SOLUSI USB ANDROID TIDAK TERDETEKSI / TERBACA DI LAPTOP / PC WINDOWS



Mungkin beberapa pengguna android pernah mengalami masalah USB Android tidak terdeteksi / terbaca di Komputer. Cara termudah untuk memindahkan file dari android ke komputer / laptop paling mudah ialah dengan langsung menghubungkan perangkat Android ke PC dengan menggunakan kabel data (USB). Selain untuk transfer file perangkat media (MTP) penghubungan ini juga bisa digunakan untuk transfer foto menggunakan perangkat kamera (PTP). Secara otomatis charger juga akan berfungsi saat perangkat Android dihubungkan ke PC via USB.

Tetapi apabila perangkat android tidak terdeteksi PC / Laptop, kemungkinan terjadi beberapa masalah. Masalah yang paling banyak terjadi ialah perangkat android hanya mengisi daya / baterai (charge) saja saat dihubungkan ke komputer, dan tidak ada notifikasi bahwa perangkat android terhubung ke PC. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah beberapa tips dibawah ini agar android berfungsi normal sebagaimana mestinya.

MENGATASI ANDROID YANG TIDAK TERBACA DI LAPTOP/PC


Masalah yang terjadi dalam hal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti port USB yang tidak mendukung, kabel USB, yang bermasalah atau mungkin ada fungsi fungsi tertentu di android yang belum diaktifkan.

1. PORT USB

Jika android tidak terhubung saat dicolok ke port usb laptop, maka ada kemungkinan yang bermasalah adalah port usb laptop, solusinya coba pindahkan / hubungkan android ke port USB yang lain yang ada pada laptop.

2. KABEL DATA

Apabila cara pertama tidak berhasil, coba gunakan kabel data yang lain. Ada kemungkinan kabel data yang  anda gunakan bermasalah. 

3. OPSI USB PADA MENU SETTINGS

Cara selanjutnya adalah dengan mengaktifkan tombol opsi USB yang ada pada menu Setting (untuk beberapa merk hp android bisa dilihat pada menu baterai)

Mungkin itu saja solusi USB Android tidak terbaca laptop / pc. Apabila semua cara diatas tidak berfungsi sama sekali, anda bisa menggunakan card reader jika sekedar ingin untuk memindahkan data data dari Android ke PC ataupun sebaliknya.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : SOLUSI USB ANDROID TIDAK TERDETEKSI / TERBACA DI LAPTOP / PC WINDOWS

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.