CARA DAFTAR INTERNET BANKING BRI & CONTOH CARA TRANSFER UANG

Advertisement

Cara daftar internet banking BRI cukup mudah untuk dilakukan bagi Anda nasabah bank BRI yang ingin menggunakan fasilitas Internet Banking BRI untuk transaksi perbankan. Perdaftaran Internet Banking ini bisa melalui ATM BRI terdekat, ataupun langsung melalui bank BRI. Bank BRI merupakan Bank milik Pemerintah yang pertama berdiri di Indonesia (Purwokerto, Jawa Tengah) yakni pada 16 Desember 1895. Pada awal berdiri Bank BRI masih bernama "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto" (De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden ). Dan saat ini Bank BRI menjadi salah satu bank yang terbesar di Indonesia.

Dari waktu ke waktu Bank BRI selalu melakukan inovasi untuk memudahkan para nasabahnya dalam hal perbankan. Fasilitas yang disediakan pun sangat bermanfaat. Salah satunya adalah Internet Banking yang beralamat di situs resmi BRI https://www.ib.bri.co.id . Dizaman yang serba modern ini, tentunya semakin banyak keuntungan Internet Banking yang didapatkan oleh nasabah Bank BRI. Fasilitas Internet Banking BRI bisa digunakan oleh nasabah BRI, baik Britama maupun Simpedes. Berikut ini adalah tips bagaimana cara daftar Internet Banking BRI.

MENDAFTAR INTERNET BANKING MELALUI ATM BRI


Untuk melakukan registrasi IB BRI, cukup datangi ATM BRI terdekat. Masukkan Kartu ATM BRI dan masukkan PIN Anda., kemudian ikuti langkah langkah berikut ini :
  1. Pilih MENU LAINNYA
  2. Kemudian pilih REGISTRASI
  3. Lalu pilih INTERNET BANKING
  4. Pada langkah selanjutnya Anda akan dimintan memasukkan 6 digit PIN / Password baru. Anda bisa memasukaan PIN yang sama ataupun berbeda dengan PIN Kartu ATM anda.
  5. Lalu Anda akan diminta memasukkan PIN yang sama sekali lagi.
  6. Bila sukses, lalu akan muncul USER ID anda di layar, kemudian struk akan tercetak. Simpan struk tersebut. USER ID & PIN / Password baru ini nanti yang akan digunakan untuk LOG IN di Website Bank BRI untuk keperluan Transaksi Perbankan Online (Internet Banking).

MENGAKTIFKAN INTERNET BANKING BRI

1. Silahkan kunjungi situs www.ib.bri.co.id, klik LOGIN.


2. Kemudian masukkan USER ID & PASSWORD (6 Digit) yang Anda buat saat registrasi tadi. Masukkan juga kode angka validasi yang tertera dalam kotak LOGIN.

3. Klik ENTER.
4. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman persetujuan, Anda bisa baca ketentuan dari pihak Bank BRI >> KLIK SETUJU.
5. Kemudian anda akan disuruh mengganti PASSWORD 6 DIGIT tadi menjadi 8 DIGIT, Buat Password Baru dengan kombinasi Angka dan Huruf. Password ini nanti akan digunakan terus saat akses Internet banking.
6. Jika diminta, masukkan juga alamat Email anda. Nantinya segala laporan akan dikirimkan ke email.
7. Setelah sukses, maka akan ada pemberitahuan dan nama anda muncul di screen.
8. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan layanan Internet Banking untuk aktifitas perbankan Anda, namun ini terbatas hanya untuk transaksi non finansial seperti cek saldo.

Untuk bisa melakukan transaksi finansial (Transfer, Pembelian pulsa, Pembayaran tagihan bulanan, dll) Anda harus mendaftarkan nomor ponsel Anda sebagai mToken. mToken ini berfungsi sebagai proteksi (kode angka dari Bank BRI yang akan dikirimkan melalui SMS) tambahan saat anda melakukan transfer finansial. Contoh penggunaan mToken bisa dilihat dibawah nanti. Pertama-tama anda harus mendaftarkan no ponsel anda sebagai mToken :
  • Kunjungi cabang Bank BRI terdekat, daftarkan nomor ponsel Anda kepada cust.service.
  • Setelah nomor ponsel terdaftar, anda bisa Request mToken pada saat anda Login ke Internet Banking BRI (www.ib.bri.co.id)
  • mToken akan dikirimkan ke ponsel (SMS) anda.

