SUKSES ! CARA MEMUNCULKAN STEREO MIX DI SOUNDCARD PADA LAPTOP / PC WINDOWS



Jika anda ingin merekam suara / audio di Laptop atau PC Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 baik 32 maupun 64 bit maka disini akan ada 2 pilihan. Pilihan pertama adalah merekam mikrofon atau speaker output pada PC, sedangkan yang kedua adalah merekam suara internal pada PC yang didukung oleh soundcard Laptop / PC. Untuk merekam suara internal pada Laptop ini diperlukan sebuah tool yang bernama Stereo Mix. Stereo Mix berfungsi untuk memperbaiki dan meningkatkan fitur stereo mix yang ada pada soundcard.


Namun pada kebanyakan kasus Audio Recording pada Windows, Stereo Mix ini tidak muncul sehingga kita tak punya pilihan untuk merekam suara Internal Laptop / PC langsung dari Soundcard. Masalah ini juga saya alami setelah ganti laptop, yakni Stereo Mix tidak muncul, sementara pada Laptop lama menu Stereo Mix ini muncul pada opsi Recording Device. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Simak baik baik tips dibawah ini.

SOLUSI JIKA STEREO MIX TIDAK ADA DI LAPTOP WINDOWS


1. Kali ini kita membutuhkan software Virtual Audio Card untuk bisa record audio internal, silahkah download software ini di stereomixplus.com.

2. Setelah file di unduh kemudian klik kanan dan Install seperti biasa.

3. Untuk mengetahui apakah software ini sudah bekerja silahkan pergi ke Start > Control Panel > Hardware and Sound > Manage Audio Devices > Recording > Dibawah Microphone akan ada Tool yang bernama Rec Play. Rec Play ini fungsinya sama dengan Stereo Mix (Jika belum muncul klik kanan > Show Disabled Devices). Lihat gambar dibawah.


Begitulah cara memunculkan Stereo Mix yang tidak ada di Laptop Windows sebelumnya. Tool ini kompatibel dengan semua merk Sound Card dan semua versi Windows (Windows 2000, Vista, XP, 7, 8, 10) baik yang 32 atau 64 bit.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : SUKSES ! CARA MEMUNCULKAN STEREO MIX DI SOUNDCARD PADA LAPTOP / PC WINDOWS

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.