CARA MEMBUAT WATERMARK PADA GAMBAR DENGAN PAINT & PHOTOSHOP

Advertisement

Bagaimana cara membuat watermark pada gambar atau foto ? Secara umum, pengertian watermark adalah sebuah tanda yang dibuat pada suatu objek baik gambar maupun video untuk melindunginya dari penggunaan baik secara komersial maupun non komersial oleh pihak lain. Sehingga pihak lain tidak bisa mengakui gambar / video tersebut karena ada watermark yang kita buat sebelumnya. Watermark sendiri bisa dibuat dalam bentuk teks ataupun logo.

Ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membuat watermark pada gambar mulai dari yang sederhana hingga yang keren. Tentu saja alat yang digunakan adalah software pengolah gambar seperti Windows Paint, Adobe Photoshop dan sejenisnya untuk membuat watermark pada gambar, sedangkan untuk membuat watermark pada video akan dibahas pada kesempatan yang akan datang. Jika anda ingin membuat watermark pada gambar atau foto, simak langkah langkahnya dibawah ini.

MEMBUAT WATERMARK PADA GAMBAR DENGAN PAINT


Untuk membuat watermark yang paling sederhana adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yakni Paint. Dengan Paint anda bisa menambahkan teks pada foto atau gambar, berikut langkah langkahnya.

1. Buka foto / gambar yang ingin diberi watermark dengan PAINT, lalu pilih menu TEXT (logo huruf A).


2. Arahkan pointer / mouse pada sisi gambar yang diinginkan lalu tulislah teks watermark, anda juga bis merubah warna teks, ukuran, dan gaya font.


3. Jika ingin menambahkan backgroud pada watermark, sebelum menambahkan teks, anda bisa menggunakan RECTANGLE TOOL terlebih dahulu untuk membuat background kotak / persegi panjang, setelah itu baru diberi tulisan tepat pada backgroud seperti langkah nomor 2.


4. Berikut ini hasil watermarknya.



MEMBUAT WATERMARK PADA GAMBAR DENGAN PHOTOSHOP


Bila ingin menggunakan efek tulisan yang lebih banyak anda bisa menggunakan Adobe Photoshop. Dengan adobe photoshop anda bisa memberikan watermark dalam bentuk teks, logo, atau gambar.

WATERMARK TEKS

Cara menambahkan watermark teks kurang lebih sama saja dengan Paint, pilih menu HORIZONTAL TYPE TOOL, lalu arahkan pointer / mouse kedalam foto dan tuliskan teksnya, anda juga bisa merubah warna, ukuran dan tipe font. Jika sudah bisa langsung di Save.


WATERMARK LOGO / ICON

Apabila ingin membuat watermark dengan Logo atau Icon, anda membutuhkan sebuah logo yang sudah dibuat sebelumnya, format logo haruslah PNG agar lebih mudah saat drag n drop. Membuat logo atau ikon bisa dilihat disini : Cara membuat logo / icon di Photoshop.

1.  Buka foto / gambar dan juga Logo yang ingin dijadikan watermark. Lalu pindahkan Logo kedalam Gambar dengan cara Drag & Drop menggunakan menu MOVE TOOL.


2. Jika logo sudah dipindah akan nampak seperti gambar dibawah ini.


3. Untuk merubah ukuran Logo atau merubah posisi logo klik EDIT - FREE TRANSFORM.


4. Apabila logo ingin terlihat sedikit TRANSPARAN, bisa menggunakan menu OPACITY.


Jika posisi dan ukuran dirasa sudah pas, anda bisa save gambar tersebut. Begitulah cara mudah membuat watermark pada gambar dengan menggunakan Paint dan Photoshop, apabila ingin membuat watermark di android, anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi watermark gratis untuk Android di situs / market app penyedia aplikasi android.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA MEMBUAT WATERMARK PADA GAMBAR DENGAN PAINT & PHOTOSHOP

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.