CARA KIRIM DAN AMBIL UANG TANPA REKENING BANK DI INDOMARET SERTA SYARAT SYARATNYA



Selain digunakan untuk keperluan belanja dan pembelian ataupun pembayaran tagihan / voucher, Minimarket Indomaret kini juga menyediakan jasa kirim uang di seluruh Indonesia seperti halnya kantor pos atau Western Union. Mengirim uang di Indomaret tidak memerlukan rekening Bank sehingga sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki rekening bank ataupun punya rekening Bank namun ingin mengirim uang secara tunai / cash.

Setelah mengirimkan uang ke penerima nantinya kita akan mendapatkan sebuah kode penarikan / MTCN (Money Transfer Control Number). Kode Penarikan / MTCN inilah yang nantinya digunakan untuk mengambil uang kiriman. Untuk syarat bagi pengirim uang adalah tanda pengenal resmi seperti KTP / SIM dan Paspor. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah syarat, cara transaksi kirim uang cash di Indomaret serta cara mengambil uangnya bagi penerima.

SYARAT KIRIM UANG DI INDOMARET


Sebelumnya, ada beberapa syarat mudah yang harus dipersiapkan saat akan mengirim uang di Indomaret. syarat tsb antara lain :
  • Kartu Identitas : Persiapkan kartu identitas resmi dan masih berlaku seperti KTP / SIM / Passpor
  • Nomor HP : Persiapkan juga No HP yang masih aktif.
  • Uang : Persiapkan juga uang yang ingin ditransfer, jumlah minimal kirim uang lewat indomaret kurang lebih sama dengan Bank Bank pada umumnya yaitu 10 ribu rupiah sedangkan untuk jumlah maksimal perhari adalah 5 juta rupiah.

CARA KIRIM UANG LEWAT INDOMARET


Setelah memahami syaratnya, sekarang saatnya untuk transfer uang lewat Indomaret. Kirim uang di indomaret cukup mudah, berikut ini langkah langkahnya :
  1. Pergi ke Indomaret terdekat lalu datangi kasir dan beritahukan bahwa anda ingin kirim uang.
  2. Kemudian kasir akan meminjam KTP untuk diinput ke sistem sebagai data pengirim.
  3. Selanjutnya kasir juga akan meminta nomor HP, informasikan No HP Anda ke kasir.
  4. Kemudian informasikan juga Nama penerima uang dan No HP penerima uang, biasanya kasir akan memberikan kertas dan anda bisa tulis sendiri nama dan no HP penerima (orang yang anda kirimi uang).
  5. Langkah selanjutnya adalah berikan uang yang ingin ditransfer / dikirim beserta biayanya. Untuk biaya kirim uang di Indomaret adalah 15 ribu rupiah persekali kirim. Jadi walaupun kirim 100 ribu atau 1 juta, biayanya tetap 15 ribu.
  6. Terakhir, setelah semunya diproses maka kasir akan memberikan Struk yang berisi Kode penarikan / MTCN yang nanti bisa diinformasikan kepada penerima uang. Masa aktif MTCN adalah 1 hari jadi usahakan uang diambil pada hari yang sama. Jika tidak diambil oleh penerima maka pengiriman uang bisa dibatalkan.

CARA MENGAMBIL UANG DI INDOMARET


Sedangkan cara mengambil uang bagi penerima adalah sebagai berikut :
  1. Datang ke indomaret dan bilang kekasir ingin ambil uang, jangan lupa informasikan kode penarikannya / MTCN.
  2. Jangan lupa bawa KTP / SIM dan 1 lembar fotocopynya
  3. Selesai...
Untuk pengambilan uang ini tidak dikenakan biaya sama sekali.

KELEBIHAN & KEKURANGAN KIRIM UANG DI INDOMARET


Kirim uang di Indomaret tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan, dan berikut ini adalah beberapa kelebihan jika kirim uang lewat indomaret.
  • Tanpa Rekening Bank : Kita bisa dengan mudah kirim uang tanpa menggunakan rekening bank
  • Tanpa Antri : Mengirim uang di Indomaret tentunya lebih cepat dan tanpa antri jika dibandingkan kirim uang lewat bank, terlebih di hari kerja. Di beberapa Indomaret kadang juga ada yang buka sampai 24 jam sehingga anda bebas menyesuaikan waktu.
  • Proses cepat dan mudah tanpa perlu isi formulir transfer.

Sedangkan dari segi kekurangannya mungkin hanya dari biayanya, biaya untuk kirim uang di Indomaret 15 ribu tergolong lebih mahal dibanding biaya transfer rekening Bank, namun ini cukup seimbang dengan prosesnya yang cepat dan tanpa perlu memakai rekening Bank.

Lihat juga : Kirim uang di Alfamart



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA KIRIM DAN AMBIL UANG TANPA REKENING BANK DI INDOMARET SERTA SYARAT SYARATNYA

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.