CARA MEMBUAT SUBTITLE FILM DENGAN MENGGABUNGKAN FILE FILM & FILE SRT

Advertisement

Ingin menonton film bahasa asing tapi tidak tahu bahasanya ? Kali ini blog berbagi info 4u akan memberikan sedikit solusi bagi anda yang ingin membuat subtitle film dengan menggabungkan file film dan file srt terjemahannya. Sebagai contoh anda download sebuah film hollywood di internet, namun dalam film tersebut tidak ada subtitle atau terjemahannya kedalam bahasa Indonesia, sehingga kita yang kurang begitu "ngerti" dengan bahasa inggris akan kesulitan menangkap isi cerita dalam film tersebut.

Pada dasarnya sub judul atau subtitle merupakan terjemahan dari suara atau audio yang terdapat pada video, termasuk juga film. Anda yang ingin melakukan editing video dan membuat subtitle pada film / video bisa  secara manual atau menggunakan software editor subtitle. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa cara memasang subtitle atau terjemahan film berikut ini.


MEMBUAT SUBTITLE FILM SECARA MANUAL


Jika ingin membuat subtitle film secara manual, anda bisa mengunduh file terjemah film (file .srt) di Internet, kemudian menerjemahkan kedalam bahasa indonesia (bisa menggunakan bantuan translator online seperti google translate jika kesulitan).

Setelah file SRT berhasil diterjemahkan kedalam bahasa indonesia dengan menggunakan notepad, kemudian disimpan (save as) kedalam format file .srt. Agar terjemahan film muncul saat film diputar, maka file .srt harus ditempatkan pada satu folder dengan file video filmnya. Cara selengkapnya bisa dilihat pada artikel : Cara menambahkan subtitle film secara manual.

MEMBUAT SUBTITLE FILM DENGAN SOFTWARE


Cara yang kedua adalah menggunakan software subtitle editor. Ada beberapa software yang bisa anda gunakan untuk membuat subtitle film, beberapa diantaranya adalah Tencoder dan VirtualDub, software software ini bisa didownload secara gratis. Untuk cara penggunaan Tencoder dan VirtualDub adalah sebagai berikut.

MEMBUAT SUBTITLE DENGAN TENCODER





1. Tempatkan file video dan subtitle dalam satu folder. Pastikan nama filenya sama, misalnya file video bernama “filmku.mp4”, sedangkan file subtitle bernama “filmku” dengan tambahan ekstensi, semisal .srt, .ssa atau format lainnya (contoh "filmku.srt")


2. Download TEncoder di http://tencoder.sourceforge.net Di sini TEnncoder berfungsi sebagai program encoding untuk menggabungkan video dan file .srt / file subtitle.

3. Sekarang buka TEncoder, lalu buka file video Anda. Cara membukanya dengan klik tombol “Add File”, lalu pilih film yang akan diedit.

4. Selanjutnya pilih opsi konversi. Pada menu “Codec Options”, atur video sesuka Anda. Jika tidak ada yang perlu dikonversi, Anda bisa langsung klik “Enabled Subtitles”. Nantinya secara otomatis subtitle akan diencoding oleh sistem. Oleh sebab itu, Anda harus menempatkan file video dan sub judul dengan nama dan tempat yang sama.

5. Selanjutnya akan muncul opsi pengaturan. Anda menaikan atau menurunkan kualitas dari video. Namun ingat, semakin tinggi maka proses encoding akan semakin lama.

6. Jika pengaturan sudah selesai, klik “Start encoding”. Tunggu hingga proses selesai, lalu simpan video Anda.

MEMBUAT SUBTITLE DENGAN VIRTUALDUB

1. Sama dengan TEncoder, Anda harus menempatkan file video dan subtitle dalam folder yang sama dan nama yang sama pula.

2. Download VirtualDub di www.virtualdub.org/download.html . Software ini gratis dan open source. Selain digunakan untuk memasang subtitle, VirtualDub juga merupakan editor video yang ringan.

3. Unduh Subtitler filter. Anda bisa mendapatkan alat ini di situs VirtualDub. Fungsinya adalah untuk menambahkan sub judul ke video saat proses encoding.

Unduh: www.virtualdub.org/virtualdub_filters.html

4. Selanjutnya buka VirtualDub, klik Video lalu pilih Filter. Klik tombol Add > Load. Masukkan file subtitler.vdf yang sebelumnya sudah Anda unduh. Lanjutkan dengan klik tombol “Open”.

5. Jika file subtitle Anda berformat srt, maka Anda harus mengkonversinya menjadi format .ssa agar bisa dibaca oleh VirtualDub. Gunakan Subtitle Converter untuk melakukannya.

Lihat: http://subtitleconverter.net/

6. Pastikan editor dalam keadaan “Full Processing Mode”. Selanjutnya klik “File” pada menu, lalu klik “Open Video File”. Cari video Anda dan klik “Add”.

7. Lanjutkan dengan klik menu “Video” > “Filter”. Lalu klik “Add” dan pilih Subtitler pada daftar. Klik OK dan masukkan file subtitle Anda yang berformat .ssa, lalu klik OK kembali.

8. Setelah itu klik opsi “Compression”, lalu pilih format encoding. Disarankan untuk memilih tipe XviD Mpeg-4.

9. Jika sudah, klik File, lalu klik “Save As .avi”. Cari tempat atau folder penyimpanan. Lanjutkan dengan klik opsi “Save” untuk melakukan proses encoding. Begitulah cara membuat subtitle film dengan menggabungkan file film dan file .srt. Selamat mencoba.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA MEMBUAT SUBTITLE FILM DENGAN MENGGABUNGKAN FILE FILM & FILE SRT

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.