SOLUSI BLACKBERRY MASUK AIR TERBUKTI BERHASIL

Advertisement

Blackberry masuk air menjadi hal menakutkan bagi sebagian pengguna smartphone Blackberry, termasuk saya salah satunya. Sedikit berbagi pengalaman kepada para pengguna Blackberry lain jika Blackberry terendam air. Saya pernah mengalami dua kali hal yang demikian. Pertama, waktu itu bb saya jatuh ke air saat berlibur ke pantai, ini terjadi di kamar mandi umum (air tawar), mungkin saat itu saya sedang terkena sindrom Nomophobia, jadi kemana-mana selalu bawa ponsel :). BB saya saat itu rusak total setelah 2 kali gagal servis gara-gara air dan ketidak tahuan saya langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Terpaksa saya beli lagi karena saat itu masih demam BB.

Yang kedua ini baru terjadi kurang lebih sebulan lalu, lagi lagi Blackberry masuk air karena kelalaian saya sendiri. Tapi peristiwa yang kedua ini tidak membuat bb saya rusak, walaupun saat itu saya berfikiran nasib bb saya akan sama dengan nasib bb pertama. Setelah saya tahu dari teman dan dari sumber-sumber lainnya ternyata kerusakan yang terjadi saat Blackberry jatuh ke dalam air adalah bb buru-buru dinyalakan sebelum komponen di dalamnya betul-betul kering. BB memang sangat sensitif dengan hal hal demikian, sedikit kita salah langkah maka jangan harap BB kita kembali normal :).

CARA MENGATASI BLACKBERRY / BB YANG MASUK AIR


  • Saat BB jatuh kedalam air dan dalam keadaan mati ataupun hidup, cepat-cepat angkat, kemudian matikan dan cabut baterai, casing, MMC, serta kartunya.
  • Keluarkan air yang masuk pada BB dengan cara dikibas-kibaskan terlebih dahulu, ini untuk menghilangkan air yang mungkin masih ada didalam ponsel.
  • Kemudian keringkan dengan Hair Dryer, atau lebih baik jemur saja dibawah terik matahari sampai benar-benar kering dan BB hangat.
  • Setelah BB BENAR BENAR KERING, silahkan pasang kembali baterai, casing, mmc, serta kartunya. Kemudian BB akan restart dan akan bisa kembali normal.
  • Intinya, jangan coba coba menghidupkan BB yang masih dalam keadaan agak basah / masih dingin kalau tidak ingin BB Anda rusak.

Cara ini sudah saya coba dan terbukti berhasil, hingga saat ini BB saya masih normal seperti sedia kala. Solusi ini bertujuan agar bisa membantu pembaca yang mungkin belum tau untuk menanggulangi Blackberry yang masuk air, hal ini juga bertujuan meminimalkan terjadinya kerusakan Ponsel ponsel dan gadget lain yang mengalami hal serupa. Semoga bermanfaat.

Lihat juga : Mengatasi Android masuk / terendam air.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+
Tags :

Artikel Terkait : SOLUSI BLACKBERRY MASUK AIR TERBUKTI BERHASIL

24 comments:

  1. Thanks infonya sangat membantu sekali, soalnya saya pernah mengalami hal itu dan saya coba dengan trik sma seperti diatas ternyata berhasil

    BalasHapus
  2. Pengalaman pribadi sob BB masuk air :D

    BalasHapus
  3. bagaimana kalau kita fikir sudah kering dan dinyalakan kedip-kedip kemudian akhirnya mati....itu gimana yah ???

    BalasHapus
  4. Pastikan benar2 kering atau diamkan 1 x 24 jam. sudah terbukti bb normal kembali

    BalasHapus
  5. Tadi siang bb gw nyemplung ke kolam renang dlm keadaan panik gw langsung buru2 cek bb gw dan ternyata gw salah. Pas ude dirumah baru gw jemur bntar n gw pkein hair dryer. Normal lg sih, cuma layarya jd ada garis2 putihnya gan. Solusinya??

