6 CARA MENGETAHUI AKUN FACEBOOK PALSU UNTUK MENGHINDARI PENIPUAN



Cara mengetahui akun facebook palsu - Penipuan di dunia online semakin marak terjadi belakangan ini, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan merk merk tertentu hingga penipuan perorangan yang menggunakan akun jejaring sosial palsu, seperti akun facebook palsu. Hal yang paling sering terjadi adalah penipuan penipuan yang berkedok penjualan gadget dan barang barang elektronik serta produk fashion. Biasanya sang pelaku meminta calon korban untuk mengirimkan / melunasi pembayaran terlebih dahulu baru barang akan dikirim, namun setelah pembayaran justru barang tak kunjung dikirim, lebih parahnya si penipu akan memblokir akun korban.

Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna internet yang biasa melakukan transaksi jual beli di internet, khususnya melalui facebook, harus menjadi facebookers yang cerdas dan teliti untuk menghindari kemungkinan penipuan yang terjadi melalui akun facebook palsu.

CARA MENGETAHUI AKUN FACEBOOK PALSU


Jika anda ingin membeli barang atau jasa melalui facebook entah itu ke kontak facebook atau kenalan dari grup2 tertentu sebaiknya teliti dulu akun facebook yang menawarkan barang atau jasa. Biasanya ada 2 jenis akun yang digunakan baik akun facebook pribadi maupun facebook fanspage. Sebaiknya perhatikan hal hal berikut sebelum memutuskan untuk membeli barang / jasa di facebook.

1. FOTO PROFIL PENGGUNA FACEBOOK

Foto profil yang banyak serta wajah / orang yang sama bisa menjadi salah satu tanda bahwa akun facebook tersebut adalah akun facebook asli. Komentar dan like pada foto dari teman temannya juga akan menguatkan keaslian akun facebook tsb.

2. JUMLAH TEMAN FACEBOOK

Jumlah teman juga cukup bisa memperkirakan bahwa akun tersebut asli atau palsu, biasanya akun facebook palsu dan baru akan memiliki jumlah teman yang sangat sedikit.

3. UMUR AKUN FACEBOOK

Anda juga harus memperhatikan umur akun facebook, dan memastikan bahwa akun facebook tersebut bukan akun facebook yang seumur jagung.

4. JUMLAH KOMENTAR & LIKE STATUS 

Jumlah komentar dan like pada status yang diupdate oleh pengguna facebook juga turut mempengaruhi akan kepalsuan akun facebook, akun facebook asli biasanya akan memiliki cukup komentar dan like pada update status sehari-hari.

5. HARGA BARANG / JASA YANG MASUK AKAL

Jika ada seseorang yang menawarkan suatu barang dengan harga yang tidak wajar (terlalu murah atau terlalu mahal) sebaiknya berhati hati dan mengecek harga pasaran barang barang yang ditawarkan di situs situs harga jual beli barang. Bukan maksud untuk berburuk sangka thd barang2 yang dijual murah, tapi waspadalah sebelum membeli.

6. TESTIMONIAL

Testimoni atau kesaksian pembeli yang telah membeli barang / jasa yang ditawarkan juga sangat penting, dengan melihat testimoni positif dari pembeli lain, itu akan meyakinkan anda jika penjual barang / jasa di facebook memang bukanlah akun palsu.

Begitulah cara mengetahui akun facebook palsu untuk menghindari penipuan. Jika anda merasa ragu ragu atau kurang yakin dengan akun facebook penjual barang / jasa, anda bisa meminta scan id card, menggunakan jasa agen escrow (pihak ketiga), atau bertemu langsung dengan penjual barang (COD). Menggunakan jasa escrow ataupun metode COD adalah cara paling aman dalam bertransaksi jual beli.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : 6 CARA MENGETAHUI AKUN FACEBOOK PALSU UNTUK MENGHINDARI PENIPUAN

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.