CARA TRANSFER / KIRIM UANG LEWAT ATM KE BANK LAIN & SESAMA BANK

Advertisement

Bagaimana Cara Kirim Uang di ATM baik Kirim ke Sesama Bank & bank Lain ? Salah satu fungsi dari ATM yang akan memudahkan Kita para nasabah dalam bertransaksi adalah fungsi untuk mengirim uang dari Kita kepada orang lain. Anda bisa mengirim uang lewat ATM dari satu bank ke bank yang sama lainnya atau ke satu bank ke perusahaan bank lainnya yang memiliki keterkaitan hubungan, semisal melalui ATM Bersama.

Bagi anda yang ingin mengirim uang ke bank lain biasanya akan dikenakan biaya (kurang lebih 5.000 Rupiah), misalnya anda menggunakan Bank BCA dan tujuan transfer anda adalah Bank BRI, maka akan dikenakan biaya. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan mengenai cara mengirim uang di ATM berikut ini.

Bagi pengguna Internet Banking lihat juga : Cara Transfer uang lewat Internet Banking

TRANSFER UANG KE SESAMA ATAU KE BANK LAIN






1. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengirim uang di ATM adalah dengan datang ke mesin ATM terdekat sembari membawa kartu ATM yang akan dijadikan alat untuk mengirim uang.


2. Jika sudah sampai, siapkan kartu dan masukkan ke slot mesin ATM. Jangan sampai terbalik. Pastikan bagian logo kartu ada pada bagian atas dan hologram ataupun kotak hitam ada pada bagian bawah.

3. Selanjutnya layar pada mesin ATM akan meminta Anda untuk memilih bahasa. Sesuaikan dengan keperluan Anda, apakah Indonesia atau Inggris.

4. Setelah itu Anda akan dimintai nomer pin agar bisa masuk ke akun ATM Anda. Saat ini pada umumnya nomer pin berjumlah 6 digit. Dalam beberapa jenis mesin ATM, biasanya Anda diharuskan memasukkan nomer pin terlebih dahulu, lalu memilih bahasa.

5. Karena Anda tidak akan melakukan tarik tunai standar, maka pilih menu“transaksi lainnya”.

6. Lanjutkan untuk memilih opsi “Transfer” untuk masuk ke mode transfer uang.

7. Setelah itu Anda akan disuguhkan kembali oleh dua opsi, yaitu opsi mengirim ke bank yang sama atau mengirim ke bank lain.

7. Jika Anda memilih opsi untuk mengirim ke bank yang sama dengan bank Anda, maka Anda hanya perlu memasukkan secara langsung nomer rekening tujuan. Namun berbeda jika Anda ingin mengirim uang ke bank lain, semisal dari Bank BRI ke Bank Mandiri atau dari BCA ke Niaga. Anda harus memasukkan nomer atau kode bank sebelum nomer rekening tujuan. Setiap bank memiliki kode bank tersendiri dan biasanya berjumlah 3 digit. Anda bisa mengetahuinya dengan cara memilih menu Daftar kode Bank.

8. Selanjutnya pilih opsi “Benar”.

9. Setelah itu Anda diperintahkan untuk memasukkan jumlah uang atau nominal yang akan ditransfer. Berbeda dengan tarik tunai, Anda bisa mengirim uang dengan nominal berapa pun dengan batas minimal sesuai peraturan bank. Anda bisa mengirim misalnya Rp 275.000 dan tidak perlu memperhatikan kelipatan 50 atau 100 ribu.

10. Selanjutnya pilih opsi “benar” kembali dan klik kembali opsi “benar” pada form selanjutnya. Biasanya Anda diperintahkan untuk mengisi kode referensi, namun hal ini tidak wajib.

11. Jika semua isian sudah benar, Anda bisa klik “Ya” atau “benar”. Secara otomatis mesin akan melakukan transfer ke bank tujuan.

Begitulah cara transfer / kirim uang lewat ATM baik ke sesama bank maupun ke bank lain. Semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang masih belum mengetahui cara transfer uang di ATM.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA TRANSFER / KIRIM UANG LEWAT ATM KE BANK LAIN & SESAMA BANK

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.