    BalasHapus
  6. Pastikan benar2 kering, jangan buru2 dipasang nanti malah rusak kalau komponen di dalamnya masih agak basah

    BalasHapus
  7. kalok bb nya udah 2 hari setlah masuk air mash aja ga mau idup itu apa nya sob...

    BalasHapus
  8. Sebelumnya pastikan dulu benar2 kering, kl sudah 2 hari belum bisa juga coba diperiksakan ke teknisi bb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huruf p saya tidak berfungsi ituu gmna gan...

      Hapus
  9. Gan.. bb saya juga nyemplung ke air nii.. n udah hidup si.. tapi masalah nyaa.. huruf P nya gag bisa ditekan.. nekan huruf P jadi DELET.. jadi tombol P n DEL fungsi nya sama" untuk delet...
    N hp saya ini pakai kode keamanan nyaa. Kode keamanan saya pakai huruf P lgii.. jadi smpai skrng gag bisa di buka Hp kuncinya..
    Solusinya dong gan...

    BalasHapus
  10. Bb saya baru aja kena air bukan terendam. Dan tiba2 layar mati total. Saya ikuti buka sim card, baterai, memory card. Kira2 bisa hidup kembali? Mohon saran ya. Thank you guys

    BalasHapus
  11. Ari Yanto : Berarti keypadnya yg bermasalah mas, coba periksakan ke teknisi BB / yang bisa memperbaiki BB agar keypadnya diperbaiki...
    Hannaniel Sitompul : Kemungkinan besar, air masuk ke LCD, coba dijemur atau pakai Hairdryer. Pastikan benar2 kering sebelum memasangnya kembali.

    BalasHapus
  12. gann bb saya berhasil hidup ... tapii kok initializing card nya lama yaa ... solusinya ?

    BalasHapus
  13. kalo masih setengah basah aku hidupin, tp LCD nya gak bisa nyala. itu gimana ya ?? mohon sarannya.. (makasih)

    BalasHapus
  14. Anonim : mungkin yang dimaksud Restartnya, jika restart lama kemungkinan OSnya sudah waktunya Upgrade ulang.
    Lailatus sadiah : Ya itu tadi, keringkan sampai benar benar kering sebelum dinyalakan :-)

    BalasHapus
  15. Gan, numpang nnya.. Hp sya kmrn jatuh di bak mndi pas sya mndi.. Trs sya cpt2 tiup tuh bb ke lubanng2 BB nya.. Trs sya cpt2 idupin lg.. Ehh tuh BB malah layarnya jd putih smwa gan.. Nah, mnta solusinya dong gan klu ud bgtu??

    BalasHapus
  16. cara no 3 itu gak boleh gan, malah ngerusak LCD Gan Jadinya...

    BalasHapus
  17. Anonim : Kemungkinan kena air didalamnya..
    Pulau : Ya lebih baik dijemur dalam keadaan terbalik (LCD dibawah)

    BalasHapus
  18. gan bb saya masuk air terus saya jemur udah kering terus saya pasang dan ternyata udah bisa nyala tapi beberapa mati kemudian mati dan kalau saya pasang ulang batrenya cuma kelap kelip merah doang, tapi layarnya ga nyala. itu kenapa ya? minta solusinya dong, makasih:)

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah gan berhasil makasih gan :D

    BalasHapus
  20. Kalau Yang Sudah Terlanjur Gimana Nih.,??
    Keypad nya Sih Masih Hidup Tapi Layar nya Mati. (Mohon Info nya Gan.,..!!)

    BalasHapus
  21. biasa bae mas

    BalasHapus
  22. kak klo bbnya mw idup tpi layarnya ttep putih itu gmn ya? mslahnya ini bru abs jtuh kna cipratan air ... tolong solusu ya kak,, mkasiii

    BalasHapus
  23. Gan mau tanya,bb saya idup tapi tombol kuncinya ga berfungsi,sama tombol toch padnya mohon pencerahannya gan

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.