CARA MENGGABUNGKAN VIDEO DAN FILM DENGAN WINDOWS MOVIE MAKER

Advertisement

Menggabungkan video dan film dari dua file atau lebih yang terpisah untuk dijadikan file berdurasi panjang bisa kita lakukan dengan menggunakan Windows Movie Maker. Penggabungan ini biasa di terapkan untuk menggabungkan film yang terbagi menjadi 2 part atau lebih. Cara ini juga bisa untuk menggabungkan video klip sebuah lagu baik video yang berdurasi panjang atau pendek. Windows Movie Maker biasanya sudah ada pada PC, bila kita memakai Windows. Namun jika belum ada kita bisa download secara online di situs resmi Microsoft.

Sebagai contoh Menggabungkan video dan film, saya akan mencoba menggabungkan 2 video klip yang berbeda. Nantinya cara ini bisa diterapkan untuk menggabungkan film, atau video-video lain (rekaman, amatir, editan dsb). Menurut saya, Windows Movie Maker adalah software / aplikasi untuk menggabungkan video yang paling simpel dan mudah, walaupun banyak software sejenis yang menggunakan metode penggabungan online maupun offline.

Jika Anda ingin menggabungkan video maupun film dengan Windows Movie Maker, berikut langkah - langkah mudahnya :

1. Buka program Windows Movie Maker pada PC / Laptop Anda.

2. Pada menu sebelah kiri klik IMPORT - VIDEOS, kemudian pilih video mana saja yang akan digabungkan. Sebagai contoh saya akan menggabungkan Video Klip The Black Eyed Peas - The Time dengan Video Klip LMFAO - Party Rock Anthem. Selanjutnya klik IMPORT.


Pilih file video yang burningable seperti Avi, Mpeg, Mp4, 3gp, MKV, namun lebih baik kita menggunakan Video yang berformat WMV (Windows Media Video file) pada Movie Maker ini.

3. Setelah file video di IMPORT tadi, maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah. KLIK dan GESER kebawah (TIMELINE VIDEO) / Drag n Drop video klip yang PERTAMA.


4. Kemudian geser kanan kursor hingga akhir video PERTAMAN. KLIK dan GESER KEBAWAH juga video yang KEDUA untuk menggabungkan video. Setelah kedua video klip masuk kedalam TIMELINE VIDEO maka akan terlihat menyambung seperti pada gambar dibawah ini.


5. Langkah selanjutnya klik PUBLISH TO - THIS COMPUTER. Berikan nama pada FILE NAME, dan target penyimpanan (Publish to). Kemudian klik NEXT.


6. Kita telah memasuki sesi akhir penggabungan video. Tentukan kualita dan size video saat di publish. Gunakan BEST QUALITY untuk performa terbaik. Kemudian klik PUBLISH - tunggu sampai selesai prosesnya - dan terakhir klik FINISH.


Menggabungkan video dan film dengan menggunakan Windows Movie Maker sudah selesai. Dibawah ini adalah screenshot 2 video klik sebelum digabungkan, dan screenshot yang terakhir adalah videoklip yang telah digabungkan (durasinya 2 kali lebih panjang). Klik pada gambar, untuk memperbesar gambar tampilan. Semoga membantu :)


UPDATE : Jika cara diatas dianggap "ribet" anda bisa coba cara yang lebih mudah dan simpel, baca artikel berikut : Cara Menggabungkan Video FLV, MP4, WMV dll, dg Video Joiner
 


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA MENGGABUNGKAN VIDEO DAN FILM DENGAN WINDOWS MOVIE MAKER

32 comments:

  1. Kenapa video saya berformat mp4 tidak bisa diimport ke Windows Movie Maker? Mohon Pencerahannya..

    BalasHapus
  2. Anonim : Convert dulu videonya kedalam format WMV

    BalasHapus
  3. Kenapa jika saya menambahkan titles or credit di video saya, laptop saya langsung mengclose sendiri video saya?

    BalasHapus
  4. kenapa saya kalo saat publish video nya lama banget ? sampai sampai seharian dan presentase nya tetap 0% dan minutes remaining nya terus bertambah ?

    BalasHapus
  5. makasih infonya gan semopga bermanfaat juga buat yang lain

    BalasHapus
  6. makasih banget nih mas triknya..
    langsung praktek

    BalasHapus
  7. sayang gak boleh di copas. nanggung gan berbagi ilmunya.

    BalasHapus
  8. Ananda & Berita : Mungkin yang bermasalah Laptop / PC nya, saya tdk pernah mengalami hal demikian.
    Anonim : Kenapa nanggung, anda kan bisa membaca tutorial di blog ini secara gratis.

    BalasHapus
  9. sya udh convert ke format WMV tpi tetap tdk mau import..

    BalasHapus
  10. gan kalo muncul 'import video could not find a compatible digital video device. Verify that the digital video device is properly connected and turn on'. itu kenapa ya?

