MENGGABUNGKAN LAGU MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER



Menggabungkan lagu atau mp3 kini dapat kita lakukan dengan mudah menggunakan freeware Windows Movie Maker. WMM ini merupakan sebuah aplikasi / software yang bagus untuk editing multimedia, seperti membuat video clip, merangkai foto-foto dengan diberi backsound, memotong lagu / video, menggabungkan lagu / video, dan sebagainya. Jika pada komputer anda masih belum terinstall Windows Movie Maker, silahkan download dulu secara online di situs resmi Microsoft.

Sebagai contoh menggabungkan lagu saya akan menggabungkan 2 lagu agar menjadi 1 lagu yang tidak terpisah (2 file mp3 menjadi 1 file mp3). Disini saya mencoba menggabungkan lagunya Jason Mraz yang berjudul I'm yours dan lagu Jason Mraz juga yang berjudul Make it mine.

Cara ini tidak membutuhkan keahlian khusus, Anda yang suka otak-atik komputer pasti akan sangat mudah memahami cara menggabungkan lagu menggunakan Windows Movie Maker. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka program Windows Movie Maker, kemudian pada menu IMPORT pilih AUDIO OR MUSIC. Silahkan pilih lagu apa saja yang ingin Anda gabungkan. Klik IMPORT !

Klik pada Gambar untuk memperbesar Gambar Tampilan

2. Setelah lagu mp3 berhasil masuk di WMM, Silahkan KLIK (jangan dilepas) + GESER / Drag n Drop satu lagu ke TIMELINE AUDIO / MUSIC.


3. Kemudian scrool ke kanan untuk melihat akhir lagu pertama yang telah dimasukkan ke dalam TIMELINE tadi. Lalu KLIK dan GESER juga lagu kedua tepat diakhir lagu pertama. Lebih  jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.


4. Setelah lagu kedua dimasukkan, maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah. Biarkan tetap menempel antara lagu pertama dan kedua, jangan diberi ruang ( lihat lingkaran merah).


5. Menggabungkan 2 lagu sudah selesai, selanjutnya klik PUBLISH TO THIS COMPUTER. Berikan nama pada FILE NAME, dan pilih tempat penyimpanan (publish to). Kemudian klik NEXT.


6. Pada langkah ini kita akan mensetting akhir penyimpanan. Anda bisa compress / perkecil ukuran file lagu, dll. Lebih baik biarkan secara default pada Best Quality untuk performa terbaik. Selanjutnya klik PUBLISH.


7. Tunggu proses penyimpanan sampai selesai, jika sudah selesai klik FINISH.


8. Kemudian buka Windows Explorer dan cari file lagu mp3 yang telah tergabung tadi. Anda dapat memasukkan file mp3 tersebut kedalam Ipod, Ponsel, ataupun MP3 Player.

Demikianlah tips singkat cara menggabungkan lagu mp3 menggunakan Windows Movie Maker. Dibawah ini adalah screenshot lagu Jason Mraz yang berjudul "I'm yours and Make it mine", terlihat durasi lebih dari 8 menit karena memang dalam satu lagu ini terdapat dua lagu. Semoga bermanfaat.




data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : MENGGABUNGKAN LAGU MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER

6 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.