7 SOFTWARE MUSIC COMPOSER UNTUK MEMBUAT MUSIK DIGITAL



Anda suka musik atau suka merangkai sebuah nada agar menjadi alunan lagu ? Jika iya maka anda wajib mencoba beberapa software music composer untuk membuat musik digital ini. Seiring berkembangnya zaman, membuat musik atau mengolah audio menjadi sebuah instrumen yang luar biasa bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi berupa software music composer.

Ada macam-macam software composer untuk musik yang bisa Anda unduh dan pakai untuk keperluan composing dan pengaturan notasi. Selain itu ada pula fitur-fitur menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa softaware music composer yang berhasil dirangkum oleh blog berbagi info 4u.

7 SOFTWARE MUSIC COMPOSER PALING POPULER


1. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - MUSE SCORE

MuseScore dapat dipakai untuk banyak OS populer, termasuk Windows, Mac, OSX, Linux dan FreeBSD. Antarmukanya baik dan fitur yang disediakan sangat user-friendly. Fitur umum yang terdapat pada MuseScore diantaranya adalah fitur pembuka MIDI, MusicXML dan beberapa format audio. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi library di situs MuseScore untuk mendapatkan berbagai plugin dan otomatisasi.

http://musescore.org/en/download

2. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - LILYPOND

Bisa dibilang bahasa pemrograman Lilypond lebih rumit dari MuseScore. Namun bagi Anda yang ingin menjadi composer handal, software ini bisa jadi batu loncatan yang baik. Dengan Lilypond Anda bisa mengkonversi tulisan tangan menjadi lembaran musik dengan format cetak. Selain dapat digunakan untuk editing notasi, Lilypod juga memiliki fitur composing musik lainnya yang tidak kalah penting.

http://lilypond.org/

3. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - FINALE NOTEPAD

Dengan Finale Notepad Anda bisa mengetikkan instrumen musik dalam format MIDI. Selain itu ada pula fitur set objek standar, dengan bagian artikulasi, tanda dinamis dan bagian instrumen musik lainnya. Meskipun tidak sefleksibel MuseScore, Finale Notepad masih memiliki banyak kelebihan, termasuk juga stabilitas dan fiturnya yang kompetitif.

www.finalemusic.com/products/finale-notepad/

4. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - LMMS

LMMS merupakan software open source yang dibuat oleh Linux Multi Media Studio. Dengan dukungan wiki, forum serta situs, pengguna benar-benar dimanjakan oleh LMMS. Fitur yang terdapat pada software ini pun mudah digunakan meskipun tampilan GUI tidak terlalu friendly. Untuk kinerjanya sendiri terbilang cukup baik, lebih lagi ada banyak efek dan instrumen yang bisa Anda pilih sesuka hati.

http://lmms.sourceforge.net/download.php

5. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - TEMPER

Temper dibuat oleh AngryRedPlanet dan merupakan software komposer MIDI, sequencer dan recorder dengan fitur yang cukup lengkap. Temper memiliki GUI yang ramah dengan pengguna. Selain itu ada pula fitur untuk VST dan driver ASIO. Dilengkapi dengan integrasi suara, pola editor yang mudah dijalankan dan grafis indikator (finder).

www.angryredplanet.com/temper/download.html

6. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - DARK WAVE STUDIO 

Sama seperti Temper, DarkWave merupakan composing studio yang dilengkapi dengan VST host, sequencer dan recorder. Software ini bisa terbilang cerdas karena fiturnya yang menarik. Selain itu tampilan GUI-nya terbilang minimalis dan rapi. Ada pula dukungan plugin, kumpulan efek, keyboard, gitar, perkusi dan masih banyak lagi.

www.experimentalscene.com/downloads

7. SOFTWARE MUSIC COMPOSER - HIDROGEN

Hidrogen merupakan sofware sequencer untuk para pengguna Windows dan Linux. Fiturnya mudah digunakan dengan GUI yang tertata. Fokus utama dari Hidrogen adalah fungsi sequencer drum yang hadir secara gratis. Anda bisa mengubah parameter dari audio drum sesuka hati.

www.hydrogen-music.org/hcms/node/21

Itulah 7  software music composer untuk membuat musik digital versi berbagi info 4u. Jika tertarik, anda bisa download di situs resmi software software diatas. Software software diatas sangat cocok bagi anda yang suka musik dan ingin mencobanya dalam versi virtual. Semoga bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : 7 SOFTWARE MUSIC COMPOSER UNTUK MEMBUAT MUSIK DIGITAL

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.