CARA TRANSFER UANG LEWAT INTERNET BANKING BRI

Berikut ini adalah contoh cara mengirim uang ke rekening tujuan melalui internet banking BRI (menggunakan mToken) :

1. Kunjungi www.ib.bri.co.id >> Masukkan USER ID, Password & Angka Validasi >> klik ENTER
2. Pilih menu TRANSFER.
3. Pada bilah menu sebelah kiri Anda bisa memilih TRANSFER DALAM BANK atau TRANSFER KE BANK LAIN. Ini tergantung dari nomor rekening tujuan Anda, jika sesama Bank BRI maka pilih TRANSFER DALAM BANK.
4. Pilih REKENING PIHAK KETIGA LAINNYA DI BANK BRI.
5. Kemudian isikan nomor REKENING TUJUAN >> BERI TANDA CHECKLIST & NAMA untuk menyimpan ke daftar rekening Anda.
6. Tuliskan NOMINAL UANG yang ingin Anda transfer tanpa menggunakan titik & koma.


7. Klik KIRIM, maka Anda akan dialihkan ke halaman KONFIRMASI DATA TRANSFER seperti gambar dibawah ini :


8. Klik PERMINTAAN mTOKEN >> cek SMS pada PONSEL anda >> Masukkan kode angka mTOKEN kedalam kotak mTOKEN seperti gambar diatas.

9. Masukkan lagi PASSWORD ANDA >> Terakhir klik KIRIM.

10. Jika sukses maka akan terlihat laporan TRANSAKSI ANDA TELAH DITERIMA, seperti pada gambar dibawah ini.


Demikianlah tips cara daftar Internet Banking BRI beserta contoh bagaimana cara melakukan transfer finansial. Dengan internet banking, transaksi perbankan akan terasa lebih mudah dan nyaman. Selain transfer uang, tentu saja Anda bisa melakukan transaksi lain seperti pembayaran tagihan bulanan, pajak, dll. Semoga tips ini bermanfaat.

UPDATE : Cara Transfer Uang di Internet Banking BRI Terbaru.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA DAFTAR INTERNET BANKING BRI & CONTOH CARA TRANSFER UANG

55 comments:

  1. terimakasih sebelumnya unutk artikel ini,tapi pada poin untuk mtoken apakah saya datangi ke tempat cabang pertama buka rekening,karena kan BRI ini mau buka tabungan aja kan dimana alamat kita tertera tidak bisa diluar kecamatan dari kita tinggal.contah kita datangi BRI A padahal kita buka tabungannya di BRI B.

    BalasHapus
  2. Guntur Perdana : aktivasi mToken bisa dilakukan dengan cara registrasi nomor ponsel di seluruh kantor cabang Bank BRI di seluruh Indonesia asalkan sudah memiliki rekening / tabungan di bank tsb, jadi tidak perlu mendatangi BRI tempat pertama buka rekening.

    BalasHapus
  3. sebagai info aja....Software Perbankan Bank Rakyat Indonesia itu Kami yang buat.....thanks perhatiannya thd internet banking BRI.

    kunjungi blog saya herryhermawanmetalogicinformatika.blogspot.com dengan artikel Software Perbankan *Proswitching Internet Banking-Cash Management System*

    Salam Sukses Buat Tim BRI seluruh Indonesia....terima kasih sudah menggunakan software kami.

    BalasHapus
  4. Herry Hermawan : Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar, Internet Banking BRI memang sangat memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan di era Internet seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya ni pak,kalau mau buat internet banking itu pakai kartu exiz tu gak bisa ya ?

    BalasHapus
  6. Stevani Lee : Bisa, Kartu apapun tidak jadi masalah untuk mengakses Internet Banking BRI asalkan terdaftar pada paket data Internet untuk bisa mengakses internet. Jika ingin menggunakan SMS Banking, kartu Anda harus didaftarkan dahulu di cabang bank BRI terdekat. Semoga membantu :-)

    BalasHapus
  7. Bisa ga registrasi userID ib bri secara online [d̲̅i̲̅] internet bri

    BalasHapus
  8. Sabam : Tidak bisa secara langsung registrasi melalui situs Bank BRI (ib.bri.co.id), tetapi harus membuat user id melalui atm bank BRI terdekat, setelah itu aktivasi mToken di kantor cabang BRI terdekat. Setelah mendapatkan userID dan aktivasi mToken baru bisa melakukan transaksi keuangan / Internet Banking di Internet.

