CARA CEK SALDO TABUNGAN ATM DI MESIN ATM

Advertisement

Cara Cek Saldo di ATM - ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan suatu mesin yang disediakan oleh pihak bank agar memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi dan melakukan kegiatan lainnya. Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan dengan menggunakan ATM adalah melakukan cek saldo. Dengan ATM Anda bisa melihat saldo atau jumlah nominal uang terkini dengan cepat tanpa harus pergi ke cabang atau pusat bank. Untuk metodenya sendiri sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

CARA CEK SALDO ATM


1. Pertama-tama pastikan bahwa Anda telah menyiapkan kartu ATM yang akan dicek saldonya. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat aman agar tidak mudah hilang.

2. Selanjutnya bawa kartu tersebut ke mesin ATM terdekat di rumah Anda. Sebaiknya sesuaikan mesin ATM dengan kartu Anda. Jika Anda merupakan nasabah Bank BNI, maka sebaiknya gunakan ATM khusus BNI dan hal ini juga berlaku dengan jenis-jenis bank lainnya. Namun jika tidak ada, maka Anda bisa menggunakan mesin ATM bersama. Perlu diingat, Anda tidak bisa melihat saldo pada ATM yang tidak sesuai dengan dimana Anda menyimpan uang.

3. Jika sudah menemukannya, masuk ke ATM tersebut dan pastikan tidak ada orang mencurigakan di sekitar Anda. Hal ini untuk menjaga keselamatan Anda dan uang Anda tesebut.

4. Selanjutnya ambil kartu ATM, lalu masukkan kertu tersebut ke slot mesin ATM yang sudah disediakan. Perlu diperhatikan untuk jangan sampai Anda memasukkannya secara terbalik, karena nantinya mesin tidak akan membacanya dan kartu akan terus keluar (tidak diterima). Anda bisa melihat pada kartu ada tanda panah kecil sebagai petunjuk. Pastikan bagian belakang kartu berada di bawah.

5. Jika berhasil layar mesin ATM akan menunjukkan opsi pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Inggris. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan, misalnya saja bahasa Indonesia. Klik pada layar atau tombol yang disediakan.

6. Setelah itu Anda akan dimintai password atau pin kartu ATM. Pin standar adalah 1234 atau 123456 danpin seperti ini sebaiknya Anda ganti dikemudian hari. Ingat untuk jangan sampai salah dalam memasukkan pin, karena ATM Anda nanti dapat ditangguhkan dan Anda harus mengurusnya ke customer service sesuai bank Anda.

7. Pin yang berhasil akan membawa Anda masuk ke tampilan lainnya, yaitu opsi tarik tunai. Memang fungsi utama dari mesin ATM adalah tarik tunai. Namun karena Kita hanya ingin melihat saldo, maka pilih opsi “Transaksi lainnya”.

8. Pilih opsi “Cek saldo”, untuk melakukan cel nominal uang pada ATM Anda.

9. Jika sudah Anda akan diperlihatkan opsi selanjutnya, pilih “Tabungan”, untuk melihat saldo pada tabungan Anda.

9. Secara otomatis mesin ATM akan memperlihatkan jumlah nominal dari saldo yang ada pada tabungan Anda. Pada umumnya di Indonesia nominal mata uangnya dalam bentuk Rupiah. Namun hal tersebut tergantung jenis bank yang Anda gunakan.

10. Jika sudah Anda bisa klik “Lanjutkan transaksi”, untuk melih opsi lainnya atau opsi “Tidak” untuk menarik kembali kartu ATM.

Itulah cara cek saldo ATM bagi anda yang barusaja mengurus atm. Dengan menggunakan atm kita bisa mudah melakukan transaksi tunai maupun non Tunai tanpa harus langsung datang ke bank. Bagi anda pengguna Internet Banking BCA, lihat juga Cara cek saldo lewat Internet Banking


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA CEK SALDO TABUNGAN ATM DI MESIN ATM

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.