CARA MEMBLOKIR APLIKASI / GAME DI PLAYSTORE ANDROID (PARENTAL CONTROL)



Memblokir aplikasi atau game di Playstore kadang memang perlu dilakukan khususnya bagi orang tua yang memiliki anak kecil / remaja dan mengizinkan mereka untuk bermain smartphone Android. Walaupun aplikasi & game di Playstore masih tergolong "aman" bagi sebagian besar pengguna, perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi / game pada playstore itu "ramah" untuk semua umur, terutama anak anak.

Oleh sebab itu di Playstore ada sebuah menu pengaturan khusus yang bernama  Parental Controls / Kontrol Orang tua untuk membatasi atau memblokir aplikasi aplikasi tertentu yang tidak cocok untuk anak anak. Sebagai contoh game populer di Playstore seperti Pubg Mobile, game ini memiliki Rating usia 16+, artinya hanya boleh dimainkan bagi mereka yang berumur 16 tahun keatas. Pada game game sejenis ini biasanya terjadi animasi tentang kekerasan, darah, dan hal hal tidak cocok dimainkan atau dilihat oleh anak anak dibawah umur.


Contoh lainnya adalah aplikasi video chat yang cukup populer, yaitu Ome TV, aplikasi ini memiliki Rating 12+, hanya boleh untuk usia diatas 12 tahun atau dengan bimbingan orang tua, dalam aplikasi tsb ada interaksi antar pengguna secara random baik melalui video atau chat & kita tidak bisa menebak dengan siapa kita akan berinteraksi. Selain kedua contoh game dan aplikasi diatas tentunya masih banyak lagi yang lainnya.

BLOKIR APLIKASI DI PLAYSTORE DENGAN PARENTAL CONTROL


Ada 6 jenis aplikasi & game di Playstore berdasarkan rating usia, yaitu 3+, 7+, 12+, 16+ dan 18+. Dengan menggunakan fitur parental controls kita bisa menampilkan game & aplikasi playstore di Android sesuai umur / rating yang telah kita atur. Berikut ini adalah cara menggunakan Fitur Parental Controls di Playstore.

1. Buka Playstore lalu tekan pilihan (gambar 3 baris)


2. Selanjutnya pilih Settings (Setelan)


3. Kemudian pilih Parental Controls (Kontrol Orang Tua),

4. Pilih opsi On (spt gambar dibawah), nanti akan disuruh membuat pin, buatlah PIN (bebas), lalu konfirmasi PIN dengan memasukkan PIN sekali lagi.

5. Langkah selanjutnya pilih Apps & Games (Aplikasi & Game)
6. Secara Default atau jika parental control Off maka tidak ada batasan usia / semua usia aktif.
7. Untuk mengubahkan silahkan tekan Rating usia yang diinginkan (misalnya 3+), nantinya aplikasi / game di Playstore yang ditampilkan hanya Rating usia 3+ saja. Jika sudah tekan Save (Simpan)
Berikut ini adalah perbedaan antara Parental Control Off dan Parental Control On (3+), game yang ditampilkan di menu game terlaris hanya akan berisi game sesuai Rating Usia 3+.


Walaupun kita mengetik aplikasi / game dikolom pencarian, aplikasi juga tidak akan muncul. Jika aplikasi yang diketik adalah aplikasi yang tidak cocok dengan pengaturan Rating Usia di Parental Control.


Itulah cara memblokir aplikasi di Playstore berdasarkan Rating Usia menggunakan Fitur Parental Controls. Fitur ini sangat penting untuk diaktifkan terutama bagi para orang tua yang memberikan anaknya Gadget, agar aplikasi / game yang diunduh sesuai dengan usianya.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA MEMBLOKIR APLIKASI / GAME DI PLAYSTORE ANDROID (PARENTAL CONTROL)

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.