CARA MEREKAM LAYAR KOMPUTER PC DENGAN CAMSTUDIO RECORDER



Merekam layar komputer / PC saat beraktifitas merupakan salah satu cara yang biasa digunakan oleh pembuat tutorial video. Hasil dari perekaman ini nantinya akan berbentuk video sehingga bisa untuk ditonton. Contohnya seperti ini, bila Anda seorang editor foto dan mahir menggunakan program Adobe Photoshop kemudian ingin membagikan ilmu yang Anda miliki dengan mempublikasikan tutorial ke Internet, maka disini Anda bisa merekam aktifitas layar Komputer / PC saat menggunakan Photoshop dalam bentuk video.

Bagi sebagian orang, dengan langsung melihat tutorial video akan dirasa jauh lebih mudah difahami bila dibandingkan melihat tutorial dalam bentuk tulisan dan gambar / screenshot. Cara merekam layar komputer / pc ini juga berguna jika Anda ingin mengabadikan beberapa aktifitas PC seperti memainkan game, mengoperasikan program-program tertentu, dan lain sebagainya.

Untuk merekam layar PC tersebut dibutuhkanlah software video recorder, beberapa software yang biasa digunakan antara lain :
  • Cam Studio
  • Jing
  • Camtasia Studio
  • UltraVNC Screen Recorder
  • Capture Fox
  • Windows Encoder Media
  • Dll
Namun dalam artikel ini saya menggunakan Cam Studio, program ini merupakan software Open Source yang bisa Anda download secara gratis dengan mengunjungi situs resminya di www.camstudio.org. File video yang dihasilkan berformat AVI, sementara file Audio berformat SWF tapi Anda bisa merubah formatnya dengan format lain (mpg, 3gp, flv, mp4, wmv, dll) menggunakan software video & audio converter.

CARA MEREKAM AKTIFITAS LAYAR / DESKTOP PC & LAPTOP


Pastikan Camstudio Recorder sudah terinstall di PC Anda, kemudian OPEN dan akan terlihat tampilannya seperti pada gambar dibawah ini :


KETERANGAN :

  • Anda bisa hanya merekam layar PC tanpa menggunakan suara dengan pada pilihan menu  OPTIONS >> pilih DO NOT RECORD AUDIO. Dan sebaliknya jika Anda ingin merekam dengan suaranya maka ada 2 OPSI : RECORD AUDIO FROM MICROPHONES & RECORD AUDIO FROM SPEAKERS pada menu tersebut.
  • Anda bisa memilih resolusi layar yang Anda inginkan saat merekam baik mode Window, Fullscreen, dll pada menu REGION.

LANGKAH LANGKAH UNTUK MEREKAM LAYAR PC :


1. Buka program CamStudio
2. Klik RECORD untuk mulai merekam


3. Untuk mengakhiri perekaman silahkan klik tombol STOP.


4. Setelah Anda tekan tombol STOP, maka file video hasil perekaman akan tersimpan otomatis, silahkan pilih lokasi penyimpanan Anda kemudian klik SAVE.


Selesai. Sekarang Anda bisa membuka file video yang telah terekam tadi pada lokasi penyimpanan yang telah ditentukan sebelumnya. Video tadi bisa Anda upload di youtube, blog, website, facebook, di burning dengan nero, atau hanya sekedar di simpan di PC. Semoga tips cara merekam layar komputer / PC dengan CamStudio Recorder ini bisa bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MEREKAM LAYAR KOMPUTER PC DENGAN CAMSTUDIO RECORDER

8 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.