7 MAKANAN BAIK UNTUK IBU HAMIL



Makanan baik untuk ibu hamil memang sangatlah penting untuk menunjang kesehatan Janin sekaligus calon buah hati bagi para orang tua yang khususnya mendambakan keturunan yang sehat. Seorang ibu hamil harus benar-benar menjaga apa yang ia makan, karena sumber makanan janin sendiri berasal dari sari-sari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Makanan baik yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah memperbanyak konsumsi sayur yang mengandung zat besi dan buah yang mengandung banyak vitamin.

Sebenarnya penggunaan susu untuk ibu hamil tidaklah terlalu penting walaupun banyak disarankan oleh pakar kesehatan. Sebaiknya  seorang ibu yang tengah hamil lebih banyak mengkonsumsi makanan yang alami dan segar. Berikut beberapa makanan baik untuk ibu hamil dan makanan yang lebih baik dihindari saat hamil.

1. MAKANAN BAIK - SAYUR

Sudah tidak diragunakan lagi bahwa sayur adalah makanan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan setiap orangpun seharusnya wajib mengkonsumsi bahan makanan ini. Sayur yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sayur dengan warna hijau tua. Sayuran dengan warna hijau pada faktanya banyak mengandung serat, nutrisi dan vitamin (A, C, K). Sayuran ini juga mengandung folat yang berperan penting bagi kesehatan ibu dan janin. Contohnya : Bayam, Kangkung, Lobak swiss, dll.

2. MAKANAN BAIK - BUAH BUAHAN

Buah - buahan dengan berbagai warna juga sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Buah buahan ini banyak mengandung nutrisi, vitamin, antioksidan dan mineral. Contoh buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain :
- Tomat
- Alpukat
- Jeruk manis
- Jeruk bali
- Pisang ( kaya akan kalsium)
- Sawo
- Bengkoang
- Semangka
- Rambutan
- Manggis, dll.
Bagi ibu hamil terutama yang hamil muda, hindari mengkonsumsi buah : Nanas, Durian, dan Pepaya (akan dibahas pada Artikel selanjutnya ).

3. MAKANAN BAIK - TELUR

Makanan baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah telur. Tidak diragukan lagi bahwa telur mengandung protein yang tinggi dan ini sangat baik untuk pertumbuhan sel janin, karena sel janin tumbuh memerlukan protein. Selain itu Ibu hamil juga memerlukan protein yang tinggi. Selain protein, dalam sebutir telur juga mengandung lebih dari 12 vitamin, mineral dan kolin. Kolin berperan penting mendorong pertumbuhan janin dan kesehatan otak.

4. MAKANAN BAIK - KACANG KACANGAN

Kacang kacangan mengandung banyak serat dan protein nabati yang sangat baik untuk janin dan ibu hamil yang membutuhkan protein tinggi. Kacang kacangan ini sangatlah mudah didapatkan seperti kacang merah, kacang hitam, kacang pinto, kacang hijau, kacang polong, kacang panjang, dll. Faktanya makanan yang berserat mengandung banyak nutrisi. Dan kacang - kacangan merupakan sumber zat besi yang baik, folat, kalsium, dan zinc.

5. MAKANAN BAIK - OMEGA 3

Makanan yang baik selanjutnya adalah makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak bayi saat berada di kandungan. Omega 3 banyak terdapat pada ikan salmon. Ikan salmon memiliki jumlah methylmercury. yang sangat rendah bila dibandangkan dengan ikan lain seperti tilefish, todak, king mackerel, dan hiu.

Selain pada ikan salmon dan telur, Omega 3 juga banyak terdapat pada kenari.

6. MAKANAN BAIK - YOGURT

Makanan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah Yogurt. Yogurt mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan rangka dan tulang bagi bayi yang ada dalam kandungan. Manfaat lain bagi ibu adalah untuk menjaga kesehatan tulang Ibu. Yogurt yang bagus untuk dikonsumsi adalah Yunani Yogurt. Yunani Yogurt memiliki dua kali protein Yogurt biasa. Dan semua jenis Yogurt merupakan sumber kalsium yang sangat penting bagi Ibu hamil dan juga janinnya.

7. MAKANAN BAIK - DAGING TANPA LEMAK

Daging tanpa lemak adalah salah satu dari sekian makan baik untuk ibu hamil lainnya. Daging merupakan sumber protein berkalitas tinggi, namun sebaiknya para ibu hamil harus teliti untuk memilih daging tanpa lemak. Pilihlah daging yang bebas lemak 95 -98 persen. Pilih juga daging yang merah segar dan tidak dibekukan.

Demikianlah 7 Makanan baik untuk ibu hamil, pilihlah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Ibu yang sehat juga akan mempengaruhi tingkat kesehatan janin yang dikandungnya. Semoga bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : 7 MAKANAN BAIK UNTUK IBU HAMIL

10 comments:

  1. @OBAT & MUNIR : Sama-sama, terimakasih juga telah membaca makanan baik untuk ibu hamil

    BalasHapus
  2. Klu pepaya yg matang ada pengaruh ngga ke janin bun

    BalasHapus
  3. @Elya : Pepaya matang boleh dan sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika wanita sedang mengandung, bahkan dokter pun sangat menyarakan hal serupa. Karena di dalam pepaya matang terkandung banyak vitamin A dan B beta karotin dan potasium yang bagus untuk tubuh. Tapi pepaya yang dikonsumsi wanita hamil harus BENAR-BENAR MATANG karena kalau belum matang atau setengah matang akan berakibat buruk pada kehamilan.

    BalasHapus
  4. Terima kasiH atas infoNya

    BalasHapus
  5. Kalau sayur pepaya gimana?boleh Găªk dimakan sewaktu hamil,biasanya kan sayur pepaya,dr pepaya muda yg diiris2

    BalasHapus
  6. Info yang bermanfaat sekali gan. Terimakasih banyak

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak gan sudah berbagi pengetahuannya.

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.