APA ITU SHADOWPLAY ? SOFTWARE PEREKAM LAYAR / GAME RINGAN GRATIS UNTUK GPU NVIDIA GTX & RTX



Nvidia Shadowplay - Sedang mencari sofware perekam layar yang ringan, bagus dan gratis ? Kali ini blog berbagiinfo4u.com akan mengulas sebuah aplikasi perekam layar yang sangat bagus dan ringan. Aplikasi ini bernama Nvidia Shadowplay dan bisa diunduh secara gratis di situs resminya https://www.nvidia.com/en-us/geforce/geforce-experience/shadowplay/ dengan ukuran file hanya 118 MB saja. Shadowplay juga mendukung perekaman dengan resolusi 360p hingga 4K, dengan pilihan Frame Rate 30 dan 60 FPS.

Shadowplay ini cocok untuk Kartu Grafis / GPU Nvidia tipe gaming seperti GTX series dan RTX series. Software ini adalah buatan NVidia dan tentunya hanya untuk GPU Nvidia, jika anda memakai GPU jenis lain seperti AMD maka bisa menggunakan screen recorder yang lain seperti Bandicam. Sedikit informasi, saya pernah menggunakan dan membandingkan 2 software perekam layar yang digunakan untuk merekam game. Pertama adalah Bandicam dan yang kedua Adalah Shadowplay dengan kartu grafis yang saya gunakan adalah NVidia GTX 1050 2GB Vram.

Dan hasilnya cukup berbeda, jika menggunakan Bandicam kadang sering terjadi Frame drop, sedangkan jika pakai Shadowplay tidak pernah mengalami Frame Drop sehingga FPS lebih stabil jika pakai Shadowplay. Menurut saya pribadi, shadowplay jauh lebih ringan dibanding bandicam, selain itu Shadowplay juga sudah dioptimalkan untuk GPU NVidia.

GPU YANG COCOK DENGAN NVIDIA SHADOWPLAY


Nvidia Shadowplay hanya cocok untuk GPU dari NVidia seri GTX dan RTX berikut ini : GTX 1050 Ti + 1050, GTX 1060, GTX 1070 Ti, GTX 1080 Ti + 1080, GTX 1650, GTX 1660 Ti + 1660, GTX 16 Series, RTX 2060 / 2070 / 2080 / 2080 Ti / RTX 20 SERIES. Jika GPU PC / Laptop anda selain yang telah disebutkan diatas, maka bisa pakai Screen Recorder lainnya seperti Camstudio

CARA MEREKAM LAYAR & GAME DI PC / LAPTOP DENGAN SHADOWPLAY


1. Jika belum punya software ini, download dulu (gratis) Geforce Experience (Shadowplay) lalu kemudian instal, kita bisa Log in menggunakan akun Facebook, Gmail, dll.


2. Tekan Alt+Z di keyboard untuk memunculkan menu Recorder. Sebelum memulai merekam kita bisa mengubah dulu setingan untuk video, audio, hud, hasil rekamannya, tombol shortcut, dll pada menu setting.


3. Contohnya jika ingin merubah kualitas video, resolusi, frame rate, bit rate bisa memilih menu Video Capture di menu Setting.


4. Untuk memulai merekam pilih menu Record > Start (atau lewat tombol shortcut), lalu untuk menutup menu Record tekan ESC. Jika perekaman sedang berlangsung ada logo rec hijau 🅞 di pojok kiri atas layar.


5. Untuk menghentikan rekaman pilih, munculkan menu recorder dengan menekan Alt+Z, lalu pilih menu Record > Stop and Save.


6. Secara default hasil rekaman akan berada di folder Video

Itulah cara merekam layar & game menggunakan NVidia Shadowplay. Alat perekam layar ini sangat bagus, gratis, ringan dan cocok untuk digunakan pada seri GPU GTX & RTX dari NVidia. Selamat mencoba !



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : APA ITU SHADOWPLAY ? SOFTWARE PEREKAM LAYAR / GAME RINGAN GRATIS UNTUK GPU NVIDIA GTX & RTX

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.