CARA MENAMBAH FONT DI MICROSOFT WORD, PHOTOSHOP, PAINT, COREL DRAW, DLL



Cara menambah font ke dalam daftar pilihan font pada Microsoft Word, Excel, Adobe Photoshop, Paint, Corel Draw, Microsoft Publisher, dll bisa dilakukan dengan cara download font yang ada di Internet kemudian menginstalnya pada komputer / laptop. Jika di Instal di komputer nantinya font font tersebut secara otomatis akan muncul pada program program komputer yang bekerja sebagai pengolah kata (terdapat opsi pilihan font) seperti Microsoft Office, Paint, Photoshop dan sejenisnya.

Untuk menambahkan font ke komputer, kita harus mempunyai data font yang berformat TTF (True Type Font File), font file tersebut saat ini sudah banyak di Internet. Salah satu penyedia font adalah situs Cooltext. Selain untuk membuat tulisan online, Cooltext juga menyediakan banyak font untuk didownload. Koleksi font pada Cooltext jumlahnya sangat banyak, mungkin mencapai ribuan. Anda bisa mencari jenis font apa saja yang disukai, mulai dari jenis font Graffiti, Handwritting, Comic, Gothic, Sherif, Techno, 3D dan sebagainya. Font font tersebut nantinya juga bisa di instal pada komputer yang bersistem operasi Windows (XP, Vista, 7, 8), Linux, dan Mac OS.

MENAMBAHKAN FONT BERDASARKAN OPERATING SYSTEM


A. CARA MENAMBAH FONT PADA WINDOWS 7 / 8 / VISTA

Sebagai contoh saya akan menambahkan font pada komputer dengan OS Windows 7. Langkah langkahnya sebagai berikut.
1. Kunjungi situs penyedia font, misalnya cooltext.com.

2. Cari jenis font yang di inginkan, kemudian download
3. File yang berhasil di download masih berbentuk Zip, silahkan di Extract dahulu menggunakan winRar atau win Zip (klik kanan + extract).



4. Klik Kanan pada file Font TTF , kemudian Install

5. Font sudah terinstal, Anda sudah bisa menggunakan Font tersebut pada program program komputer pengolah kata seperti Ms Word, Paint, Photoshop dll.
Contoh font pada Microsoft Word

Contoh font pada Adobe Photoshop

B. MENAMBAHKAN FONT PADA WINDOWS XP & VERSI LAIN

Untuk menambahkan font pada versi windows XP dan windows lain ini cukup dengan menempatkan file Font yang berformat TTF kedalam folder Font Windows. Ini dikarenakan biasanya tidak ada menu Install pada saat klik kanan file Font hasil download. Folder font tersebut biasanya terletak di : Local Disk (C):\Windows\Fonts atau C:\WINNT\Fonts

C. CARA MENAMBAH FONT PADA LINUX

Copy-kan Font (berformat TTF atau OTF) ke font:// pada File Manager. Atau bisa juga dengan, pergi ke foder /home, pada menu pilih View, anda akan melihat hidden folder .font (jika tidak ada, silahkan buat) kemudian copykan file Font ke folder tersebut. Untuk versi Linux yang lain misalnya Ubuntu, caranya Double Click pada file Font, kemudian "Install font".

D. CARA MENAMBAH FONT PADA MAC OS

File font yang bisa dikenali Mac OS X adalah TrueType dan OpenType fonts (.ttf and .otf) dan bukan PC bitmap fonts (.fon). File font harus sudah dikompres, mungkin anda akan memerlukan software kompresor seperti Stuffit Expander for Mac (bisa didownload di www.download.com)
  • Versi Mac OS X 10.3 atau diatasnya (termasuk FontBook) : Double-click pada font file > "Install font"
  • Dalam versi Mac OS X: Latakkan File Font ke /Library/Fonts (untuk semua pengguna), atau /Users/Your_username/Library/Fonts (untuk satu pengguna saja). 
  •  Versi Mac OS 9 atau dibawahnya: Mac yang lama mungkin sudah tidak mendukung lagi untuk ditambahkan font, tetapi ini masih bisa diakali dengan cara convert file font (.ttf or .otf) anda bisa meng-convert dahulu menggunakan converter font seperti TTConverter, CrossFont atau TransType. Kemudian drag Font suitcasenya kedalam System folder. Sistem akan menambahkan Font tersebut kedalam Folder Font.

Itulah tips bagaimana cara menambah font di Ms Word, Photoshop, Paint, Corel Draw dll, beserta cara instal font pada berbagai macam sistem operasi komputer. Selain Cooltext sebenarnya masih banyak situs lain yang menyediakan font gratis, seperti dafont.com, 1001fonts.com, fontfabric.com, fontspace.com, fontzone.net dan lain sebagainya.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MENAMBAH FONT DI MICROSOFT WORD, PHOTOSHOP, PAINT, COREL DRAW, DLL

1 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.