KARTU ATM HILANG ATAU TERTELAN MESIN BAGAIMANA MENGATASINYA ?

Advertisement

Bagaimana cara mengatasi kartu atm hilang atau tertelan mesin ? Mungkin banyak diantara para nasabah bank yang mengalami masalah kehilangan ATM entah itu lupa menaruhnya, tertelan mesin, jatuh, ataupun kecurian ATM. Kartu ATM / Automated Teller Machine sendiri merupakan sebuah kartu kecil yang biasa digunakan untuk transaksi perbankan melalui mesin ATM yang berada di tempat tempat strategis, sehingga sangat memudahkan bagi nasabah bank untuk mengambil uang tunai, transfer uang, pembayaran, atau pun cek saldo tanpa harus datang langsung ke bank yang bersangkutan.

Karena bentuknya yang kecil, kartu atm biasanya disimpan / diselipkan kedalam dompet, dan tentunya untuk menjaga agar tidak terjadi kehilangan kartu ATM. Tapi bila anda baru saja kehilangan kartu atm, janganlah panik karena kita bisa mengurusnya lagi atau meminta kartu atm yang baru.

Berikut ini adalah tips jika kartu atm hilang atau tertelan mesin,


1. Jika atm hilang atau lupa menaruh segera cek tempat2 dimana anda biasa meletakkan atm, misal didompet, tas, laci, atau tempat dimana anda terakhir kali menggunakan kartu atm, bisa jadi kartu hanya lupa menaruhnya namun tidak hilang.

2. Jika memang Kartu ATM benar - benar hilang atau memang tertelan mesin, anda bisa pergi ke Bank yang anda gunakan untuk meminta pergantian kartu baru, dengan syarat membawa buku tabungan dan KTP Asli, mungkin anda juga akan ditanyai kapan terakhir kali melakukan transaksi, atau jenis transaksi apa yang anda lakukan. Selanjutnya anda akan diminta mengisi formulir pergantian kartu. Kemudian anda akan mendapatkan kartu baru dengan biaya pergantian kartu berkisar antara Rp.10.000 hingga Rp.20.000 yang akan langsung dipotongkan ke saldo tabungan.

3. Jika yang hilang kartu ATM + buku tabungannya maka anda perlu mengurus surat kehilangan untuk mengurus buku tabungan ke Bank.

Jika Anda menggunakan fasilitas Internet Banking, misalnya Internet Banking BCA maka harus mengganti info kartu pada akun klikbca anda, apabila kesulitan bisa meminta bantuan Customer Service bank terkait. Pergantian kartu ATM tidak perlu mengganti Token key BCA.

Itulah tips singkat mengatasi kartu atm hilang atau tertelan mesin. Tidak perlu khawatir juga dengan saldo yang ada di dalam kartu ATM / Tabungan anda, karena kartu ATM dibuat dengan tingkat keamanan yang tinggi, walaupun kartu ATM yang hilang ditemukan dan digunakan orang lain, maka kartu ATM akan otomatis terblokir jika 3 kali salah memasukkan PIN, oleh karena itu jagalah kerahasiaan PIN ATM Anda.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : KARTU ATM HILANG ATAU TERTELAN MESIN BAGAIMANA MENGATASINYA ?

1 comments:

  1. Kalo atm hilang, bukannya yg terpenting segera telpon ke call center utk memblokir atm. spy tidak bisa disalah gunakan bagi yg menemukannya....

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.