[8 SOLUSI JITU] MENGATASI PLAYSTORE TIDAK ADA SAMBUNGAN / ERROR / COBA LAGI



Beberapa pengguna android pasti pernah mengalami Playstorenya tidak ada sambungan / error atau Playstorenya tidak bisa konek internet dan muncul tulisan coba lagi, padahal paket data internet / wifi aktif, sehingga tidak bisa download aplikasi maupun update aplikasi yang telah terinstal di Smartphone Android. Playstore adalah satu satunya market Android resmi yang bisa diunduh gratis, namun aplikasi pada Playstore ada juga yang premium (berbayar). Bagi pengguna Android tentunya semua aplikasi bisa didapatkan melalui Playstore.

Sebenarnya alasan kenapa Playstore tidak ada sambungan atau tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling umum terjadi adalah masalah sambungan internet (sinyal lemah), memori internal penuh yang bisa mengakibatkan app force closed, terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan atau bahkan menumpuknya chace di aplikasi Playstore itu sendiri. Jika Playstore anda mengalami hal demikian maka simaklah tips tips mengatasi Playstore error berikut ini.

CARA MENGATASI PLAYSTORE YANG TAK ADA SAMBUNGAN (KONEKSI)


1. BERSIHKAN CHACE PLAYSTORE

Solusi yang pertama adalah dengan membersihkan atau menghapus chace. Chace sendiri biasa berfungsi untuk menyimpan log data aktifitas pada suatu aplikasi. Chace yang menumpuk banyak akan bisa membuat kapasitas memori semakin menipis sehingga sedikit memberatkan kinerja android. Jika Playstore bermasalah cobalah untuk menghapus chace denga cara pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Google Playstore > Hapus Chace (Bukan Data).

2. HAPUS DATA PADA PLAYSTORE

Apabila solusi pertama tidak berhasil dan Playstore tetap eror, maka cobalah menghapus data pada Playstore, dengan menghapus data, semua log dan informasi log in pada playstore akan hilang sehingga Playstore lebih fresh sama seperti habis didownload, caranya sama seperti diatas hanya saja pada langka terakhir tekan "Hapus Data".

3. TUTUP SEMUA APLIKASI BERJALAN

Banyaknya aplikasi berjalan juga bisa berpengaruh terutama pada memory (ram android). Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil tutuplah / hentikan semua aplikasi yang berjalan (Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi berjalan > paksa berhenti)

4. COCOKKAN TANGGAL DAN WAKTU

Jika anda pernah mengotak atik pengaturan tanggal dan waktu, pastikan tanggal dan waktu tepat seperti hari ini, kesalahan tanggal dan waktu juga berpengaruh pada sertifikat aplikasi sehingga aplikasi tidak mau berjalan.

5. UPGRADE APLIKASI PLAYSTORE TERBARU

Apabila Playstore masih terjadi peringatan "tidak ada sambungan" bisa jadi versi Playstore yang anda gunakan sudah usang (out of date) sehingga diperlukan pembaruan aplikasi menjadi versi terbaru. Untuk download aplikasi Playstore versi terbaru lihat pada nomor 8 dibawah.

6. REBOOT ANDROID

Reboot perangkat juga bisa menjadi solusi jitu bagi anda yang mengalami masalah saat membuka playstore. Cara reboot cukup mudah, matikan perangkat kemudian cabut baterai, SD card dan kartu sim, biarkan kurang lebih 1 - 5 menit kemudian pasang ulang dan hidupkan kembali.

7. KEMBALIKAN KE PENGATURAN PABRIK

Jika semua cara diatas tidak manjur, ada solusi terakhir yang lebih jitu, yaitu dengan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik (menghapus semua data di smartphone). Sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik ini silahkan backup terlebih dahulu data data penting, misalnya :
  • Cadangkan buku telepon / kontak.
  • Pindahkan aplikasi yang terinstal di memori internal ke dalam SD card.
  • Pindahkan data (foto, video, musik) di memori internal ke SD card.
Jika sudah silahkan copot SD card dan kartu SIM kemudian lakukan reset ke pengaturan pabrik. Caranya masuk menu Setelan > Buat Cadangan dan setel ulang > Kembalikan ke setelan Pabrik. (Cara ini sudah terbukti manjur pada Smartphone Android OPPO Neo R831 K untuk mengembalikan kinerja normal Google Play Store).

8. GUNAKAN MARKET APLIKASI LAIN

Seharusnya ketujuh cara diatas sudah bisa menormalkan kinerja Playstore anda, tapi mungkin ada kasus lain yang menyebabkan Playstore error misalnya kesalahan dalam proses custom rom / rooting sehingga Playstore tidak bisa digunakan lagi. Jika hal ini terjadi mau tak mau anda harus menggunakan market aplikasi lain yang berfungsi sama dengan Playstore (lihat : 6 Market Android App selain Playstore)

Itulah Solusi mengatasi Playstore tidak ada sambungan / error pada HP Android. Diharapkan tips sederhana ini bermanfaat bagi anda yang sedang "galau" karena Playstorenya bermasalah.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : [8 SOLUSI JITU] MENGATASI PLAYSTORE TIDAK ADA SAMBUNGAN / ERROR / COBA LAGI

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.