CARA MENGATUR PRIVASI FACEBOOK UNTUK FOTO DAN KIRIMAN



Sebelum membahas cara mengatur privasi facebook ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu privasi pada facebook. Secara umum, privasi / privacy bisa diartikan sebagai kerahasiaan pribadi. Dalam jejaring sosial facebook, ini bertujuan untuk membatasi atau menyembunyikan hal hal yang bersifat personal dari publik, misalnya foto yang diunggah bisa disetting agar hanya bisa dilihat sendiri, dilihat teman, dan tanpa bisa dilihat oleh pengguna facebook yang tidak menjadi kontak / teman.

Dengan mengatur privasi facebook kita juga bisa meminimalkan tindakan spam / "nyampah" yang dilakukan oleh pengguna facebook lain ataupun akun facebook palsu terhadap akun facebook milik kita. Adapun beberapa jenis privasi yang kita bisa sesuaikan dalam pengaturan privasi seperti foto, kiriman di kronologi, penandaan, pesan, pencarian, dll. Dan berikut ini adalah cara mengatur privasi facebook serta macam macamnya.

MACAM MACAM PRIVASI FACEBOOK DAN CARA MENGATURNYA


Untuk masuk ke menu Privasi bisa dilakukan dengan klik menu PENGATURAN selanjutnya klik PRIVASI. Macam macam dan kegunaan privasi sebagai berikut :

1. Melihat kiriman / update status di kronologi facebook.


Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat kiriman / tulisan / foto yang ada pada wall facebook (kronologi facebook) dengan klik Sunting dan mengatur menjadi publik (bisa dilihat semua orang), teman, hanya saya, keluarga, hanya teman / bukan kenalan dan lain lain. Anda juga bisa mengatur seputar Tinjauan kiriman dan batasan pemirsa pada kronologi.

2. Mengatur siapa saja yang bisa menghubungi anda di facebook.


Anda bisa mengatur agar tidak semua orang bisa Add permintaan teman dengan mengaturnya pada menu Privasi. Untuk mengaturnya klik Sunting dan rubah menjadi hanya teman dari teman atau publik. Anda juga bisa menerapkan pengaturan filter pesan yang masuk ke inbox anda, agar facebook menyaring pesan pesan yang penting saja yang bisa masuk.

3. Mengatur siapa saja yang bisa menemukan anda di facebook.


Anda juga bisa mengatur agar tidak semua orang bisa menemukan anda di facebook caranya cukup pilih menu " Siapa yang dapat mencari saya?" lalu sunting agar menjadi "semua orang, atau hanya teman saja yang bisa menemukan anda di facebook".

4. Pengaturan Kronologi dan Penandaan.


Ada 3 poin yang ada dalam menu ini,
  • Mengatur siapa saja yang bisa menambahkan sesuatu dalam kronologi : Anda bisa mengatur siapa yang bisa menulis / mengirim teks dan foto di wall facebook atau mengaktifkan tinjauan kiriman yang dikirim oleh orang lain ke wall fb sehingga anda bisa menampilkan atau menghapus kiriman sebelum tampil di kronologi / wall.
  • Mengatur siapa saja yang dapat melihat kronologi : Poin ini sama dengan pembahasan pada nomor 1.
  • Cara mengelola tanda yang ditambahkan orang lain : Anda bisa mengaturnya dengan klik Sunting

5. Mengatur privasi pada Foto Facebook.

Anda juga bisa mengatur sebuah album foto pada facebook agar tidak bisa dilihat oleh setiap orang, misalnya dengan mengatur privasi agar foto tidak bisa dilihat orang lain, hanya bisa dilihat teman, atau hanya bisa dilihat oleh anda sendiri, cara mengaturnya adalah dengan klik Foto anda kemudian pilih album, klik gear icon kecil dibawah album foto untuk mengatur privasi foto facebook.

Lihat juga : Cara blokir teman facebook



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MENGATUR PRIVASI FACEBOOK UNTUK FOTO DAN KIRIMAN

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.