    BalasHapus
  9. Kalau memiliki tabungan simpedes untuk pembayaran pensiunan yang tidak memiliki kartu atm/debit bisa gak bikin bri e-banking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa baik simpedes maupun britama, asalkan ada kartu atmnya. Karena kartu atm tersebut digunakan saat registrasi, jika belum ada kartu, bisa diurus dulu di cabang Bank terdekat

      Hapus
  10. Terima Kasih mas Infonya sangat bermanfaat, Kunjung balik http://ikhsanefendy-31.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. mendapatkan mToken itu bayar atau gratis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk BRI gratis, karena menggunakan ponsel sebagai medianya. Jika melakukan transaksi finansial server BRI akan mengirimkan beberapa kode kenomor telepon (sms) nasabah, kode tersebut nanti digunakan saat transaksi.

      Hapus
  12. apakah kalau sudah daftar mToken masih perlu daftar untuk mendapatkan User&ID juga? keduanya terpisah atau satu paket? termikasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mToken digunakan untuk transaksi finansial Internet Banking BRI di www.ib.bri.co.id, sedangkan UserID digunakan untuk masuk / login kedalam situs IB BRI tersebut. Seperti pada pembahasan diatas, User id bisa didapatkan dengan mengdaftar di ATM BRI terdekat atau bisa juga daftar langsung ke kantor cabang BRI setempat, sdangkan untuk mtoken harus datang langsung ke kantor BRI dan meminta pengaktifan mToken kepada CS Bank untuk tujuan Internet Banking.

      Hapus
  13. kalau langganan internet banking itu berbayar gk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internet Banking hanya bisa dijalankan pada perangkat yang terhubung dengan internet, dan itu gratis

      Hapus
    2. Nomer yg didftrarkan sama yg buat internet hrs sama ga

      Hapus
  14. Wah luar biasa infonya .hehe
    knalpotsyn.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Apakah aktivitas transfer pada IB BRI dikenakan biaya? jika iya, apakah sama biayanya dengan kita melakukan transfer via ATM ?

    BalasHapus
  16. Apakah aktivitas transfer dengan IB BRI ke sesama bank BRI dikenakan biaya? bagaimana kalo ke rek bank lain? berapa biayanya untuk setiap kali transaksi?apakah sama biayanya sebagaimana menggunakan ATM?
    terima kasih.

    BalasHapus
  17. saya masuk ke BRI Palangka Raya cabang flamboyan, ingin melakukan registrasi M Token, saya udah daftarkan nomor HP saya ke CS disana, tapi kenapa sampai sekarang gak bisa registrasi M token lewat BRI Co.id Internet banking? dan ada tulisan Transaksi tidak dapat dilanjutkan dikarenakan anda belum terdaftar dalam layanan mTOKEN. Silakan registrasi mTOKEN di Cabang BRI terdekat & aktivasi mTOKEN melalui menu [mTOKEN], [Aktivasi mTOKEN].
    Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Call Center BRI di 14017, 62-21-500017 atau 62-21-57987400 dengan menyebutkan kode kesalahan yang tertulis pada sebelah atas layar pesan kesalahan.
    Bagaimana saya bisa mencari solusi?? agar bisa transaksi lewat internet BRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan konsultasikan kepada CS Bank BRI terdekat. Aktivasi MToken harus dilakukan oleh pihak Bank oleh sebab itu sebaiknya anda langsung datang ke Bank BRI, dan meminta petunjuk cara menggunakan Internet Banking BRI jika dirasa kurang faham dengan artikel ini :)

      Hapus
    2. Daftarkan no hp untuk dapat notifikasi SMS

      Hapus
  18. tanya dong bos.sy agus dr purblingga.cra melihat tabungn smpdes scra online ci gmn.klo ad user id itu user dr mna?trimksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. User ID bisa didapatkan secara gratis jika sudah mendaftar layanan internet banking melalui ATM BRI. seperti yang sudah dibahas pada artikel diatas :)

      Hapus
  19. Maaf pak mau tanya ini ane sudah daftar i banking lewat atm
    Ane udah daftarin no hp di cabang dan bisa gunain sms banking ama m banking
    Terus ane coba registrasi m token malah gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktivasi mToken hanya bisa diaktifkan oleh pihak Bank :) Anda harus meminta layanan aktivasi mToken ke CS Bank BRI (hanya sekali, dan bisa digunakan seterusnya)

      Hapus
  20. apakah internet banking BRI bisa di pakai untu belanja online di situs yg hanya melayani pembayaran via VISA atau MASTERCARD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dilihat apakah situs tersebut menerima pembayaran dg metode Transfer Bank, karena pada umumnya situs situs online metode pembayaran menggunakan Credit Card dari Visa / Mastercard.

