MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT



Posting kali ini, saya hanya ingin sekedar berbagi solusi mengatasi memori Internal Android penuh padahal aplikasi yang di Instal hanya sedikit. Beberapa waktu lalu sempat agak heran kenapa Ponsel Android saya memori Internal cepat sekali penuh padahal aplikasi yang saya instal hanya sedikit dan semua aplikasi aplikasi tersebut sudah dipindahkan ke SD Card. Bahkan saya juga menghapus sebagian besar foto dan video rekaman yang ada pada Smartphone Android, setelah di cek di menu Storage pada System Settings, hasilnya tetap "Nihil", dan memori Internal tetap saja penuh (terpakai hampir 1 GB untuk aplikasi yang belum jelas dimana letaknya).


Untuk memeriksa lebih jauh, saya coba menghubungkan perangkat Android ke PC dengan menggunakan kabel USB. Setelah file dicek satu persatu, ternyata yang membuat penuh memori Internal hp Android adalah sebuah folder yang bernama .thumbnails. Pertanyaannya adalah, apa folder .thumnail tersebut ? seberapa pentingkah isi didalam folder .thumbnail untuk Android ? Dan apa akibatnya jika folder itu dihapus ?. Simak ulasan berikut :

MENGENAL FOLDER .THUMBNAIL YANG MENGHABISKAN MEMORI INTERNAL ANDROID.


Folder .thumbnail ini adalah sebuah folder yang terletak di dalam folder DCIM pada memori Internal Android. Folder .thumbnail berisi file .thumbdata dan icon icon foto / gambar dengan resolusi kecil yang muncul pada DCIM / Galeri. Fungsi dari icon icon yang ada pada folder .thumbnail tersebut adalah untuk menyimpan icon gambar dan foto di galeri sehingga jika kita membuka galeri maka proses loading lebih cepat. Selain itu, gambar / foto yang dihapus sebelumnya juga masih ada duplikatnya pada folder .thumbnail ini.

Namun, kerugian yang ditimbulkan adalah, file file dalam folder .thumbnail berukuran sangat besar bisa mencapai ratusan MB hingga lebih dari 1 GB, tentunya akan lebih besar lagi jika anda suka menyimpan banyak foto dan gambar pada Android. Dengan "termakan-nya" kapasitas memori Internal ini tentu akan menyulitkan kita untuk menginstall aplikasi baru atau menyimpan data baru, mengingat memori Internal pada Android sangat terbatas.

Nah, untuk mengatasi memori internal android yang penuh tersebut, kita harus MENGHAPUS semua file dalam folder .thumbnail. Lalu apa akibat yang ditimbulkan jika menghapus file dalam folder .thumbnail ? Pengaruh yang terjadi ketika menghapus .thumbnail adalah proses membuka foto dalam galeri akan melambat, ini hanya akan terjadi sesaat, dan akan kembali normal lagi.

Namun masalah lain akan kembali muncul ketika Anda membuka galeri, secara bertahap folder .thumbnail akan menghabiskan memori lagi, sehingga yang harus dilakukan adalah dengan menghapus file dalam folder .thumbnail lagi, lagi, dan lagi.

CARA MENGHAPUS FILE FOLDER .THUMBNAIL ANDROID


Anda bisa menghapus .thumbnail langsung dari perangkat Android atau melalui PC, dan berikut langkah langkahnya :

MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI ANDROID

1. Buka File Manager, kemudian pilih Internal Storage - Selanjutnya buka folder DCIM


2. Lalu buka folder .thumbnail dan Hapus semua file yang ada didalamnya.


MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI PC

Hubungkan perangkat Android Anda dengan USB
Buka Explore
Selanjutnya pilih Media penyimpanan Android anda
Buka DCIM - kemudian hapus file yang berada pada folder .thumbnail

Begitulah cara mengatasi memori Internal Android yang penuh. Selain dari folder .thumbnail, penyebab memori internal pada Andrid penuh adalah terlalu banyak file yang disimpan atau terlalu banyak aplikasi yang di Instal, oleh sebab itu pergunakanlah aplikasi seperlunya saja seperti aplikasi penghasil uang Whaff :), agar kinerja android tetap Optimal. Semoga bermanfaat.

Update :

Mungkin cara diatas tak bisa digunakan untuk semua jenis Smartphone Android, jadi cara alternatifnya adalah dengan mengecek file file besar di folder penyimpanan Android lalu menghapusnya. Anda bisa menggunakan aplikasi pencari file besar di Android.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT

38 comments:

  1. Mau tanya dong, hape saya kan advan s5m itu memori internalnya 8gb katanya, tpi cuma bisa dipake 1gb. Itu knpa ya? Bisa bntu? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih kasusnya malahan advan saya ga ada sampe 1gb itu internal aplikasi.
      Ram juga penuh terus.

      Hapus
  2. Sama,,sy jg pke ADVAN S5M,,tiap mao donlot g bs,,laporannya " tdk cukup ruang pd perangkat",,bt g tuuuuhhh...

    BalasHapus
  3. Saya juga hp saya advan s5p juga kaya gitu kenapa ya? Ram penuh terus? Lag d mana" ? Kenapa ya?

