CARA MENGGUNAKAN POWER ISO (DENGAN GAMBAR) UNTUK INSTAL GAME



Power iso adalah sebuah software yang biasa digunakan untuk membuat virtual drive pada komputer / laptop, virtual drive ini bisa digunakan untuk me-mount sebuah file ISO Image bisa juga CUE BIN NRG, dll, dan jenis file iso yang paling dijumpai adalah file game. Selain power iso sebenarnya masih ada beberapa software sejenis yang memiliki fungsi sama, ini bisa anda baca pada artikel berikut : 5 Software untuk Mount Iso Image

Kebanyakan game PC cara instalnya cukup mudah yakni hanya menjalankan / instal file .exe nya, namun ada kalanya game PC yang berformat ISO Image sehingga untuk menginstalnya kita perlu me-mount file ISO Image tersebut kedalam virtual drive agar menu instalasi gamenya bisa muncul. Bagi anda yang belum pernah menggunakan power iso sebelumnya dan masih merasa kesulitan menggunakannya silahkan simak tips dibawah ini.

PANDUAN MENGGUNAKAN POWER ISO


1. Kali ini saya coba menginstal sebuah game yang terdiri dari 3 CD / File ISO. Langkah pertama buka Power ISO kemudian klik menu Mount > Mount Image to Drive (G) <no media>


2. Selanjutnya pilih CD 1 (File pertama) lalu Open. Sekarang file ini sudah muncul di CD Drive pada Windows Explorer.


3. Buka Windows Explorer, pilih CD Drive G (Virtual Drivenya), kemudian Open / Instal Setupnya.


4. Tunggu proses instalasi dari CD pertama hingga muncul pemberitahuan untuk memasukkan CD kedua.


5.  Jika sudah muncul pemberitahuan untuk memasukkan Disk lanjutan, maka abaikan dulu (tapi jangan di close / cancel). Waktunya untuk buka Power Iso Lagi.


6. Agar lebih mudah sebenarnya anda bisa langsung menambahkan beberapa virtual drive sekaligus yakni dengan memilih menu Mount > Set Number of Drives > dan pilih jumlah Drive sesuai banyaknya CD / file iso gamenya.


7. Masih tetap di Power Iso, sekarang  pilih Drive (I) <no media> > lalu Mount Image


8. Kemudian pilih CD2 (File ISO kedua) > Open.


9. Sekarang kembali lagi ke instalasi game, pada kotak Setup Needs The Next Disk klik Browse > Pilih Drive / CD kedua > OK > OK. Maka proses instalasi akan berlanjut kembali.


10. Setelah Disk 2 selesai diproses, maka akan muncul lagi perintah untuk memasukkan Disk lanjutnya (CD3).


11. Buka lagi Power Isonya, kemudian pada Drive selanjutnya Mount Image.


12. Pilih Disk berikutnya (CD 3) > Open.


13. Kembali lagi ke instalasi game, Browse CD lanjutannya, caranya sama seperti cara nomor 9.


14. Proses instalasi game yang terakhir biasanya anda disuruh untuk memasukkan CD pertama lagi, lakukan saja apa yang diminta, cara sama dengan diatas. Jika sudah selesai game bisa langsung dimainkan.

Itulah cara menggunakan Power Iso untuk menginstal game. Power iso sendiri ada 2 versi yakni gratis dan premium. Untuk yang premium dibandrol dengan harga sekitar 30 USD, sedangkan untuk yang free version bisa anda unduh gratis di www.poweriso.com. Dalam tutorial diatas saya menggunakan yang versi gratis.


Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MENGGUNAKAN POWER ISO (DENGAN GAMBAR) UNTUK INSTAL GAME

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.