CARA MENGAMBIL UANG DI MESIN ATM BAGI PEMILIK KARTU ATM

Advertisement

Mengambil uang di ATM menjadi jalan mudah bagi anda yang sedang kehabisan uang tunai saat ingin berbelanja atau membayar sesuatu. Anjungan Tunai Mandiri / Auto Teller Machine atau ATM merupakan salah satu fitur penting yang sangat dibutuhkan oleh para nasabah suatu bank. ATM ini adalah sebuah alat elektronik yang berisi uang. Dengan alat ini pemilik akun bank dapat memonitor uang pada tabungan Mereka dengan akses menggunakan alat berbentuk kartu. Selain memonitor, ATM juga dapat digunakan untuk mengambil uang tunai. Tentunya ATM akan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan menggunakan teller manusia.

Saat ini, sudah hampir semua bank memiliki fasilitas ini untuk memudahkan para nasabahnya. Untuk Anda yang saat ini baru dalam menggunakan ATM, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengambil uang di ATM dengan mudah dan benar.

LANGKAH LANGKAH CARA MENGAMBIL UANG ATM 

 

  1. Pertama-tama tentunya Anda harus datang ke mesin ATM terdekat. Pada umumnya mesin ATM tersedia pada cabang-cabang bank dimana Anda menjadi nasabah. Selain itu mesin ATM juga banyak tersedia di tempat-tempat yang umumnya banyak orang di sana, seperti di supermarket, mall, tempat hiburan dan lain sebagainya.
  2. Setelah masuk ke dalam ATM, jangan lupa tutup pintu dengan rapat. Perhatikan lingkungan sekitar, jangan sampai ada orang yang terlihat mencurigakan, yang mungkin mengincar uang Anda. Ini sangat penting, karena kasus penodongan atau pencurian sangat marak terjadi.
  3. Selanjutnya siapkan kartu ATM Anda.
  4. Masukkan kartu ATM dengan benar. Bagian muka kartu harus di atas, sehingga kartu yang masuk dapat terbaca. Pada beberapa jenis kartu biasanya ada tanda panah kecil di ujung kartu yang akan memudahkan Anda.
  5. Jika kartu ATM sudah masuk, biasanya mesin akan meminta Anda memilih pengaturan bahasa, entah itu Bahasa Indonesia ataupun Inggris. Anda bisa pilih Bahasa Indonesia untuk lebih mudahnya.
  6. Setelah itu mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan nomer pin. Pastikan Anda memasukkan nomer pin dengan benar untuk menghindari kartu ATM terblokir. Pada umumnya nomer ATM standar adalah 123456 yang sebaiknya Anda ganti untuk menghindar hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu saat memasukkan nomer pin, gunakan tangan kanan untuk mengetikkan nomer dan tangan kiri untuk menutupi. Hal ini untuk menghindari oranglain melihat pin Anda.
  7. Pin yang benar akan membuat Anda masuk ke akses akun tabungan Anda. Secara umum mesin ATM di berbagai jenis bank akan memperlihatkan secara langsung nominal uang yang akan Anda tarik. Ada 2 jenis nominal yang umum dipakai, yaitu Rp 50.000 dan Rp 100.000. Setiap nominal menunjukkan bahwa Anda hanya bisa mengambil uang sebesar nominal tersebut atau kelipatannya.
  8. Jika uang yang ingin ditarik tidak sesuai dengan nominal standar, Anda bisa pilih opsi “Transaksi lainnya” atau nominal lainnya untuk memasukkan nominal sesuai keinginan, namun tetap harus kelipatan. Anda bisa mengambil uang Rp 200.000, namun tidak bisa mengambil uang Rp 270.000.
  9. Jika sudah memilih nominalnya, tunggu beberapa saat hingga uang keluar dari mesin. Selanjutnya ambil uang tersebut dan tunggu kartu ATM Anda keluar secara otomatis. Jika sudah ambil pula kartu ATMnya, jangan sampai kartu ATM tertelan karena tidak segera diambil selesai transaksi. Selesai.

Begitulah cara mengambil uang di ATM, dengan mengambil uang di ATM anda tidak perlu repot repot pergi untuk mengambil uang di kantor cabang bank anda, karena mesin ATM saat ini sudah banyak tersedia di tempat tempat strategis seperti bandara, stasiun, pusat perbelanjaan, pusat keramaian ataupun dijalan jalan besar. Bagi anda yang menginginkan transaksi finansian non Tunai secara mudah tanpa keluar rumah, anda bisa mendaftar internet banking, sebelumnya simak dulu fungsi & manfaat Internet Banking.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA MENGAMBIL UANG DI MESIN ATM BAGI PEMILIK KARTU ATM

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.