CARA SHARE LOKASI / SHERLOK DI WHATSAPP SECARA LIVE REALTIME ATAU TIDAK



Share Lokasi atau yang biasa disingkat Sherlok / Sherlock adalah salah satu fitur WhatsApp yang dapat digunakan untuk membagikan lokasi kita kepada pengguna WhatsApp lain. Dengan menggunakan fitur ini, orang yang kita berikan lokasi bisa dengan mudah mengetahui keberadaan kita tanpa perlu bertanya tanya orang lain. Share Location WhatsApp ini memanfaatkan fitur GPS di perangkat Smartphone sehingga lokasi yang dibagikan akan muncul di Maps / Google Maps.

Pada artikel kali ini, berbaginfo4u akan memberikan tutorial bagaimana cara menggunakan fitur share location di WA. Perlu diketahui juga bahwa Share Location juga membutuhkan koneksi internet baik bagi si pengirim lokasi atau penerima lokasi. Selain itu dan menjadi hal penting kita juga harus mengaktifkan GPS / Lokasi di Smartphone sebelum mengirim lokasi.

LANGKAH LANGKAH SHARE LOKASI DI WHATSAPP


Ada 2 metode / cara share lokasi di Whatsapp, cara pertama adalah Non Realtime yaitu kirim lokasi dan penerima hanya akan mengetahui 1 lokasi yang kita bagikan. Yang kedua Share Lokasi Realtime / Terkini, si penerima lokasi akan bisa mengetahui dimana kita saat berpindah pindah tempat (lokasi di Map mengikuti pergerakan kita. Dan berikut cara Share Lokasi di Whatsapp

1. Aktifkan dulu GPS / Lokasi di Smartphone


2. Kemudian Tap menu Chat seperti pada saat ingin kirim pesan di Whatsapp


3. Lalu pilih kontak yang akan dikirimi Lokasi.


4. Selanjutnya kita bisa pilih menu Lokasi di bagian Attach


5. Tunggu sebentar sampai Lokasi kita terdeteksi, jika sudah tekan "kirim lokasi anda saat ini"


6. Setelah lokasi terkirim, penerima akan bisa melihat lokasi keberadaan kita.


7. Lokasi yang terkirim bisa langsung dilihat melalu Map / Google Maps / Google Earth baik oleh penerima atau pengirim.


Itulah cara share lokasi di WA, cara diatas merupakan cara mengirim lokasi tidak realtime, dalam artian misalnya setelah kita kirim lokasi lalu kita meninggalkan lokasi tsb maka lokasi yang dikirim tadi akan tetap berada ditempat yang sama.

Sementara ada juga fitur Live / Realtime Share Location, fitur ini akan mengikuti lokasi kita saat bepergian sehingga si penerima bisa melihat kemana saja kita pergi / titik di map bergerak mengikuti gerakan kita pergi. Ini durasinya bisa diatur misal 15 menit, 1 jam, atau 8 jam. Nah untuk share lokasi live ini, kita bisa memilih pilihan "Berbagi Lokasi Terkini" (lihat gambar nomor 5 diatas)



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : CARA SHARE LOKASI / SHERLOK DI WHATSAPP SECARA LIVE REALTIME ATAU TIDAK

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.