CARA MUDAH MEMBUAT VIDEO DARI FOTO (SLIDESHOW) DENGAN MOVIE MAKER

Advertisement

Bagaimana cara membuat video dari foto atau yang biasa disebut dengan video slideshow ? Video slideshow merupakan kumpulan foto foto dan gambar yang dirangkai menjadi bentuk video sehingga bisa diputar di media player baik di perangkat Dekstop, Smartphone, atau DVD. Video slideshow ini juga bisa diberikan berbagai efek, transisi, teks, maupun audio. Apabila anda memiliki banyak foto kenangan (misal foto masa kecil, foto zaman sekolah, foto pernikahan, foto anak) atau foto / gambar apa saja, bisa dijadikan video slideshow agar terlihat lebih menarik tanpa harus membuka foto satu persatu.

Lalu software apa yang digunakan untuk membuat video dari foto ? Jawabnya ada banyak, namun yang paling populer dan mudah digunakan adalah Windows Movie Maker. Sebelumnya saya juga sudah sedikit mengulas Movie Maker untuk memotong lagu MP3. Software ini adalah bawaan Windows, jika OS PC anda adalah Windows maka seharusnya ada software ini, tapi jika belum ada silahkan cari di Google atau unduh di windows.microsoft.com.

CARA MEMBUAT VIDEO SLIDESHOW DARI FOTO / GAMBAR DAN MUSIK


1. Saya anggap anda sudah memiliki Windows Movie Maker, buka Movie Maker pada menu Import pilih PICTURES - pilih FOTO / GAMBAR yang ingin dibuat Video, lalu klik IMPORT.


2. Masukkan FOTO yang diimport tadi kedalam Time Line Movie Maker, bisa dengan cara DRAG & DROP atau CTRL+A (Pilih semua) - klik kanan - ADD TO TIMELINE.


3. Semua foto akan berada pada TIMELINE bagian bawah. Foto foto tersebut sebenarnya otomatis sudah menjadi video. (Bisa dicoba dengan menekan tombol PLAY).


4. Agar nantinya video lebih menarik, anda bisa menambahkan transisi video,  klik MENU TRANSITIONS, lalu masukkan jenis transisi yang tersedia dengan cara Drag & Drop langsung ke FOTO pada TIMELINE.


5. Jika sudah hasilnya akan seperti pada gambar dibawah.


6. Selain itu, and bisa menambahkan video Efek, caranya klik menu EFFECT -selanjutnya masukkan jenis efek kedalam foto di timeline, caranya sama dengan menambahkan video transisi diatas.


7. Selanjutnya adalah memasukkan Teks kedalam Video. Ada beberapa jenis teks disini. Pada menu TITLES AND CREDITS - pilih TITLES AT THE BEGINING untuk membuat judul video yang berada diawal video saat diputar nanti - KETIKKAN JUDUL VIDEO - Lalu klik ADD TITLE. Anda juga bisa merubah animasi, font, warna, dll pada menu MORE OPTIONS.

Opsi Teks lain :
Title before selected clip : Untuk menuliskan teks diantara foto
Title on the selected clip : Untuk membuat teks pada foto (seperti subtitle film)
Credits on the end : Untuk membuat teks kredit diakhir video

8. Jika ingin menambahkan suara / audio / mp3 pada video slideshow, klik menu AUDIO OR MUSIC, selanjutnya import seperti saat mengimport foto atau gambar.


9. Selanjutnya Drag n Drop audio kedalam TIMELINE.

10. Anda juga bisa memperpanjang durasi foto dengan cara klik pada salah satu foto / gambar lalu geser kekanan pada logo panah, lalukan juga pada foto yang lain agar durasi foto lebih panjang saat videonya diputar nanti.


11. Foto yang sudah dipanjangkan durasinya akan seperti pada gambar dibawah ini.


12. Yang terakhir adalah PUBLISH VIDEO (PUBLISH TO) - This Computer - beri nama file - lalu NEXT.


13. Klik PUBLISH - Tunggu Proses hingga selesai - FINISH.


Video Slideshow sudah berhasil dibuat, dan berikut ini adalah hasil video slideshow yang dibuat dengan Windows Movie Maker (klik PLAY)


Itulah cara mudah membuat video dari foto dengan Movie Maker. Selain digunakan untuk membuat video slideshow Software ini juga bisa digunakan untuk menyambung nyambung video dan mp3. Format video yang dihasilkan oleh Movie Maker adalam WMV (Windows Media Video File). Jika ingin merubah kedalam format lain seperti MP4, 3GP, FLV, AVI atau format video lain bisa menggunakan Format Factory.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA MUDAH MEMBUAT VIDEO DARI FOTO (SLIDESHOW) DENGAN MOVIE MAKER

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.