CARA AMBIL UANG WESTERN UNION DI KANTOR POS, INDOMARET, PEGADAIAN, BANK, DLL



Bagaimana cara mengambil uang yang dikirim melalui Western Union ? Western Union merupakan perusahaan yang sudah hadir sejak tahun 1851. Fungsi utama dari Western Union adalah mengirimkan dan menerima uang, menghubungkan satu orang atau perusahaan dengan yang lain di seluruh negara. Perusahaan ini mengklaim telah menghubungkan lebih dari 200 negara dalam 440.000 lokasi.

Di Indonesia sendiri, uang di Western Union bisa diambil di agen agen Western Union terdekat seperti Kantor Pos, Pegadaian, Pusat perbelanjaan (Indomaret, Alfamart, dll) ataupun bank. Dalam pengambilan uang melalui Wester Union digunakanlah sebuah kode kode unik yang biasa disebut dengan MTCN (Money Transfer Control Number), MTCN ini didapat dari si pengirim uang. Untuk Anda yang ingin mengetahui atau sedang kebingungan bagaimana cara mengambil uang di Western Union, Anda bisa mengikuti tahapan metode pengambilan pada pembahasan di bawah ini.


TAHAPAN / CARA PENGAMBILAN UANG DI WESTERN UNION


1. PASTIKAN UANG SUDAH DIKIRIM

Mengetahui bahwa uang sudah siap untuk diambil oleh Anda Pertama-tama Anda harus tahu dahulu bahwa uang sudah dikirimkan oleh si pengirim, sehingga dapat langsung Anda ambil dan dapatkan. Untuk mengetahuinya Anda bisa langsung bertanya kepada pengirim, melacaknya secara online atau menghubungi Pusat layanan Pelanggan Western Union.

Untuk mengecek status pengiriman uang bisa dilihat pada alamat link : https://wumt.westernunion.com/asp/orderstatus.asp?country=global
Pusat layanan pelanggan Indonesia (nomor telepon Western Union Indonesia): (021) 3040-5730

2. MENGUNJUNGI AGEN WESTERN UNION

Jika sudah pasti uang terkirim, Anda bisa datang ke lokasi agen Western Union terdekat di daerah Anda. Untuk lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan alat online untuk mencarinya.

Untuk menemukan lokasi agen Western Union di Kota Anda bisa menggunakan alat pelacak online dari Western Union berikut : http://www.westernunion.co.id/id/location_search.php

Selain lokasi khusus pengambilan uang, biasanya Western Union juga tersedia pada tempat-tempat perbelanjaan, bank, kantor pos ataupun supermarket seperti yang telah disebutkan diatas.

3. MENYIAPKAN DATA DATA LENGKAP

Berikut ini adalah daftar data data yang diperlukan saat mengambil uang di Western Union
A. Nama lengkap pengirim
B. Negara atau alamat asal pengirim
C. Jumlah nominal uang yang dikirim
D. Nomer MTCN (Nomer Transaksi Pengiriman Uang)
E. Foto copy Kartu Tanda penduduk atau kartu identitas lainnya, semisal paspor.

4. MENGISI FORMULIR

Selanjutnya adalah melakukan pengisian formulir Staf Western Union nantinya akan memberikan Anda kertas formulir untuk diisi. Lengkapi semua bidangnya, termasuk juga memberikan nomer MTCN serta kartu identitas sebagai bukti penerima.

5. MEMERIKSA DATA ANDA

Perhatikan dan teliti data-data yang diisi Jika isian sudah Anda lengkapi dengan benar, staf atau agen Western Union akan memberikan Anda uang tersebut serta bukti transaksi. Namun sebelum itu sebaiknya Anda perhatikan dahulu apakah semua data yang Anda berikan sudah benar atau belum. KTP diperlukan dengan foto yang jelas. Jika Anda adalah orang asing, maka gunakan paspor atau kartu identitas sejenis. Selain itu Nomer Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) yang Anda berikan pun harus benar, karena ini merupakan prosedur wajib bagi cabang Western Union di negara Indonesia.

6. MENERIMA UANG WESTERN UNION

Menerima uang yang dikirimkan kepada Anda Jika staf atau agen Western Union sudah melihat data-data Anda, termasuk identitas, sehingga melihat Anda memang merupakan penerima uang yang sah, maka agen akan memberikan uang tersebut kepada Anda. Selain itu bukti transaksi juga akan diberikan.

Sampai sini seharusnya proses transaksi (pengambilan uang) sudah selesai dilakukan. Anda bisa menyimpan uang di tempat aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Begitulah cara mengambil uang Western Union di agen Western Union Indonesia. Kelebihan mengirim uang melalui Western Union ini cukup cepat, mudan dan tentu saja aman baik pengiriman / penerimaan uang di dalam maupun luar negeri.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA AMBIL UANG WESTERN UNION DI KANTOR POS, INDOMARET, PEGADAIAN, BANK, DLL

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.