CARA MUDAH MEMBUAT FILE FOLDER MENJADI RAR ATAU ZIP DENGAN WINRAR



Bagaimana cara membuat file folder menjadi RAR atau Zip ? Kali ini blog berbagiinfo4u.com akan memberikan tips mudah bagaimana membuat folder / file rar dengan WinRAR, secara umum proses ini disebut Zipping yakni pengemasan atau mengarsipkan banyak file menjadi satu file folder (Single File) agar lebih mudah disimpan atau didistribusikan baik melalui internet maupun antar komputer (contohnya memindahkan file ke komputer lain dengan Flashdisk). File hasil Zipping ini disebut dengan file Zip atau file RAR.

Keunggulan lain dari membuat file folder menjadi RAR atau Zip adalah dari ukuran file. Suatu file dalam folder yang sudah diarsipkan akan memiliki ukuran file yang lebih kecil daripada file folder yang belum diarsipkan. Untuk mengembalikan file Zip / RAR menjadi file aslinya biasa kita kenal dengan istilah Extract / UnRar / UnZip. Cara untuk membuat RAR atau cara melakukan UNRAR akan dijelaskan dibawah. Untuk bisa melakukan proses ini dibutuhkanlah sebuah software yang bernama WINRAR. Jadi sebelumnya pastikan dulu Laptop / PC anda sudah terinstal WinRAR. Software ini bisa didownload gratis di www.rarlab.com atau www.win-rar.com

CARA MEMBUAT / MERUBAH FOLDER / FILE MENJADI RAR


1. Siapkan sebuah folder baru untuk menyimpan banyak file yang nantinya folder tersebut akan dirubah menjadi file rar, lihat contoh dibawah :


2. Setelah semua file masuk folder - klik KANAN Folder tersebut kemudian klik Add To "Nama Folder" RAR


3. Tunggu proses "Zipping" hingga selesai.

 4. Folder RAR sudah berhasil dibuat.


CARA EXTRACT / UNRAR / UNZIP FILE RAR / ZIP


Extract adalah kebalikan dari Zipping, yakni mengembalikan File RAR menjadi File / Folder aslinya. File RAR biasa kita dapat saat mendownload sesuatu dari internet terutama saat download file file yang diarsip. Lalu bagaimana cara extractnya ?

1. KLIK KANAN pada File RAR / ZIP kemudian klik EXTRACT HERE

2. File RAR sudah berhasil di EXTRACT



Itulah cara mudah membuat file folder menjadi RAR / ZIP dengan WinRAR, dengan membuat file RAR kita bisa meresize ukuran file besar menjadi sedikit lebih kecil saat ingin mentransfer file. Lihat juga artikel menarik yang lain :

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : CARA MUDAH MEMBUAT FILE FOLDER MENJADI RAR ATAU ZIP DENGAN WINRAR

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.