APA ITU PATH ? DAN BAGAIMANA CARA DAFTAR PATH ?



Apa itu Path ? Path adalah salah satu aplikasi jejaring sosial yang cukup populer saat ini, walaupun sudah berdiri sejak tahun 2010. Aplikasi Path biasa digunakan untuk berbagi foto atau gambar, seperti apa aplikasi jejaring sosial lain, fitur chat / pesan memang menjadi fitur utama. Path ini pertama kali muncul pada iTunes (aplikasi iPhone), kemudian pihak Path meluncurkan aplikasinya pada Google Play untuk operating system smartphone Android. Aplikasi ini berkantor pusat di California, USA yang dicetuskan oleh Shawn Fanning dan salah satu mantan karyawan eksekutif dari Facebook (Dave Morrin), serta Dustin Mireau.

Aplikasi path mempunyai beberapa persamaan dengan aplikasi Instagram, yang memang menjadi rivalnya dalam hal aplikasi jejaring sosial lintas platform yang mengedepankan berbagi gambar dan foto. Yang membedakan ialah, dalam aplikasi Path pengguna hanya bisa berinteraksi dengan 150 kontak pengguna path lain saja, ini bertujuan untuk melindungi privasi pengguna dari orang orang yang tidak dikenal. Ini seperti yang diungkapkan oleh salah satu CEO Path bahwa visi "Path merupakan jejaring sosial berkualitas tinggi yang menjadikan penggunanya nyaman". Situs resmi path beralamat di www.path.com

FITUR FITUR APLIKASI PATH


Beberapa fitur Path yang menjadi kelebihan path jika dibandingkan dengan aplikasi jejaring sosial sejenis, antara lain :
  • UPLOAD FOTO & VIDEO : Ini yang menjadi fitur unggulan Path, dengan fitur ini pengguna Path bisa mengunggah foto / gambar dan juga video. Juga tersedia photo editor Path yang memungkinkan bagi pengguna untuk edit foto terlebih dahulu sebelum diupload. Foto dan video yang ingin diunggah bisa diambil pada kartu memory telpon, bisa juga dengan mengambil foto baru ataupun merekam video baru kemudian diuggah ke path.
  • UPDATE STATUS : Pengguna Path bisa menulis status dengan teks dan emotikon secara bersamaan.
  • MENGUNGGAH LOKASI : Pengguna juga bisa mengunggah lokasi dimana ia berada, pengambilan lokasi dilakukan dengan GPS.
  • AKTIFITAS (FILM, BUKU, MUSIK) : Pengguna bisa berbagi tentang buku yang dibaca, musik yang didengarkan, atau film yang ditonton kepada pengguna lainnya. Data data film, buku dan musik bisa dilihat pada arsip Path tersendiri.
  • EMOTIKON : Emotikon pada Path lebih bervariasi dan unik, seperti emotikon tertawa, terkejut, suka, berkerut, dan lain sebagainya.
  • SHOP : Fitur shop menyedian berbagai produk berbayar, seperti stiker premium, saringan foto dan video.
  • KETERSEDIAAN : (a) Fitur "Tidur" mengisyaratkan pengguna sedang tidur. Pada saat mode ini diaktifkan, kita tidak bisa membuka Path sebelum tombol wakeup/ bangun ditekan. Sementara pengguna lain akan melihat status "tidur". (b) Fitur "Terlihat" : Untuk mengetahui berapa kali momen yang diunggah dilihat oleh pengguna lain.
  • KOMENTAR : Pengguna bisa berkomentar pada status, musik, video, ataupun foto yang diupload pengguna lain.
  • PROFIL : Fitur profil pada path memungkinkan pengguna bisa merubah foto profil dan juga foto background. Selain itu user juga bisa menghubungkan momen yang diuplaod dengan jejaring sosial Facebook, Twitter, Tumblr dan Foursquare.

CARA REGISTRASI / DAFTAR PATH


Syarat utama untuk bisa menggunakan aplikasi Path, kita harus menggunakan ponsel bersistem operasi iOS (iPhone) dan Android, karena aplikasi ini telah tersedia gratis pada App Store dan Google Play. Pastikan juga kita telah berlangganan paket data Internet dari Operator seluler yang telah digunakan.

CARA DAFTAR PATH UNTUK IPHONE / IPAD / IPOD TOUCH


1. Download aplikasi Path pada APP Store (iTunes), kemudian Install
2. Buka aplikasi Path yang sudah terinstal pada Smartphone Anda.
3. Klik REGISTER jika belum pernah menggunakan PATH sebelumnya

4. Isikan data data yang diperlukan seperti alamat email, pasword, nama depan, nama belakang, phone number, jenis kelamin dan tanggal lahir.
5. Pilih done, jika sudah selesai. Anda bisa memulai mengubah sesuaikan profil, privasi, menambahkan teman, dan lain sebagainya.

CARA DAFTAR PATH DI ANDROID


1. Download aplikasi Path pada Google Play, kemudian Instal
2. Buka aplikasi tersebut dan pilih menu REGISTER

3. Isi data yang diperlukan, kemudian upload foto untuk digunakan profil kemudian pilih NEXT

4. Tekan OK jika ada pemberitahuan tentang email yang tadi anda masukkan.

5. Selanjutnya anda bisa sunting profil, mengubah pengaturan, menambah teman dan Path sudah siap untuk digunakan.

CARA DAFTAR AKUN PATH MELALUI KOMPUTER (PC) / LAPTOP


Anda juga bisa membuat akun Path langsung melalui situs resmi Path www.path.com, caranya sebagai berikut :

1. Buka situs resmi Path di www.path.com/signup
2. Isi nama anda, email, serta password, lalu klik Get Started.
3. Anda sudah terdaftar di Path, klik Setting (lihat gambar dibawah) untuk memperbaharui profil.

4. Isikan juga jenis kelamin, tanggal lahir, password (apabila ingin mengubah password). Klik UPDATE SETTINGS jika sudah selesai.

Langkah selanjutnya ialah download Path APP pada Google Play atau App Store tergantung dari smartphone yang kita gunakan. Kemudian LOG IN pada aplikasi Path di ponsel, karena kita sudah mempunyai akun Path dengan mendaftar secara langsung melalui situs resmi Path.

Semoga artikel sederhana tentang apa itu path dan bagaimana cara daftar path ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang ingin menggunakan aplikasi jejaring sosial ini. Path juga juga sudah mendukung lebih dari 20 bahasa di dunia seperti bahasa Arab, Perancis, Italia, Inggris, Korea, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain lain, termasuk juga Bahasa Indonesia. (Image credits : wikihow, path.com)



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : APA ITU PATH ? DAN BAGAIMANA CARA DAFTAR PATH ?

5 comments:

  1. kayaknya path bisa jadi saingan fb atau twitter gan soalnya di indo sdah banyak penggunanya termasuk saya....agan kira2 gimana ya...hehe

    BalasHapus
  2. Betul gan, tapi sayangnya path ini berupa aplikasi smartphone yang hanya bisa digunakan oleh pengguna android & iphone. Pengguna path juga sudah banyak di indonesia, termasuk agan sendiri :-)

    BalasHapus
  3. jadi pengen punya akun path nih....

    BalasHapus
  4. ada yang tau cara menganalisa pada media sosial path? seperti layaknya twitter, facebook yang ada fasilitas sendiri untuk melihat berapa banyak kita posting, berapa banyak yang like, berapa banyak yang melihat postingan kita dll? mohon petunjuknya gan..

    BalasHapus
  5. ga ngerti cara pakainya,

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.