9 CARA AGAR KUOTA INTERNET TIDAK CEPAT HABIS PADA ANDROID



Kuota internet cepat habis memang suatu hal yang menyebalkan, apalagi jika kuota internet / paket data internet tersebut belum lama beli, namun tiba tiba cepat habis tanpa tau dengan pasti apa sebabnya. Dizaman yang serba canggih ini, bisa dibilang, internet menjadi kebutuhan pokok baru khususnya bagi perusahaan perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai alat untuk menunjang profit, atau masyarakat modern yang menggunakan Internet sebagai alat komunikasi, hiburan maupun berinteraksi di sosial media.

Android merupakan salah satu jenis Smartphone yang syarat akan Internet Kali ini blog Berbagi Info 4u, akan memberikan sedikit tips agar kuota internet tidak cepat habis dan tentunya cara untuk menghemat kuota Internet pada Smartphone. Semakin hemat data internet yang digunakan semakin kecil pula biaya bulanan untuk membeli paket internet.

MENGATASI KUOTA INTERNET CEPAT HABIS DI ANDROID


1. PERIKSA APLIKASI PENGURAS DATA INTERNET

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek aplikasi aplikasi yang menghabiskan data internet, caranya dengan melihat pada menu SETTING lalu lihat DATA USAGE, geser kebawah untuk melihat aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data. Anda bisa uninstal aplikasi aplikasi tersebut atau meminimalkan penggunaannya.

2. MENONAKTIFKAN SINKRONISASI PERANGKAT

Sinkronisasi otomatis akun Google di Android juga bisa menguras data Internetnet Anda, pasalnya perangkat Android anda akan selalu terhubung ke Internet untuk selalu mengunduh data. Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan dengan cara menonaktifkan sinkronisasi. Caranya lihat pada menu SETTING > ACCOUNT > lalu pilih akun yang tidak ingin disinkronisasi.

3. GUNAKAN BROWSER CHROME

Jika ingin berselancar di Internet, tentunya kita membutuhkan web browser, cobalah untuk menggunakan Browser Google Chrome. Kenapa harus Chrome ? Ya... karena browser ini bisa digunakan untuk menghemat kuota internet yang digunakan untuk brwsing hingga 50 persen. Caranya dengan mengaktifkan data server (SETTING > DATA SAVER > ON)

4. MEMBATASI PEMAKAIAN DATA DI BERBAGAI APLIKASI

Satu hal yang mungkin terlewatkan adalah penggunaan data di berbagai aplikasi semisal aplikasi Chatting & Sosmed. Contohnya, saat kita mengaktifkan, BBM, WA, Line, Instagram, Path, Twitter APP, Facebook APP, dll. Ini jelas akan lebih memakan banyak kuota internet jika diaktifkan semua, selain itu juga cepat menguras daya baterai. Lebih baik aktifkan yang sering digunakan saja, sedangkan untuk instagram, twitter, atau FB, anda bisa menggunakan Browser untuk membukanya.

5. BATASI DATA BACKGROUND

Cara yang terbukti ampuh untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis selanjutnya adalah membatasi data pada layar belakang, caranya dengan pilih menu SETTING > Data Usage > tekan pilihan pada pojok kanan atas > Batasi data latar belakang (Restrict Background data).

6. MENYETEL BATAS PENGGUNAAN DATA SELULER

Fitur penyetelan batas penggunaan data seluler ini ada disetiap perangkat android dan bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan data internet yakni menerapkan limit data. Caranya dengan pergi ke menu SETTING (Pengaturan) > DATA USAGE (Penggunaan Data) > CELULAR DATA (Data Seluler) > SET CELULAR DATA LIMIT (Setel batas data seluler).

7. BERIKAN PASSWORD PADA PORTABLE HOTSPOT

Fitur Thetering & Hotspot Portable Android bisa digunakan untuk membuat pemancar wifi pada Android, sehingga perangkat Android yang telah diaktifkan Hotspot Portablenya bisa digunakan oleh perangkat lain untuk mengakses internet. Gunakan selalu password pengaman untuk Hotspot Portable anda terlebih jika ditempat umum, agar kuota internet tidak "diambil" orang tanpa izin.

8. JANGAN TERLALU BANYAK STREAMING VIDEO

Salah satu hal yang paling mengasiikkan adalah streaming video (nonton video internet). Streaming video juga bisa dikategorikan pada video call dan video live streaming. Beberapa situs streaming video yang paling populer seperti Youtube, Metacafe, Daily Motion, Liveleak, dll. Straming video sebenarnya sangat boros kuota internet, terlebih jika streaming video dalam waktu yang lama. Namun, baru baru ini situs streaming video Youtube telah merilis fitur nonton video Youtube gratis yang bisa menghemat kuota internet hingga 75 persen. Jika terpaksa / ingin nonton video lebih baik didownload saja, walaupun sama sama menghabiskan banyak kouta, dengan download kamu bisa menyimpan video di perangkat.

9. KURANGI DOWNLOAD FILE FILE BESAR

Selain streaming video, yang paling menguras data paket internet adalah download file terutama untuk file file berukuran besar. Usahakan untuk download file file dengan ukuran yang sedikit agar kuota internet awet & hemat. Untuk download video, semakin tinggi kualitas / resolusi video semakin besar juga filenya & semakin banyak pula kuota internet yang dibutuhkan. Bagi anda yang sering download file, game atau video simak juga : 5 Trik download file besar dengan kuota sedikit .

Itulah 9 tips agar kuota internet tidak cepat habis pada Android. Walaupun judulnya untuk Android, sebarnya tips ini bisa diterapkan untuk semua perangkat OS (iOS, Windows Phone, Blackberry, dll) baik perangkat Smartphone maupun Desktop (PC / Laptop / Notebook). Semoga tips yang tersaji dalam blog Berbagi Info 4U ini bermanfaat :)



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : 9 CARA AGAR KUOTA INTERNET TIDAK CEPAT HABIS PADA ANDROID

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.