    BalasHapus
  4. makasih tips nya,,, mau sy coba deh

    BalasHapus
  5. hp saya evercoos A7T* , nggak ada pengaturan berkas memori internal. gmna cara supaya jga bsa ngehapusnya

    BalasHapus
  6. Gg ada folder .thumbnails nya gan hp ane Samsung Galaxy Mega duos 5'8

    BalasHapus
  7. makasih banyak tipsnya lega banget :D

    BalasHapus
  8. bang, aku punya Samsung Galaxy Pocket, akhir2 ni sering getar2 sendiri, terus penyimpanan sistemnya cepat sekali penuh dengan sebab g jelas. aplikasi yg ku instal cuma 2. whats app dan opera mini. saat ku reset memory sistem masih normal. tapi seiring dengan sering bergetarnya hp yg ga jelas, dalam waktu 3 hari saja. penyimpanan sistem ku sudah membengkak hingga 1 Gb. padahal waktu awal aku instal wa dan opera mini baru terpakai 125 Mb. bagaimana tu solusinya?

    BalasHapus
  9. work: untuk evercoss, klik setting - apps, lalu all (kan ada downloaded, sd card, running, all), lalu uninstall salah satu aplikasi yg besar, beres.

    BalasHapus
  10. Memori 12 gb habis.padahal cuma digunakan sekitar 4 gb.cara diatas sudah saya coba tapi tidak berhasil. Mohon solusinya.

    BalasHapus
  11. Tambahan :
    Aktifkan dulu "show hidden files".
    Karena .thumbnail itu folder ngumpet/pemalu.

    BalasHapus
  12. kalo thumbnail nya ngga mau ilang
    udah di hapus tapui masih aja penuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nihh di hp saya juga sdh saya coba hapus semua folder yg ada di dlm .thumbnail itu sampe folder empy juga tapi tetep aja full storage :(( gimana dong, mohon solusinya lagi. terimakasih :)

      Hapus
  13. Memori internalny 8 gb, nah masih banyak yang free tp kok udah ngk bisa menyimpan? Mohon dibantu.....

    BalasHapus
  14. bs mas... thank u so much!

    BalasHapus
  15. makasih gan, lega banget hp ane skrg padahl supercopy wkwkwk

    BalasHapus
  16. makasih gan, inponya bermanfaat banget

    BalasHapus
  17. Pas buka app yg sudah di instal gda pilihan pindah ke SD card knp yah?
    Padahal memory card baru teteo ga bisa donlod :(

    BalasHapus
  18. waduh, semua foto terhapus donk gan?

    BalasHapus
  19. bisa bantu gk gan? hp sony xperia c1505 ko gk ada folder thumbnailnya barangkali tau dimana ya..?

    BalasHapus
  20. Kalau misalkan memori internal saya sudah habis tapi masih ada memori eksternal,dan memori eksternalnya masih ada 2gb,tapi pas saya mau upgrade permainan malah tidak bisa,padahal saya sudah mengalihkan semuanya kememori eksternal,gimana tuh?

    BalasHapus
  21. Knapa di samsung galaxi v saya ga ada folder Thumbnail,tolong solusinya

    BalasHapus
  22. Saya pakai Hp Sa○sung J5 memori internal 8gb. Saya pakai untuk aplikasi 1,5 gb, 3,35 memori sistem, file campuran 2,96gb (yang ini gak tau apa, saya cariin gak ketemu).
    Sisa memori yang masih tersisa hanya sekitar 350mb.
    Padahal hampir semua berkas di hp saya pindahkan ke memori external.

    BalasHapus
  23. Gan hp saya advan s35d aku gak sengaja memindahkan permainan ke memori telepon setelah iti sku pindahkan lagi ke kartu sd,tapi kenapa datanya gk kembali lagi malah memori internalnya kelebihan,ram ku 256 dan masih ada ruang banyak dan memori internalku 148 dan sekarang tinggal 14mb,tolong jawabanya

    BalasHapus
  24. Gan, klo ane abis pake app google foto, internal memory langsung kesedot abis, cara nge fix nya gimana yah? Bantuin gan..

    BalasHapus
  25. iya nih. ga berlaku di kasus Samsung J5. petunjuk dong

    BalasHapus
  26. Saya pakai hp advan T1e, sudah ngga ada aplikasinya, tak reset tp tetep aja memory low ... padahal ruang penyimpanan masih banyak.

    BalasHapus
  27. Gan.. Andro ane kan merek sony.. Dulu sempet instal beberapa aplikasi berat kyk asphalt, nfsmw12, ms word dll (kebetulan internalny 16gb).. Setelah ane uninstal, awalny msih terlihat bnyk yg kosong.. Tapi lama kelamaan semakin berkurang pdhl kagak ane pake, cmn foto itu pun logikany kagak mungkin abis memori sampe gb.. Folder thumbnail itu pun yg perkiraan penyebab ny itu kagak ada.. Minta pencerahan dong.. Makasih gan

    BalasHapus
  28. Saya menggunakan samsung galaxy tab 2 padahal gk ada aplikasai yg besar dan cuman sedikit fotonya setelah saya cek di dcim thumnails saya udh tidak ada tapi memori saya penuh terus itu bagai mana?

    BalasHapus
  29. gan ane udh ngapus thumbnails nya tpi kok masih kemakan memori gan hp ane asus z5

    BalasHapus
  30. mau tanya, awalnya saya pakai memori 4gb tetapi penuh jadi saya beli yang baru 8gb padahal apk dikit terus foto fotonya cmn 90an lah eh udh penuh lagi tolong dibantu dan dijawab

    BalasHapus
  31. kalau foto2 di thumbnailsnya diapus, foto2 digallery ke apus juga enggak ya??

    BalasHapus
  32. di hp saya tidak ada folder thumnail gimna yah?

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.