HATI HATI SMS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PERUSAHAAN / MERK TERTENTU

Advertisement

Berbagi Info 4U - Dalam artikel kali ini saya tidak membahas tentang tutorial tutorial tertentu, melainkan hanya ingin sekedar berbagi pengalaman kepada pembaca sekalian agar tidak mudah tertipu dengan sms sms penipuan yang mengatasnamakan perusahaan atau brand brand tertentu. Kasus penipuan yang saat ini sedang merajalela adalah penipuan via sms yang berkedok memberikan hadiah hadiah menggiurkan, seperti uang tunai, rumah, atau kendaraan.

Mungkin anda masih ingat tentang sms penipuan "mama minta pulsa", yang ngetren beberapa waktu lalu. Dan sampai sekarangpun saya sendiri masih sering mendapatkan sms sms sampah seperti itu, bedanya sms sms sekarang mengatasnamakan perusahan dan merk tertentu seperti mengatasnamakan Pertamina, BRI, Telkomsel / M- Kios, Indosat / M-Tronik, dll. Sebagai contoh adalah sms penipuan sebagai berikut :

Nomor pengirim : 08575535xxxx
"Selamat! anda mendapatkan hadiah Cektunai senilai Rp.15jt dari INDOSAT pin_277fg49 Untuk info pengambilan hadiah, kunjungi website indosat www.gebyar-poinindosat.blogspot.com".


Dari situsnya saja sudah terlihat dan tidak mungkin perusahaan besar sekelas Indosat menggunakan subdomain gratisan dari blogspot, tentunya mereka akan menggunakan domain premium seperti .com, co.id dan sebagainya. Menurut pengamatan saya selain menggunakan subdomain .blogspot.com, oknum oknum ini menggunakan banyak subdomain gratisan seperti .jimdo.com, .webs.com, dll.

Bagi Anda yang sudah familiar dengan dunia blog dan website tentunya anda sudah bisa menilai sendiri bahwa situs situs penipuan dengan subdomain gratisan tersebut sangat mudah ditebak, namun bagi Anda dan saya yang masih merasa awam dengan dunia blog dan website lebih baik waspada dengan penipuan penipuan semacam ini.

Yang kedua adalah nomor telepon / hp si pengirim sms penipuan, contohnya bila anda benar benar mendapat SMS Undian berhadiah dari INDOSAT maka nomor pengirim akan langsung resmi dari INDOSAT atau nomor yang familiar kita lihat saat menggunakan produk produk operator seluler tersebut. Tapi bila yang digunakan adalah nomor ponsel juga, itu sudah bisa ditebak bahwa sms tersebut adalah sms penipuan.

Yang jadi pertanyaan adalah, dari mana oknum oknum penipu sms ini bisa mendapakan nomor telepon / hp kita ?

Tidak ada yang tahu secara pasti, tapi salah satu penyebabnya adalah oknum penipu ini mendapatkan nomor telepon dari konter konter penjual pulsa "nakal" yang menjual nomor hp pelanggan (walaupun tidak semua pemilik konter pulsa melakukan hal demikian). Informasi ini saya dapatkan dari salah satu kaskuser yang membuat thread kenapa nomornya sering mendapatkan sms sms penipuan setelah ia mengisi pulsa dikonter untuk pertama kalinya. Karena sebelumnya ia tidak pernah mengisi pulsa lewat konter pulsa.

Penipu-penipu ini biasanya membeli nomor kepada pemilik konter pulsa dengan alasan ingin melakukan survey via sms, tapi survey ini hanyalah ucapan manis yang sebenarnya bertujuan untuk melakukan tindakan penipuan.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan membuat Anda lebih berhati-hati terhadap sms sms penipuan semacam ini agar terhindar dari kerugian materi yang disebabkan oleh hal tersebut.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+
Tags :

Artikel Terkait : HATI HATI SMS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PERUSAHAAN / MERK TERTENTU

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.