    BalasHapus
  11. Kalau saya punya 2 kamera (A&B) dan kemudian saya mau memakai voice kamera A dan gambarnya diambil dari kamera B, apakah dapat dilakukan dengan Windows Movie Maker? Atau ada referensi software lain yang free download? Thanks

    BalasHapus
  12. Anonim : Pada saat import media (memasukkan audio / video ke WMM) pilih opsi ALL FILES.

    Muhammad Yerri Yanuar : Coba file videonya disave dulu dikomputer, kemudian Import Videos

    Edianto Doank : Tentu bisa :-) ,

    1. Langkah pertama Ambil voicenya saja dari kamera A (untuk mengambil suara, bisa menggunakan video converter seperti Format Factory, << silahkan dilihat caranya).

    2. Kemudian untuk mengambil gambar / videonya saja "tanpa suara" dari kamera B, bisa menggunakan Windows Movie Maker (Caranya, masukkan video yang akan diambil gambarnya, kemudian pada TIMELINE >> Klik VIDEO >> KLIK KANAN >> Pilih MUTE >> kemudian Simpan (Publish to this computer).

    3. Cara pertama diatas yang dihasilkan adalah AUDIO saja, dan cara kedua yang dihasilkan adalah VIDEO saja (tanpa ada suara). Dan langkah terakhir tinggal menggabungkan AUDIO dan VIDEO yang telah diproses tadi. Selesai.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya memasukkan video tapi tidak ada gambarnya di movie maker itu ada solusinya?

      Hapus
  13. bagaimana dengan subtittle nya (*.srt) ?
    biasanya subtittle keluar sesuai dengan per menit durasi film..

    BalasHapus
  14. minta bantuannya gan.
    kan gua udah bikin beberapa video tapi lewat hp dengan format .mp4 terus gua pengen gabungin semuanya.
    gua coba pake movie maker tapi format nya gx kebaca gan, itu solusinya gimana ?? apa pake software yang lain biar bisa digabungin ??
    ditunggu reply ny gan :)

    BalasHapus
  15. Achmad Setiadi : File "srt" / file teks terjemahan dari suatu film (biasanya film asing). File "srt" ini biasanya masih berupa bahasa asing yang bisa di edit menjadi bahasa lokal dengan "notepad". Banyak di internet yang menyediakan suatu file "srt" seperti subscene[dot]com. Sedangkan pada Wndows Movie Maker bisa membuat title pada menu "Titles and Credits".

    BalasHapus
  16. Ririn Dwi : Agar bisa terbaca oleh Windows Movie Maker, file dengan format MP4 harus dirubah dulu ke dalam format WMV, Anda bisa menggunakan Software Converter Format Factory untuk Convert file ke WMV

    BalasHapus
  17. Minta infonya donk..aq ud convert ke avi tp gambar vidionya g muncul cuma item doank... tp suara vidionya siy muncul

    BalasHapus
  18. Terimakasih panduannya gan, langsung ke TKP.

    BalasHapus
  19. yang videonya gk bisa di import (seperti type MP4) caranya DIDRAG aja kak videonya ke movie maker! pasti bisa, soalnya saya juga gitu. berbagi Informasi :D.

    BalasHapus
  20. sblumnya makasih atas infonya. tadi sya lagi ada sdikit kendala, laptop sya not responding katika mau di save. dan udah brulang kali sya lakukan itu tapi tdk bisa. gimana yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pilih opsi File - Publish to this computer buka file - save

      Hapus
  21. numpang tanya, bagaimana cara memasukan file video dari kamera dengan format MOV untuk diedit di Movie Maker? sy udah coba comfort di Format Factory tetapi malah rusak file nya? mksh dtggu jwbnnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOV diconvert dulu ke WMV cara memasukkannya bisa dilihat pada komen sebelumnya

      Hapus
  22. Saya mau tanya gan. Misalkan saya mengambil video lewat HP, lalu videonya mau saya sambung dengan hasil video dari Kamera SLR, apakah nanti hasil editan video saya bisa pecah? Bagaimana kalau misalkan saya ubah formatnya menjadi WMV semua lalu saya edit dengan windows movie maker, apakah hasilnya bagus atau tetap pecah/buram? Terima kasih, ditunggu jawabannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tergantung dari kualitas video yang dihasilkan oleh alat perekam baik kamera hp atau kamera digital SLR. Walaupun hasil video dari kedua alat tersebut di rubah menjadi WMV, mungkin kualitas tidak akan sama (lebih jernih hasil dari Kamera SLR). Sehingga hasil penggabungan video akan memiliki tingkat kerjernihan yang berbeda.

      Hapus
  23. Gan, Saya sudah ngerubah ke Format Wmv video saya, Tp pas di import kok gk Bisa dan muncul "_. WMV is not indexed and cannot be imported" ??

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.