APA ITU KARTU KREDIT ? FUNGSI SERTA SYARAT PENGAJUAN KARTU KREDIT

Advertisement

Apa itu Kartu Kredit ? Salah satu program yang banyak disosialisasikan oleh perusahaan perbankan adalah kartu kredit. Bisa dibilang kartu kredit merupakan kartu sakti, yang mana banyak digunakan oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhan Mereka. Namun kebanyakan pemakainya menggunakan kartu kredit sebagai pemenuh hasrat tersier. Oleh sebab itu, kebanyakan dari Mereka adalah para pengusaha dan shopaholic. Untuk lebih jelasnya, mari Kita simak apa pengertian, fungsi dan syarat mengajukan kartu kredit secara umum.

APA ITU KARTU KREDIT


Menurut peraturan Bank Indonesia, pengertian kartu kredit merupakan alat pembayaran yang berguna untuk menggantikan uang tunai. Sebagai pengganti, kartu kredit dapat dipakai oleh para konsumen atau pemiliknya sebagai mata uang pembayaran, baik dalam menukar barang maupun jasa. Namun begitu penukaran tersebut hanya bisa terjadi pada area yang di dalamnya terdapat merchant atau pembayaran dalam bentuk kartu kredit.

FUNGSI KARTU KREDIT


Ada banyak fungsi kartu kredit dan kesemuanya dapat bermanfaat tergantung keadaan orang yang menggunakan. Namun begitu pada umumnya kartu kredit berguna sebagai dana tambahan. Maksud dari dana tambahan ini adalah dana yang sewaktu-waktu digunakan apabila penggunanya kekurangan uang untuk membeli atau membayar sesuatu.

Selain itu kartu kredit juga dapat berfungsi untuk mempermudah proses pembayaran dibandingkan harus membawa uang cash. Meski begitu hal seperti ini jarang, karena perbankan sendiri memiliki program penyimpanan uang dengan fitur kartu ATM.

Fungsi lainnya dari kartu kredit yang banyak dilakukan oleh masyarakat Kita adalah sebagai dana darurat. Contoh saja, ada keluarga Kita yang memerlukan biaya rumah sakit yang besar, sedangkan uang dari gaji Kita belum keluar. Dari sini kartu kredit bisa menjadi dana darurat yang lebih mudah dan cepat dibandingkan harus meminjam secara manual ke bank.

Kartu kredit juga dapat bermanfaat sebagai dana opportunity. Contoh dari fungsi yang ini sering Kita temui oleh para pebisnis. Manakala ada suatu kesempatan atau peluang bisnis berupa investasi, seorang pebisnis bisa memakai dahulu dana dari kartu kredit tersebut. Contoh lainnya misalnya Anda ingin membeli suatu produk terbatas dengan harga diskon besar-besaran untuk nantinya dijual kembali. Dengan kartu kredit Anda tidak perlu menyiapkan uang dahulu. Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan pinjaman kartu kedit dan nanti manakala sudah mendapatkan penjualan Anda bisa membayarnya ke bank.

SYARAT SYARAT PENGAJUAN KARTU KREDIT SECARA UMUM


Syarat umum agar Kita bisa memiliki kartu kredit sebenarnya sangatlah mudah. Setidaknya ada 6 poin penting yang harus Anda miliki, yaitu biodata lengkap, kas masuk, NPWP, histori transaksi bank yang bersih, data keluarga yang tidak serumah serta validitas

Untuk biodata dapat Anda buat melalui lembaran permohonan dengan tambahan kartu identitas (KTP). Sedangkan kas masuk artinya catatan atau slip gaji setiap bulan. Selain itu lama bekerja atau membuka usahanya pun rata-rata harus lebih dari 2 tahun.

Histori transaksi bank berguna untuk mengidentifikasi apakah Anda sudah masuk daftar hitam atau belum. Sedangkan data saudara tak serumah sudah lumrah dimintai. Selanjutnya Anda hanya perlu memvaliditasi seluruh data-data tersebut.

Itulah informasi seputar Apa itu kartu kredit, fungsi serta syarat pengajuan kartu kredit. Dengan memiliki kartu kredit kita harus memanfaatkan dengan sebaikmungkin, jangan sampai terjerat pinjaman yang menumpuk karena kelalaian atau penggunaan kartu kredit yang tanpa kendali.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : APA ITU KARTU KREDIT ? FUNGSI SERTA SYARAT PENGAJUAN KARTU KREDIT

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.