bisa diputar dipemutar musik baik ponsel maupun Cd / Dvd player. Semoga bermanfaat :)

UPDATE :

Ada salah satu alternatif lagi untuk memotong lagu / musik. Yaitu dengan menggunakan aplikasi mp3 cutter, aplikasi ini merupakan aplikasi Android, jadi bagi Anda yang ingin memotong lagu dengan tujuan untuk dijadikan ringtone ponsel misalnya, maka anda bisa menggunakan aplikasi ini dan memotong lagu langsung dari smartphone. Selengkapnya baca di Cara memotong lagu mp3 di Android.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MEMOTONG LAGU MP3 MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER

27 comments:

  1. yeaahh. itu movie maker windows apa ??

    BalasHapus
  2. Windows Movie Maker tersedia untuk Windows XP, Vista, Win7, dan Win8. Kalau belum punya WMM, bisa didownload di situs resmi Microsoft

    BalasHapus
  3. terima kasih bos...sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus gan, sangat bermanfaat untuk saya.... saya tunggu nice share...

    BalasHapus
  5. Pake Nara : Sama-sama sob, senang bisa bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Zaman Syari : Makasih gan atas kunjungan dan komentarnya pada artikel Cara Memotong Lagu MP3

    BalasHapus
  7. wmm saya nge lag terus harus diapain ya ...?

    BalasHapus
  8. huuu gak dha dowhg. . mls jdi nya. . . :'(

    BalasHapus
  9. Terima kasih banyak! :D

    BalasHapus
  10. di komputer saya (win 7) adanya "windows live movie maker" tapi kok ga mau terima file mp3 ya? bisanya file wmv, avi, mpg, mp4 dll. padahal lagu yang mau saya potong adalah mp3. mohon petunjuk lebih lanjut yaa.. trimakasih.

    BalasHapus
  11. Kok enggak bisa di Putar di HP.

    BalasHapus
  12. Anonim : Saya belum pernah menggunakan Windows Live Movie Maker, mohon maaf.
    Adam : Filenya harus support HP baru bisa diputar (mp3, wav, dll)

    BalasHapus
  13. gan maaf nih sebelumnya .. ane kan udah coba pas ane mau save kok tampilan file name nya Untitled.MSWMM
    dan save as type Untitled.MSWMM .. itu gmna ??

    BalasHapus
  14. Hai Distortion Parker, Bukan di save as, tetapi langsung PUBLISH MOVIE. - TO THIS COMPUTER seperti tutor diatas.

    BalasHapus
  15. Om , wmm sama gak kalo sama windows dvd maker? Soalnya di laptop sya blm ada.. Pdahal pngin mtong lagu :'( infonya om.. Mksh

    BalasHapus
  16. Kholiz izah : Windows DVD maker digunakan untuk membuat DVD film yang biasanya di edit dulu dengan Windows Movie Maker, jadi sudah jelas kedua software tersebut fungsinya berbeda. Jika ingin potong lagu gunakan WMM, Anda bisa download disitus resminya windows.microsoft.com, banyak juga situs / blog lain yang share software ini.

    BalasHapus
  17. thank mas, informasinya, edit lagunya bermanfaat

    BalasHapus
  18. kak, tolong sertakan link download dong, saya download 2 wmm, gak bisa untuk motong .mp3 semua..

    BalasHapus
  19. itu nanti formatnya jadi wav ?

    BalasHapus
  20. Ovimillia : Jika kesulitan, mungkin bisa minta ke teman / kerabat yang punya wmm :)
    Thomi : Nanti jadi wma, jika ingin dformat mp3 bisa menggunakan format factory atau total video converter

    BalasHapus
  21. Kok gmbrny gk muncul ??

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.