      Hapus
    2. Apakah bisa kl buat ibank bri langsung k kantor cabangnya? (Tanpa melalui atm)

      Hapus
    3. Bisa, malah kita akan mendapatkan penjelasan langsung dari CS Bank dalam menggunakan IB.

      Hapus
  21. Kalo bikin deposito online di internet banking bri bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk deposito di Internet Banking BRI saya kurang begitu faham. Silahkan ditanyakan langsung saja ke CS Bank BRI terdekat :)

      Hapus
  22. mohom penjelasannya,tadi malam saya ke ATM untuk melakukan registrasi internet banking,lalu disuruh masukin 6 digit ping setelah saya masukin kenapa ATM saya tertelang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan tidak lupa dengan PIN ATM Anda sendiri. Salah satu penyebab dan paling sering menjadi penyebab ATM tertelan ialah terlalu lama membiarkan ATM didalam mesin / terlalu lama mengambil kartu ATM setelah selesai digunakan. Jika ATM tertelan segera laporkan ke Pihak Bank agar segera ditangani.

      Hapus
  23. Apakah kalo gak punya atm tapi punya tabungan bisa daftar internet banking di kantor cabang bri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus memiliki kartu ATM untuk bisa menggunakan layanan Internet Banking BRI :)

      Hapus
  24. IB BRI-E BRI-mobile BRI ... Mna yg lebih praktis dan tanpa memotong pulsa.. ; untuk chek saldo, transfer ...

    BalasHapus
  25. apakah mToken itu hanya bisa dipakai sekali transaksi atau bs beberapa kali? terimakasih

    BalasHapus
  26. kenapa sms aktivasi saya ngga masuk ya mas ke handphone saya padahal sudah nomor yang sama.....

    BalasHapus
  27. Pak, kalau mengaktifkan layanan internet banking bri itu ada tambahan biaya administrasi bulanan atau tidak?

    BalasHapus
  28. apakah satu account internet banking bri bisa dipakai 2 rekening dan bagaimana caranya? trims

    BalasHapus
  29. Kereeeen.. Suka banget dengan informasi bank bri dari sobat..
    Thanks ya ..

    BalasHapus
  30. Mau tanya,! apakah wajib pin atm diganti setiap 90hari/3bln ?

    BalasHapus
  31. User id sama pin nya utk login knpa sllu eror pdahal saat registrasi di atm pke pin yg itu

    BalasHapus
  32. Sy udah daftar akun ib lwt atm bsok nya sy daftarin no hp di cs buat bisa trf trus sore nya sy login trus nyobain trf ke bca 500k ternyata dipotong ya kalau ke bank lain

    BalasHapus
  33. Mau nanya, kalau dari luar negara kartu/ sim cardnya boleh digunakan untuk internet banking nggak ?

    BalasHapus
  34. Thn lalu saya sdh registrasi lwt atm trus ke cabng bri untuk aktivasi internet bangking dan sudah d proses disana tapi saat saya coba d buka lwt app d hp saya tidk bisa, krn tidak bisa terus lwt hp makanya saya engggk pernh buka2 lg user id nya, dan kmrn saya cba login enggk bisa, kira-kira bisa diurus ulang enggk ya? Atau bisa enggk regist lagi di atm

    BalasHapus
  35. Jika kita tinggal di luar negeri apakah kita bisa mendapatkan mtoken..sedangkan waktu pendaftaran di bank kita mengunakan no telp indonesia...terimakasih atas penjelasan nya

    BalasHapus
  36. caranya nambahin berita transfer/ memo tu gimana

    BalasHapus
  37. Terima kasih pak, sangat bermanfaat sekali. Langsung coba ke ATM Terdekat ah, mau daftar User ID nya :D

    BalasHapus
  38. Seandainya saya melakukan transfer melalui internet apakah naanti ada notifikasinya pak,mohon penjelasannya

    BalasHapus
  39. Cara mengganti buku tabungan yv sudah penuh gimana yah ?

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.