EDIT HTML PADA TAMPILAN BLOGGER BARU 2013



Tampilan blogger baru yang diupdate oleh pihak blogger pada bulan April 2013 memang sedikit agak menyulitkan bagi para blogger pemula yang masih baru memulai belajar ngeblog atau tahap belajar edit html. Permasalahan utama yang sering dialami adalah tidak adanya tombol checklist pada Expand Template Widget. Sementara pada blog lain yang membahas tutorial blogger terdahulu kebanyakan menggunakan Expand Widget untuk menyisipkan suatu kode kode, baik kode widget, iklan, kode untuk edit template, dll.

Menu edit HTML pada tampilan template blogger baru sebenarnya lebih tertata rapi dari pada tampilan yang lama jika kita lihat dengan seksama, karena tampilannya teratur dan kita dapat meloncat ke widget tertentu pada menu yang telah disediakan ( Lompat ke Widget ). Untuk kode kode yang tersembunyi pada Expand Widget dahulunya, kini telah di tampilkan pada tombol "►" yang telah dipadatkan ke kode html utama seperti pada gambar dibawah ini.


Pada tampilan blogger baru, banyak yang mencari kode kode seperti ]]></b:skin>, <data:post.body/>, dll yang biasa digunakan untuk memasang bermacam macam widget, seperti facebook like, permalink, ataupun ads. Berikut beberapa letak kode kode penting pada template ( edit HTML ).

LETAK KODE ]]></b:skin> PADA BLOGGER TERBARU

Kode ]]></b:skin> pada tampilan template blogger terbaru terletak diantara kode <b:skin>...</b:skin> pada nomor 27 (kadang-kadang berbeda antara satu template dengan template yang lain letak kode skin nya, tapi mungkin kode ini berada pada baris 20an).


Coba kita klik pada tombol "►", maka akan muncul kode kode diantara <b:skin> dan </b:skin>. Silahkan scrool kebawah maka kita akan menemukan kode ]]></b:skin> (seperti pada gambar dibawah ini).


Seperti pada gambar diatas, kode ]]></b:skin> terletak pada nomor 200.

LETAK KODE <data:post.body/> PADA BLOGGER TERBARU

Contoh selanjutnya kita akan mencari kode <data:post.body/>. Sama halnya dengan kode diatas, kode ini juga tersembunyi diantara kode <b:widget id='blog' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'>...</b:widget> (berada pada baris antara nomor 900 - 1000)



Coba kita klik tombol "►" maka, akan muncul lagi kode kode dengan tombol "►" lain. Nah, <data:post.body/> berada diantara kode ► <b:includable id='post' var='post'> seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan klik dan scrool kebawah, maka akan terlihat kodenya.



Kode sudah terlihat seperti gambar dibawah ini :


Demikianlah informasi singkat tentang Edit HTML Pada Tampilan Blogger Baru 2013. Kode kode lain bisa kita cari sendiri, karena kode kode pada tampilan blogger lama itu sama dengan yang baru, hanya saja tampilannya yang berbeda. Semoga membantu.

[UPDATE]

CARA MUDAH MENCARI KODE HTML TERTENTU PADA TEMPLATE BLOG


Ada banyak sekali template blog yang bisa diambil secara gratis di internet, tetapi kadang kadang kita menemukan template yang bagus namun layoutnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, misalnya tidak ada readmore, menu yang sedikit, sidebar yang terlalu besar, lebar template yang terlalu minim, ataupun warna templatenya tidak sesuai / kurang serasi. Untuk mengatasi hal ini tentunya kita harus mengedit sendiri template blog melalui menu HTML template blogger.

Seperti contoh ingin memasang readmore, kode iklan, permalink dalam posting blog maka kita mencari kode <data:post.body/>, ingin melebarkan template blog maka harus merubah kode pada #header-wrapper {, dan lain lain. Dan untuk mencari kode kode tersebut, cukup menekan tombol CONTROL + F bersamaan pada keyboard. Agar lebih jelas berikut screenshotnya :



Sebagai contoh untuk menemukan kode data:post.body maka tuliskan / copy kode tersebut kedalam Search Box, lalu tekan ENTER, maka kode bisa langsung ditemukan.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : EDIT HTML PADA TAMPILAN BLOGGER BARU 2013

12 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.