CARA MEREKAM LAYAR ANDROID TANPA ROOT & WATERMARK DENGAN AZ RECORDER

Advertisement

Bagaimana cara merekam aktifitas di layar android ? Android merupakan sistem operasi untuk perangkat smartphone yang paling banyak digunakan saat ini, khususnya di Indonesia mulai dari brand-brand smartphone terkenal hingga merk merk lokal semuanya serba Android. Salah satu fitur android yang dirasa cukup menarik adalah para pengguna bisa merekam aktifitas layar android, baik saat menjalankan aplikasi, bermain game, browsing, streaming video, dan lain lain. Hasil rekaman aktifitas layar android ini nanti akan berbentuk video dengan format dan resolusi yang diinginkan.

Untuk merekam layar android kita memerlukan sebuah aplikasi perekam layar android yang bagus dan bisa merekam dengan durasi tak terbatas. Mungkin anda pernah mendengar beberapa aplikasi perekam seperti : Mobizen, AZ Screen Recorder, Ilos Screen Recorder, One Shot Screen Recorder, Telecine, Unlimited Screen Recorder, Dll

Dari beberapa aplikasi diatas saya merekomendasikan AZ Screen Recorder, kenapa AZ Recorder ? Selain gratis, ternyata aplikasi ini menyajikan berbagai fitur lengkap dalam recording sehingga nampak seperti aplikasi premium. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain :

  • Tanpa root (untuk versi android Lolipop keatas).
  • Tidak ada watermark dari pengembang aplikasi sehingga hasil rekaman bersih.
  • Terdapat hitungan mundur saat akan merekam.
  • Berbagai pilihan untuk menghentikan rekaman (seperti menggoyang perangkat, mengunci layar, atau langsung tekan stop pada menu bar).
  • Mendukung rekaman dengan resolusi HD (1280x720).
  • Pilihan frame rate, bit rate, time lapse, orientasi yang bisa disesuaikan.
  • Bisa sekaligus merekam audio eksternal atau internal (root)
  • Anda bisa membuat logo atau watermark gambar / tulisan sendiri saat merekam.
  • Dukungan facecam atau kamera saat merekam.

MEREKAM LAYAR ANDROID DENGAN AZ SCREEN RECORDER


1.Pertama, Download aplikasinya lalu instal seperti biasa.

2.Buka aplikasi AZ Screen Recorder, kemudian pilih menu Setting.


3. Pada menu pilihan berhenti, pilih opsi yang digunakan untuk berhenti merekam, misalnya jika memilih “berhenti saat layar mati”, maka rekaman bisa di stop dengan cara menekan tombol mengunci layar pada perangkat.

4.Selanjutnya adalah waktu, aktifkan “Countdown before start”, dan pada Coundownt value jadikan 3 detik (3s).

5. Tekan tombol kembali pada layar, dan anda bisa mulai merekam dengan menekan tombol Record. Hasil rekaman nanti akan otomatis berada di Galeri pada Folder AZ Screen Recorder.

MENAMBAHKAN WATERMARK (LOGO / TULISAN) SAAT MEREKAM


Jika anda ingin membuat watermark baik logo maupun tulisan pada video hasil rekaman anda, berikut caranya :

1.Buka Setting pada AZ Screen Recorder.
2.Pilih “Teks dan Logo”

3.Untuk membuat watermark dalam bentuk teks, pilih “Tampilkan Teks”, lalu tuliskan teks anda, warna teks, jenis font, dan ukuran teks, lalu teks akan muncul.


4.Sedangkan untuk membuat watermark dalam bentuk logo, gambar, atau foto. Pilih “Tampilkan Logo”, pada menu Gambar dibawahnya pilih gambar yang ingin dibuat watermark, sesuaikan juga ukuran logo atau gambarnya.

 Anda bisa menggunakan watermark Teks saja, Gambar saja, atau dua duanya secara bersamaan.

5. Tekan tombol kembali pada layar, watermark sudah muncul. Anda bisa menggeser watermark tsb kesudut mana saja pada layar, selanjnya bisa merekam layar.


Itulah cara merekam layar android dengan AZ Screen Recorder, satu fitur unik lagi yang ada pada aplikasi ini adalah tersedianya fitur potong video, sesaat setelah anda selesai merekam akan ada menu potong video, jadi bisa digunakan untuk membuang bagian video yang tidak diinginkan.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+
Tags :

Artikel Terkait : CARA MEREKAM LAYAR ANDROID TANPA ROOT & WATERMARK DENGAN AZ RECORDER

0 comments:

Poskan Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.