CARA BURNING VIDEO / GAMBAR KE DVD DENGAN WIN DVD MAKER



Burning Video kedalam DVD (kepingan DVD) agar bisa diputar di mesin DVD Player bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan software bawaan Windows yang bernama Windows DVD Maker. Dengan Windows DVD Maker kita bisa membuat sendiri DVD apa saja baik berupa kumpulan video ataupun gambar, misalnya video video tentang hewan, dokumentasi kegiatan, ataupun videoklip dan juga film.

Dalam burning DVD atau membuat DVD sendiri ini, kita juga bisa menggabungkan beberapa video sekaligus menambahkan judul  serta  menu yang nantinya akan muncul di DVD Player saat DVD diputar. Adapun beberapa alat yang diperlukan sebelum melakukan burning video ke DVD antara lain :
  • PC / Laptop : Untuk burning video kita memerlukan perangkat PC dengan hardware pendukung berupa DVD RW optical untuk.
  • Windows DVD Maker : Selain hardware pendukung kita juga memerlukan software yang biasa digunakan untuk membuat DVD, dalam hal ini saya menggunakan Windows DVD Maker. Software ini adalah bawaan Windows sehingga anda tidak perlu download, tapi jika belum ada, bisa didownload langsung di situs resmi Microsoft www.microsoft.com
  • DVD Blank : Terakhir adalah DVD Blank, DVD Blank / kepingan disc dvd kosong bisa dibeli di tempat tempat yang menjual barang barang elektronik atau percetakan (fotokopi) dengan harga yang cukup murah.

LANGKAH LANGKAH BURNING VIDEO DENGAN DVD MAKER


1.Buka Windows DVD Maker kemudian pilih CHOOSE PHOTOS AND VIDEOS


2. Selanjutnya klik ADD ITEMS


3.Silahkan pilih file yang ingin diburning ke DVD, misalnya Video video seperti pada gambar dibawah ini lalu klik ADD (Video yang ingin diburn harus berformat WMV, jika video masih berformat lain silahkan Convert Video ke WMV terlebih dahulu).


4.Langkah selanjutnya tekan NEXT.


5.Pada tahap ini kita bisa membuat Judul, Menu dan Layout tampilan DVD nantinya, sebagai contoh klik CUSTOMIZE MENU untuk mengubahsesuaikan tampilan menu.


6.Anda bisa menambahkan gambar Backgroud dan Foreground serta music untuk menu DVD, jika sudah klik CHANGE STYLE.


7.Selanjutnya menu teks, klik  MENU TEXT.


8. Silahkan tulis judul DVD pada DVD TITLE, PLAY, SCENES, NOTE (BUTTON) Serta berikan catatan / note bila diperlukan, jika sudah bisa klik CHANGE TEXT, anda juga bisa melihat contoh tampilan DVDnya nanti jika klik PREVIEW.


9. Masukkan DVD ke CD DRIVE PC / Laptop sampai terdeteksi.


10. Terakhir klik BURN untuk proses pembakaran tunggulah sampai selesai.


Itulah cara burning video ke DVD. DVD itu nantinya bisa langsung diputar pada DVD Player. Sebenarnya masih banyak sekali software software yang bisa digunakan untuk burning video. Software Windows DVD maker memang dikhususkan untuk DVD Burner, tetapi jika anda ingin burning kedalam format lain, missal VCD, MP3 atau DATA, bisa menggunakan software NERO.

Lihat juga : Cara Burning dengan Nero



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA BURNING VIDEO / GAMBAR KE DVD DENGAN WIN DVD MAKER

2 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.