CARA MENGETAHUI LOKASI FILE BESAR DI MEMORI HP ANDROID & MENGHAPUSNYA



Bagaimana cara mengetahui lokasi file besar di memori HP Android ? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak para pengguna HP android dimana kapasitas memori android penuh padahal aplikasi sedikit sehingga tidak bisa download game, aplikasi, atau file, bahkan kita tak bisa menyimpan hasil jepretan kamera karena hal tersebut.

Ada beberapa kemungkinan kenapa ada file besar di memori HP Android, kemungkinan yang pertama karena adanya file sampah (junk files) yang menumpuk dan tak pernah dibersihkan. Kemungkinan selanjutnya adalah adanya data aplikasi / game yang cukup besar, bisa juga karena adanya file file besar yang tersimpan dimemori, misalnya film, file apk, gambar, musik, dan sebagainya.

Agar memori android lebih terasa "lega" dan bisa lebih leluasa untuk download sesuatu maka sebaiknya hapus saja file file besar yang tidak diperlukan atau tidak terlalu penting. Namun apabila anda tidak mengetahui difolder mana file besar berada, maka anda bisa menggunakan aplikasi untuk mencari lokasi file besar di memori HP android, dengan aplikasi ini anda bisa melihat semua file dan ukurannya.

INSTALASI APLIKASI PENCARI FILE BESAR ANDROID


Sebelumnya, anda harus download market aplikasi 9Apps, aplikasi pencari file besar bisa anda pasang melalui 9Apps.

1. Instal market aplikasi 9Apps, selanjutnya ketikkan di kotak pencarian "Memory Map". Lalu klik Gratis dan tunggu prosesnya hingga selesai.


2. Selanjutnya tekan Pasang / Install pada aplikasi lalu buka, kemudian aplikasi ini akan menganalisa ke sistem android dan memunculkan folder / file beserta kapasitas / ukuran filenya. Silahkan cari file tak penting yang ingin dihapus.


3. Jika sudah, tekan pada file yang akan dihapus, lalu tekan ikon hapus (tempat sampah) dipojok atas, lalu tekan Yes, i am saat muncul kotak konfirmasi penghapusan file.


4.Untuk memastikan file sudah terhapus, anda bisa melihat memori bebas di perangkat, caranya pilih menu Option, lalu show free space, selanjutnya akan muncul memori yang tersedia di perangkat Android anda.


5. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk proses pencarian file.


Itulah cara mengetahui file besar di memori HP Android, aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan, ukurannya juga sangat kecil yakni hanya 3,2 MB. Ringan dan bermanfaat, itulah kira kira gambaran untuk aplikasinya. Selamat mencoba.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA MENGETAHUI LOKASI FILE BESAR DI MEMORI HP ANDROID & MENGHAPUSNYA

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.