CARA & SYARAT MENGAJUKAN PINJAMAN UANG / DANA KE BANK

Advertisement

Bagaimana cara mengajukan pinjaman uang ke Bank ? Mungkin anda yang ingin mengajukan pinjaman dana ke bank entah itu dengan tujuan untuk modal usaha, pembangunan rumah, dll, silahkan simak artikel berikut ini. Pinjaman atau kredit kepada bank merupakan salah satu cara yang sering dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan uang dengan cepat. Pada umumnya uang tersebut digunakan untuk investasi, modal kerja ataupun konsumsi. Misalnya saja Anda ingin berinvestasi pada pembelian kendaraan atau bangunan tempat produksi, maka Anda bisa meminjam uang kepada bank.

Contoh lainnya alasan untuk meminjam dana / uang ke bank misalnya Anda ingin membeli rumah, maka bisa memilih KPR, kendaraan dengan memilih KKB dan kredit atau jenis pinjaman lainnya sesuai kebutuhan. Untuk lebih mempermudah proses pinjaman dana sebaiknya silahkan menyiapkan syarat syarat pengajuan dana yang nanti akan dibutuhkan saat mengurus pinjaman dana.

SYARAT SYARAT PENGAJUAN PINJAMAN DANA KE BANK


Syarat untuk meminjam uang ke bank meliputi banyak hal. Namun pada umumnya berhubungan dengan itikad orang tersebut untuk meminjam serta kemampuan untuk melakukan pembayaran atau biasa disebut willingness to pay dan ability to pay. Selain itu, ada pula syarat-syarat administrasi yang harus Anda buat.

1. Kepribadian (Character) 

Pemimjam atau debitur haruslah memiliki sifat yang baik, yaitu tidak masuk ke dalam daftar orang tercela (DOT). Selain itu biasanya kreditur akan melihat informasi usaha serta lingkungan peminjam.

2. Kapasitas (Capacity)

Maksudnya adalah kemampuan seorang peminjam untuk mengembalikan pinjamanannya. Biasanya pihak bank akan melihat bagian keuangan, manajemen, pemasaran dan aspek-aspek lainnya.

3. Modal (Capital) 

Syarat lainnya yang harus dipenuhi peminjam adalah besaran modal. Pada umumnya pihak bank akan melihat, seberapa seriuskah peminjam dalam menanamkan modalnya dan hal semacam ini biasa dilakukan untuk kredit modal kerja serta investasi.

4. Jaminan (Colateral) 

Pada umumnya syarat jaminan ini harus lebih besar dari nominal pinjaman.

5. Kondisi ekonomi (Condition of Economy) 

Syarat selanjutnya adalah pihak bank akan melihat kondisi ekonomi peminjam dan lingkungan sekitar. Selain itu ada pula aspek persaingan, luas lingkungan, perkembangan teknologi, bahan baku dan lain sebagainya.

SYARAT SYARAT ADMINISTRASI


1. Kartu identitas 

Menyiapkan foto copy kartu identitas (KTP), baik peroarangan atau suami istri untuk yang sudah menikah. Selain itu perhatikan juga KTP untuk domisili yang berbeda agar meminta keterangan dari kelurahan setempat.

2. Akte nikah / Surat Nikah

Fotokopi akte nikah jika Anda sudah menikah. Fungsi dari dokumen ini adalah untuk memberitahu pihak bank mengenai keberadaan harta, apakah milik bersama atau tidak. Untuk harta bersama Anda harus menyiapkan persetujuan dari kedua belah pihak.

3. Buku tabungan 

Fotokopi buku tabungan pada 3 bulan terakhir untuk mengetahui perekonomian serta aspek-aspek finansial lainnya dari peminjam atau debutur.

4. Kartu keluarga 

Fotokopi kartu keluarga (KK) sebagai informasi bagi kreditur mengenai jumlah orang yang ditanggung oleh peminjam.

5. Slip gaji 

Biasa digunakan untuk syarat peminjam yang bekerja pada instansi swasta maupun pemerintahan. Fungsinya untuk menginformasikan pihak bank mengenai kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan oleh peminjam, sekaligus juga penghasilannya.

6. Dokumen jaminan 

Berkas-berkas jaminan dapat berbeda sesuai pekerjaan atau usaha peminjam. Contoh saja, jika Anda adalah PNS, Anda bisa menggunakan SK yang terakhir. Sedangkan jika Anda memiliki mobil, bisa menggunakan BPKB, tanah dengan sertifikatnya, rumah, dan produk-produk lainnya yang bernilai lebih tinggi dari uang yang dipinjam.

Itulah cara mengajukan pinjaman ke bank secara umum beserta syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman dana ke Bank. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis / usaha dan memiliki modal terbatas, anda bisa meminjam modal ke Bank. Bank akan mempermudah proses peminjaman dana jika uang digunakan untuk modal atau tambahan modal usaha.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA & SYARAT MENGAJUKAN PINJAMAN UANG / DANA KE BANK

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.